11 Model Rak Dinding sebagai Pengganti Lemari. Ruangan Jadi Cantik dan Nggak Berantakan Lagi

Rak dinding

Meski sudah ditata sedemikian rupa, perkakas atau barang-barang kecil di rumah tetap bisa saja tercecer. Untuk mengakalinya, menempatkan rak dinding di beberapa sudut rumah bisa dicoba agar barang-barang yang tercecer bisa langsung ditata lagi setelah dipakai. Banyak pilihan model rak dinding yang bisa disesuaikan fungsi serta penempatannya. Terlebih jika kamu ingin memanfaatkan rak dinding untuk mendekorasi rumah juga.

Advertisement

Sebagai gambaran, berikut Hipwee Tips bagikan beberapa model rak dinding yang cukup proporsional untuk ditempatkan di semua ruangan — baik di kamar tidur, ruang tamu maupun dapur.

1. Rak dinding dasar tanpa pintu atau yang lebih dikenal dengan sebutan open shelf ini lumayan aman untuk ditempatkan di dapur atau ruang tamu rumahmu

rak open shelf via id.pinterest.com

Sebenarnya, rak dinding minimalis dari kayu ini hanya berupa alas yang dimanfaatkan untuk meletakkan perkakas. Karena tak memiliki pelindung di sisi kanan dan kirinya, baiknya lebih berhati-hati saat menata perkakas di atas rak dinding ini. Usahakan untuk nggak menaruhnya di sudut rawan apalagi jika kamu menggunakan rak ini untuk menaruh barang pecah belah.

2. Rak dinding minimalis kamar tidur berbentuk heksagonal akan membuat ruangan kelihatan lebih artsy dan unik

rak bentuk heksagonal via id.pinterest.com

Model rak berbentuk segienam ini bisa dimanfaatkan untuk menaruh koleksi parfum atau pernak-pernik dekorasi kamarmu. Seringnya, model rak dinding ini dipilih oleh mereka yang pengin memberikan vocal point dalam ruangan. Karena selain digunakan untuk meletakkan barang, rak dinding ini juga bisa dijadikan sebagai galeri di kamar tidurmu melalui penataan yang sesuai.

Advertisement

3. Dibanding dua rak yang sudah disebutkan sebelumnya, rak dinding kotak jauh lebih aman karena memilih pelindung di bagian kanan dan kirinya

rak kotak via id.pinterest.com

Rak dinding model ini sering digunakan untuk menyimpan koleksi buku atau sekadar menaruh tanaman hias di dalam ruang tamu. Ukuran dan model rak dinding kotak cukup beragam, ada yang open shelf atau dengan penutup pintu. Jika ditata dengan model zig-zag seperti di atas, rak dinding kotak jelas bisa membuat ruang tamu kelihatan lebih estetis.

4. Rak dinding kayu sering ditempatkan di sudut dapur untuk menyimpan koleksi peralatan makan karena materialnya yang cukup solid

rak dinding kayu via id.pinterest.com

Model rak dinding dapur ini cocok diaplikasikan pada dapur bertema rustic dan vintage. Tapi baiknya, rak kayu ditempatkan pada dinding polos tak bertekstur agar kelihatan lebih mencolok. Kalau pengin lebih kontras, bisa pilih rak kayu yang sedikit bold atau kelihatan serat-seratnya.

5. Untuk mendekorasi ruang tamu atau kamar mandimu, manfaatkan rak dinding gantung bertali untuk menaruh perkakasnya

rak gantung tali via id.pinterest.com

Biasanya, rak gantung tali ini digunakan untuk memajang koleksi tanaman hias serta menaruh peralatan mandi. Beda dengan rak dinding lainnya, model seperti ini justru memanfaatkan tambang sebagai penopangnya. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot mengebor dinding saat memasangnya.

Advertisement

6. Rak dinding model built in akan sangat pas jika ditempatkan di rumah yang ukurannya nggak begitu luas

rak built in via id.pinterest.com

Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, rak dinding tempel ini juga bisa difungsikan sebagai sekat ruangan. Modelnya yang compact serta menjorok ke dalam tak akan membuat ruangan terkesan sumpek meski ukuran raknya cukup besar. Tapi ukuran raknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kok!

7. Meskipun tampilannya penuh lubang, tapi rak pegboard cukup kokoh untuk diisi dengan perkakas yang agak berat

rak lubang via id.pinterest.com

Justru karena dibuat dengan model berlubang, rak ini bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang yang butuh digantung, misalnya kunci kendaraaan ataupun tas. Tapi kamu mesti memasang dulu satu penyangga yang bisa dimasukkan ke dalam lubang rak. Tak perlu khawatir, susunan lubang yang rapi justru bikin rak kelihatan menonjol tanpa terkesan lebay. Umumnya, rak dinding minimalis ruang tamu ini ditempatkan di sekitar pintu masuk karena difungsikan untuk menaruh kunci kendaraan maupun tanaman hias.

8. Rak dinding IKEA dengan tambahan laci sering dimanfaatkan sebagai meja rias minimalis karena ruang penyimpanannya yang cukup banyak

rak yang ada lacinya via www.dekoruma.com

Model rak dinding tempel multifungsi ini memang cukup banyak peminatanya. Selain bisa digunakan sebagai pajangan, rak jenis ini juga memiliki kapasitas penyimpanan lebih banyak. Terlebih jika kamu pandai menyiasati bagian dalam kabinetnya, misalnya dengan memberi sekat pada laci untuk menaruh perkakas di dalamnya. Atau, bisa juga memilih rak yang punya penyangga kayu di bawahnya agar bisa dimanfaatkan untuk menaruh aksesori yang mesti digantung.

9. Dibandingkan rak dinding lainnya, rak dinding besi jelas lebih kokoh dan kuat

rak besi via nl.pinterest.com

Seringnya, rak model ini ditempatkan pada ruang tamu bertema industrialis atau kamar tidur minimalis. Meski materialnya cukup kuat, ternyata harga rak dinding minimalis modern ini harganya masih terjangkau. Rak dinding besi ini juga punya banyak model yang bisa dipilih. Ada yang dibuat dengan bentuk jaring, ada juga rak gantung perpaduan material besi dan kayu. Nah, karena materialnya yang cukup kokoh, model rak besi gantung ini sering difungsikan sebagai rak dinding toko.

10. Rak dinding plastik bisa ditempatkan di sudut kamar mandi untuk menaruh peralatan mandi

rak dinding plastik via id.carousell.com

Karena tak begitu kuat, baiknya jangan taruh barang-barang yang lumayan berat di rak dinding plastik ini. Ada dua model rak dinding plastik yang umum digunakan di kamar mandi, yakni rak tempel kotak dan rak sudut siku. Jika kamar mandimu tak begitu luas, sepertinya rak sudut siku lebih direkomendasikan. Biar nggak kelihatan murahan, pilih material plastik yang solid dengan warna netral maupun pastel seperti abu-abu, putih, atau peach.

11. Buat yang pengin menata pakaian dengan model digantung, bisa coba pakai rak baju terbuka seperti ini

rak dinding model terbuka via www.casaindonesia.com

Meski seringnya rak model ini hanya dipakai di ruang khusus untuk menyimpan baju, tapi kamu pun dapat menggunakannya di kamar  tidurmu juga. Justru penyimpanan model terbuka ini jadi solusi ideal yang bisa memudahkanmu memenuhi kebutuhan penyimpanan pakaian tanpa harus pakai banyak lemari. Apalagi jika kamu bisa menemukan rak baju terbuka yang memiliki kabinet penyimpanan di bawahnya. Agar terbebas dari berdebu, pasanglah gorden tipis di depan rak dinding untuk menghalaunya.

Salah satu hal yang kerap dikeluhkan orang yang memilih rak dinding ialah cara memasangnya yang cukup ribet karena mesti mengebor dinding. Padahal, rak dinding juga bisa kamu letakkan di atas meja jika ukuranya tak begitu besar. Atau, bisa juga ditempel dengan menggunakan perekat khusus 3M. Sebisa mungkin pertimbangkan untuk memilih rak yang ukurannya sesuai luas ruang agar mudah perawatannya dan nggak bikin sumpek. Kira-kira, ruangan-ruangan dalam rumahmu lebih membutuhkan rak gantung yang modelnya kayak apa, ya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE