Meski nggak wajib, resepsi pernikahan tanpa suvenir akan terasa kurang berkesan. Selain sebagai ucapan terima kasih, membagikan suvenir pada pesta pernikahan memang sudah menjadi budaya turun-temurun. Sayangnya, nggak jarang beberapa suvenir tertentu justru hanya menumpuk di laci rumah karena kurang bermanfaat, alhasil hanya menambah sampah. Dibuang sayang, dipakai pun rasanya nggak begitu berguna.

Kira-kira apa ya, suvenir yang bisa berguna dan kalaupun terpaksa dibuang, sampahnya nggak merusak lingkungan?

Advertisement

Alih-alih memberikan suvenir berupa pajangan atau cindera mata yang cuma bikin debu di rumah saja, bukankah lebih baik memilih benda yang bisa dimanfaatkan langsung? Nah, jika kamu termasuk salah satu dari kelompok yang sayang lingkungan dan anti buang sampah sembarangan, mungkin beberapa benda ini bisa dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai suvenir di hari pernikahanmu nanti.

1. Snack favoritmu atau pasangan yang langsung bisa dimakan seketika, jadi sayang ‘kan kalau dibuang?

Snack favorit pengantin via www.etsy.com

Memberikan suvenir yang dapat dimakan adalah pilihan pertama yang tepat. Selain nggak mengurangi esensinya, jenis suvenir ini nggak akan menjadi sia-sia. Pilih saja jenis makanan ringan kesukaanmu atau pasangan yang sekiranya orang lain belum pernah tahu, tapi juga layak coba. Misalnya kacang polong atau permen cokelat. Pastikan juga snack yang dijadikan suvenir ini praktis cara memakannya dan nggak butuh waktu lama untuk menghabiskannya. Jadi, tamu undangan bisa langsung mengonsumsinya sembari beramah tamah saat kondangan.

2. Ajaklah tamu undangan untuk sayangi lingkungan lewat penghijauan dengan memberi tanaman hias mini sebagai suvenir pernikahan

Tanaman hias mini via www.pinterest.com

Sebagai suvenir pernikahan, tanaman hias mini cocok diberikan kepada tamu undangan sebagai kenang-kenangan. Sekarang banyak dijual bibit tanaman mini seperti kaktus mini beserta potnya. Bentuk kaktus yang mungil ini mudah sekali untuk di-packing. Kaktus juga nggak membutuhkan perawatan yang rumit serta tahan lama. Selain itu, harganya juga terjangkau, memiliki nilai estetika dan pastinya bermanfaat untuk lingkungan. Selain kaktus, kamu juga bisa gunakan bibit bonsai setengah jadi atau masih berbentuk tunas yang menyerupai pohon cemara atau beringin. Jangan lupa tempel label atau tancapkan kertas bertuliskan ucapan terima kasih juga, ya!

3. Jika kamu menginginkan suvenir bertema ‘hijau’ yang lebih simpel lagi, biji tanaman bisa menjadi pilihannya

Advertisement

Memberi bibit tanaman sebagai suvenir pernikahan bisa jadi alternatif dalam memilih suvenir pernikahan yang ramah lingkungan. Dibanding dengan tanaman hias, bujet yang dikeluarkan untuk bibit tanaman sebagai suvenir pernikahan jauh lebih murah. Kamu bisa memilih antara biji tanaman hias, tanaman konsumsi ataupun tanaman obat. Bungkuslah bibit tanaman dengan kertas, plastik ataupun botol mini lucu bertuliskan ucapan terima kasih. Sertakan juga nama berikut manfaat dari bibit tanaman yang kamu berikan.

4. Selain mengampanyekan lingkungan hijau, suvenir berupa kantong koin dari kain perca limbah konveksi juga bisa mengajak orang lain untuk berlaku hemat

Kantong koin dari kain perca via www.blog.denniswisser.com

Hampir semua orang mempunyai uang koin yang tercecer baik di dalam dompet, tas, maupun laci rumah. Kantong koin menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan suvenir pernikahan ramah lingkungan dan menginspirasi orang lain untuk membiasakan berhemat. Apalagi bahannya yang terbuat dari kain perca limbah konveksi. Tentu hal tersebut akan membantu lingkungan dalam memanfaatkan limbah. Jika kamu punya kemampuan untuk mengkreasikannya, tentu akan lebih menekan bujet yang kamu keluarkan untuk biaya suvenir.

5. Sabun mandi tanpa bahan kimia dengan ukiran unik yang dikemas rapi dan menarik, cocok juga~

Sabun herbal via marinagalleryfineart.com

Ada juga lho, sabun mandi tanpa kimia alias dibuat dari bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai suvenir pernikahan. Bentuknya pun beragam, ada yang diukir sedemikian rupa menyerupai bunga-bungaan, atau bahkan lembaran kecil yang simpel banget. Biasanya, keharuman minyak esensial dapat ditemukan dalam sabun jenis ini. Kamu pun bisa memilih beraneka macam aroma, seperti lavender yang tenang dan relaks atau aroma peppermint yang segar. Bungkus dengan plastik transparan lalu ikat sabun dan hias dengan tali pita berwarna-warni.

6. Kipas kayu kelihatannya memang klasik sekali, tapi kegunaannya nggak bisa disepelekan lagi

Kipas kayu via www.agensouvenir.com

Saat sedang datang ke pesta pernikahan, nggak jarang banyak tamu undangan yang merasa kegerahan. Di sinilah kehadiran kipas kayu sangat diperlukan. Meski kelihatannya sepele dan sering sekali digunakan sebagai suvenir pernikahan, kipas berbahan kayu nggak bisa disepelekan manfaatnya. Dan kalaupun nggak terpakai dan terpaksa harus dibuang, kipas kayu ini nggak akan mencemari lingkungan mengingat bahannya yang mudah lapuk. Jangan lupa menambahkan namamu dan juga pasangan di sana untuk mengingatkan tamu undangan tentang momen bahagia kalian.

7. Nggak hanya cemilan, minuman herbal juga bisa jadi pilihan menarik untuk dijadikan sebagai suvenir pernikahan

Minuman herbal via vespapercreations.com.au

Jika ide makanan ringan kurang cocok untukmu (tapi kamu masih kekeuh pingin kasih sesuatu yang bisa dikonsumsi), kamu bisa gunakan minuman sehat alami seperti teh herbal, bubuk jahe merah, atau semacamnya. Bungkuslah dengan plastik yang dihias dengan tali temali menarik. Bubuhkan nama jenis minuman tersebut dan jangan lupa tambahkan kalimat yang menghimbau untuk hidup sehat dan melestarikan lingkungan juga, ya!

8. Untuk mengurangi limbah plastik belanjaan, alangkah baiknya jika kamu berikan tote bag dari bahan kain kanvas atau kain blacu

Tas belanja via www.insideweddings.com

Meski terdengar biasa, tote bag bisa menjadi pilihan suvenir pernikahan yang ramah lingkungan. Tote bag bisa digunakan sebagai tas belanja yang mudah dilipat kecil dan dibawa sehingga akan membantu mengurangi penggunaan kantong plastik yang sulit diurai saat menjadi sampah. Agar lebih menarik, tambahkan ilustrasi di bagian permukaan depan tas, atau dikombinasikan dengan bahan-bahan daur ulang lainnya seperti ranting dedaunan sebagai tangkainya. Nah, biar lebih menghemat bujet, kamu juga bisa memanfaatkan suvenir tote bag ini sekaligus sebagai undangan pernikahan lho!

Terbukti ‘kan, suvenir pernikahan nggak hanya bisa memanfaatkan benda-benda yang berfungsi sebagai pajangan saja, tapi yang recycle dan ramah lingkungan juga. Hmm, kira-kira mau pilih yang mana, ya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya