Naik gunung butuh persiapan fisik yang matang. Selain topografinya yang memang menantang, ada juga faktor alam yang tidak bisa kita prediksi dan bisa membuat kita makin kelelahan. Padahal, kelelahan ketika mendaki dapat berakibat fatal karena oksigen dalam tubuh kita akan berkurang secara drastis.

Nah, untuk menghindari kelelahan di luar batas wajar ini, persiapan jadi hal wajib sebelum mendaki. Salah satu wujud persiapan itu adalah dengan melakukan 6 olahraga ini. Apa saja sih itu? Yukkita cek satu per satu!

1. Jogging secara rutin adalah solusi paling jitu. Olahraga ini dijamin mampu meningkatkan ketahanan tubuhmu.

Agar daya tahan tubuhmu bertambah

Agar daya tahan tubuhmu bertambah via unswoc.org

Advertisement

Berbeda dengan lari cepat (sprint), jogging adalah olahraga lari dengan kecepatan yang konsisten. Olahraga ini efektif meningkatkan ketahanan tubuh. Hal ini sangat sesuai karena mendaki gunung tentu membutuhkan endurance yang tinggi lantaran kegiatan yang dilakukan membutuhkan perjalanan yang jauh.

Bagi kamu yang tidak terbiasa olahraga, jogging bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai persiapan pendakianmu. Sebaiknya, lakukan 2 minggu secara rutin sebelum hari pendakian tiba. Ingat! yang terpenting dari jogging adalah berapa lamanya waktu yang kamu gunakan untuk berlari, bukan jarak yang bisa kamu tempuh dalam interval tertentu. Jadi, fokuslah pada waktu ketika jogging, karena semakin lama kamu berlari,akan semakin bagus. Tapi, jangan sampai memaksakan diri lho. Pahamilah batas kemampuan agar dirimu tidak jatuh sakit sebelum hari pendakian tiba.

2. Mengatur pernafasan sangat penting ketika pendakian. Berenang bisa jadi olahraga persiapan yang menyenangkan

Berenang untuk melatih pernafasan

Berenang untuk melatih pernafasan via coarsefish.net

Selain ketahanan tubuh, hal penting yang harus kamu lakukan agar liburanmu ke gunung sukses adalah pengaturan nafas yang benar ketika melakukan pendakian. Pengaturan nafas perlu dilakukan agar distribusi oksigen ke seluruh tubuh berjalan dengan lancar dan agar rasa lelah tidak berpotensi menggagalkan pendakian.

Advertisement

Berenang dapat menjadi alternatif olahraga yang akan berperan besar dalam aktivitas mendaki yang kamu lakukan. Jenis olahraga yang satu ini menuntut kamu agar berlatih untuk mengatur pernafasan. Selain pernafasan, berenang akan melatih kamu untuk senantiasa tenang dan tidak panik, agar kegiatan yang kamu lakukan dapat berjalan secara konsisten.

3. Latihlah kekuatan fisikmu dengan weight lifting sederhana, agar tubuhmu tidak kaget dengan beratnya tas carrier yang harus dipikul

Dijamin tas kerilmu akan terasa lebih ringan

Dijamin tas kerilmu akan terasa lebih ringan via conqueranycourse.wordpress.com

Angkat beban bisa menjadi olahraga yang harus kamu lakukan sebelum hari pendakian tiba. Tentu kamu tidak akan membawa barang bawaan yang sedkit ketika mendaki gunung. Tas keril dengan kapasitas besar menjadi pilihan untuk menampung segala kebutuhan kamu ketika nanti berada di puncak gunung. Logistik makanan, pakaian ganti, sleeping bag, obat-obatan, dan lain sebagainya diletakkan dalam satu tas besar yang bisa jadi beratnya sama dengan berat badanmu sendiri.

Angkat beban menjadi hal yang dapat mengurangi siksaan berat tas keril ketika pendakian. Biasakanlah untuk melakukan olahraga sederhana ini agar tubuhmu “awam” dengan berat barang bawaanmu ketika pendakian kelak. Jika tidak suka dengan olahraga statiskamu bisa mengkombinasikannya dengan ber-jogging lengkap dengan beban yang bertumpu pada tubuhmu.

4. Jika perlu, lakukan olahraga wall climbing untuk melatih kesabaran sekaligus menjajal kekuatan otot tangan serta kakimu

Kesabaranmu juga perlu dilatih

Kesabaranmu juga perlu dilatih via www.basecampwanaka.co.nz

Tidak hanya fisik dengan ketahanan tubuh kuat yang kamu perlukan untuk aktivitas mendaki, tapi kesabaranmu juga akan teruji. Untuk melatihnya, kamu bisa melakukan kegiatan wall climbing ini yang mengasah kesabaran dan kemampuan fokusmu. Selain itu, otot-otot tangan dan kakimu pun akan ikut terlatih sehingga kamu tak akan kaget ketika sampai di alam nanti.

Carilah fasilitas di kotamu yang memudahkanmu untuk melakukan olahraga ini. Jika perlu, ajaklah teman yang sudah berpengalaman atau ahli dalam olahraga ini. Namun, bagi kamu yang tak punya dana untuk membayar fasilitas wall climbing, parkour bisa menjadi pilihan gratis yang juga dapat kamu lakukan untuk melatih kesabaran, kekuatan, sekaligus daya tahan tubuhmu.

5. Kamu pun bisa mengkombinasikan gerakan-gerakan ringan seperti push-up, squat, dan pull-up dengan metode HIIT

Lakukan HIIT jika malas keluar rumah

Lakukan HIIT jika malas keluar rumah via teamlivegrit.com

Selain beberapa jenis olahraga yang sudah disebutkan di atas, kamu pun bisa menjajal metode lain. Yaitu, mengkombinasikan gerakan-gerakan olahraga ringan seperti push-up, squat, pull-up dengan metode HIIT. Metode ini juga bisa jadi alternatif bagi kamu yang tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan olahraga-olahraga yang telah Hipwee sebutkan sebelumnya. Metode HIIT akan meningkatkan tenaga dan melatih daya tahan tubuhmu hanya dengan waktu latihan yang tidak terlalu lama. Selain itu, kegiatan ini juga dapat kamu lakukan di dalam rumah saja.

6. Supaya fleksibilitas tubuhmu tetap terjaga, yoga jadi olahraga yang wajib kamu coba

Untuk melatih fleksibilitas tubuhmu

Untuk melatih fleksibilitas tubuhmu via www.huffingtonpost.com

Agar tubuhmu tidak kaku dan mudah keram ketika melakukan pendakian, latihlah fleksibilitas tubuhmu dengan melakukan yoga. Gerakan-gerakan yoga bermanfaat untuk meregangkan otot-otot yang menegang ketika pendakian berlangsung. Otot juga perlu diregangkan agar tubuh tidak mudah cedera. Selain itu, yoga juga akan bermanfaat untuk melatih ketenangan pikiran dan perasaan. Ketika berada di tengah hutan misalnya, pikiranmu akan mampu terjaga dan selalu fokus sehingga dapat meminimalisir resiko hilang atau cedera ketika mendaki gunung.

Karena mendaki gunung termasuk ke dalam kategori aktivitas yang membutuhkan fisik nan kuat, maka berolahraga rutin sebelum pendakian menjadi keharusan. Yang pasti, jangan sampai agenda liburan menikmati keindahan alam di gunung jadi berantakan karena kamu kurang persiapan.

Jadi, tunggu apalagi? Siapkan dirimu untuk berolahraga mulai besok pagi, ya!

Advertisement