Kamar mandi hanyalah sebuah ruangan kecil di rumah kita namun merupakan salah satu penyumbang terbanyak sampah domestik yang ada di rumah. Bayangkan saja, dari sekian banyak peralatan mandi, mana yang tak terbuat dari plastik atau dikemas dengan kemasan plastik? Hampir semuanya bukan? Residu sampah plastik dari peralatan mandi kita akan semakin menambah tumpukan sampah plastik yang ada karena susah terurai sehingga berbahaya bagi lingkungan.

Oleh karena itu, yuk coba kurangi residu sampah plastik dengan memulainya dari kamar mandi. Kamu bisa mengganti macam-macam peralatan mandi berikut dengan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan. Penasaran apa aja? Yuk simak bareng Hipwee Tips!

1. Ganti sabun cair atau shower gel berkemasan plastik dengan sabun batang

sabun batang via www.1millionwomen.com.au

Advertisement

Sebaiknya kamu mengurangi pemakaian cairan pembersih badan seperti sabun cair atau shower gel yang dibungkus dalam kemasan botol atau pouch plastik. Karena jika sudah tidak digunakan lalu dibuang, kemasan plastik tersebut nantinya akan mencemari lingkungan karena susah terurai. Kamu bisa beralih menggunakan sabun batang yang biasanya berkemasan boks kertas.

2. Ganti sikat gigi plastik dengan sikat gigi bambu. Sama fungsinya kok!

sikat gigi bambu via www.1millionwomen.com.au

Sampah sikat gigi plastik yang sudah tidak digunakan dan dibuang akan menumpuk dan mengotori lingkungan karena tidak bisa terurai. Nah, saatnya kamu mengganti sikat gigimu dengan sikat gigi berbahan bambu yang tidak berbahaya bagi lingkungan karena bersifat biodegradable.

3. Jangan lagi beli tisu berbungkus plastik dan beralih ke tisu yang bungkusnya kertas

tisu toilet berbungkus kertas via www.n4mummy.com

Barang di kamar mandi lain yang berkemasan plastik adalah tisu. Biar kamar mandimu bebas sampah plastik, kamu bisa membeli tisu berkemasan kertas sebagai pengganti.

4. Ganti pisau cukur plastik sekali pakai dengan pisau cukur berbahan stainless steel. Malah jadi nggak sering-sering ganti, kan?

pisau cukur stainless steel via www.goingzerowaste.com

Advertisement

Pisau cukur berbahan plastik selain tidak tahan lama juga akan dibuang jika sudah tidak terpakai. Lebih baik kamu menggunakan pisau cukur yang bisa digunakan berkali-kali dari bahan yang bisa di daur ulang seperti stainless steel.

5. Ganti spons penggosok badan berbahan serat plastik dengan loofah. Lebih ampuh angkat kotoran di badan lo!

Jika kamu biasa menggosok badan dengan spons berserat plastik, kamu bisa mulai menggantinya dengan loofah atau penggosok badan dari serat tumbuhan gambas yang lebih ramah lingkungan.

6. Ganti pembalut sekali pakai dengan pembalut kain atau menstrual cup. Biar bisa dicuci terus dipakai lagi gitu~

pembalut kain via www.1millionwomen.com.au

Pembalut dan tampon sekali pakai sangat tidak ramah lingkungan karena sampahnya susah terurai. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan pembalut kain yang bisa dicuci dan digunakan berkali-kali atau menstrual cup.

Memulai gaya hidup bebas plastik memang nggak mudah untuk dilakukan. Tapi kita bisa memulainya dengan mengurangi sedikit demi sedikit sampah plastik yang ada di rumah kita, khususnya di kamar mandi. Gimana? Tertarik untuk mengubah kamar mandimu menjadi lebih ramah lingkungan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya