Siapa yang tak kenal jahe? Tanaman rimpang ini sering digunakan sebagai rempah-rempah maupun bumbu masakan. Namun tahukah kamu kalau jahe memiliki berbagai macam jenis? Salah satunya adalah jahe merah. Meski tak banyak diketahui orang, jenis jahe satu ini punya manfaat segudang. Berbeda dari jenis jahe biasa, jahe merah mempunyai kulit yang berwarna kemerahan dengan bagian dalam yang berwarna merah muda sampai kuning. Selain itu jahe merah memiliki ukuran yang lebih kecil serta rasa yang lebih pedas daripada jahe biasa.

Jahe merah juga disebut-sebut lebih berkhasiat daripada jenis jahe lainnya, penasaran apa aja? Simak ulasan dari Hipwee Tips berikut!

1. Meredakan batuk dan radang tenggorokan

batuk via www.orami.co.id

Advertisement

Selain menghangatkan, jahe merah kaya akan kandungan flavonoid yang bersifat anti peradangan. Tidak hanya melegakan tenggorokan, kandungan flavonoid yang terdapat dalam jahe merah juga bermanfaat untuk menyembuhkan radang tenggorokan serta meredakan batuk.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Jahe merah bermanfaat untuk menghancurkan lemak jahat dalam tubuh. Berkurangnya lemak jahat dalam tubuh secara langsung dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Meredakan sakit kepala

sakit kepala via www.alodokter.com

Air rebusan jahe merah sangat ampuh untuk mengobati sakit kepala. Kombinasi antara kandungan kamfena, rasa pedas dan efek hawa panas dari jahe merah sangat efektif untuk meredakan sakit kepala.

4. Mengatasi reumatik

reumatik via hellosehat.com

Advertisement

Jahe merah ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi reumatik. Zat flavonoid yang terkandung di dalamnya dapat meredakan peradangan yang terjadi pada bagian tubuh yang mengalami reumatik.

5. Menurunkan berat badan

menurunkan berat badan via www.medicalnewstoday.com

Jahe merah berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Ekstrak jahe merah dapat membantu mengontrol nafsu makan karena setelah mengonsumsinya kita akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jahe merah juga efektif untuk membakar kalori serta lemak dalam tubuh.

6. Menjaga kondisi jantung

kesehatan jantung via www.honestdocs.id

Kadar trigliserida dan kolesterol yang tinggi dalam tubuh manusia adalah salah satu penyebab penyakit jantung. Rutin mengonsumsi jahe merah secara teratur terbukti dapat menyehatkan jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

7. Mengatasi mual dan masalah pencernaan

masalah pencernaan via hellosehat.com

Jahe merah sangat baik bagi lambung karena dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan. Jahe merah berkhasiat untuk menjaga kestabilan asam lambung sehingga dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada penderita mag. Selain itu, jahe merah dapat menjaga kesehatan lambung seperti mengurangi infeksi atau luka pada lambung.

8. Mencegah radang usus

radang usus via www.idntimes.com

Mengonsumsi jahe merah secara teratur dapat mencegah radang usus karena jahe merah mengandung zat aktif zingeron yang dapat menghambat enzim yang memicu peradangan pencernaan.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

sistem kekebalan tubuh via factdr.com

Mengonsumsi jahe merah secara rutin dapat meningkatkan imunitas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh karena jahe merah mampu melawan bakteri dan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

10. Mengobati asma

Jahe merah dapat digunakan untuk mengobati asma karena mengandung minyak atsiri yang sangat tinggi. Kandungan minyak atsiri tersebut dapat melegakan pernafasan sehingga gangguan pernafasan seperti asma dapat teratasi dengan cara meminum air jahe merah hangat.

Itulah beberapa manfaat dari jahe merah untuk kesehatan. Tanaman rimpang satu ini manfaatnya memang segudang. Gimana? Tertarik untuk mencoba ramuan herbal yang lebih alami dan menyehatkan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya