Artikel Hipwee ini dipersembahkan oleh Pocari Sweat. Minuman yang mengandung ION yang bikin puasamu gak berat lagi.

Bulan puasa memang membawa nuansa berbeda. Bukan cuma menguarkan nuansa reliji saja, ada beberapa kebiasaan yang bahkan berubah karena kedatangannya. Mulai dari lebih rajin beribadah, berusaha untuk lebih ramah, sampai pola makan yang berpindah.

Tidak seperti bulan-bulan lainnya, di bulan ini bangun dini hari demi mengisi perut justru jadi hal yang sangat disyukuri. Makan sahur dalam suasana magis nan tenang membawa kesan lain di hati. Eits, tapi tunggu dulu — sudahkah kamu tahu apakah sahurmu sudah berjalan dengan tepat? Hipwee dan Pocari Sweat akan mengungkapkan kiat langkah sahur yang oke untukmu di sini.

1. Agar bisa bangun dengan segar, basuh dulu wajah dan tubuhmu dengan air wudhu sebelum mulai sahur hari itu

Awali sahurmu dengan mengusapkan air wudhu ke tubuh

Awali sahurmu dengan mengusapkan air wudhu ke tubuh via www.womenshealthmag.com

Problema utama makan sahur adalah mata yang lengket karena masih mengantuk. Bangun aja susah, gimana mau selera makan coba?  Demi menghalau kantuk, sebenarnya ada cara oke yang bisa diterapkan. Mudah saja, basuh wajahmu dengan air wudhu demi membuka mata kantukmu.

Dengan membasuh wajah dan bagian tubuh dengan air wudhu, kesegaran akan menghampirimu. Nafsu makan pun akan lebih mudah muncul jika sudah fresh macam ini.

2.Kurma layak jadi menu pertama yang masuk ke mulutmu. Bahan makanan ini dipercaya bisa meningkatkan energi sepanjang hari itu

Kurma layak jadi makanan yang oke untuk sahurmu

Kurma layak jadi makanan yang oke untuk sahurmu via traumessen.tumblr.com

Kurma adalah jenis makanan yang disunnahkan untuk dimakan saat sahur. Kandungan gula yang tinggi dari kurma adalah kombinasi yang oke untuk mempertahankan energimu sepanjang hari.

Karena khasiatnya yang apik, bahkan beberapa Muslim dietician menyarankan kurma adalah makanan pertama yang harus masuk ke mulut saat sahur — sebelum lanjut ke jenis makanan lain.  Mengawali puasa dengan kurma dipercaya bisa menjaga energimu tetap dalam level terbaiknya sepanjang bulan puasa.

3. Whole wheat food cocok jadi menu sahur harianmu. Nutrisi dan energi bisa benar-benar terpenuhi dari situ

Jangan malas bikin overnight oatmeal yang yuuum

Jangan malas bikin overnight oatmeal yang yuuum via www.katheats.com

Roti gandum, oat, sampai kacang almond layak dipertimbangkan jadi menu harian dalam santap sahurmu. Sekilas memang terlihat tidak biasa sih, masa sahur pakai roti gandum dan oat? Namun sesungguhnya jenis bahan makanan ini sangat oke untuk menjaga energimu sepanjang puasa.

Berbeda dengan makanan penuh karbohidrat, whole wheat food memiliki kemampuan untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil selama puasa. Dampaknya, kamu tidak akan merasa lemas di tengah hari karena kehabisan energi. Gak ada lagi deh tuh rasa enggan beraktivitas selama puasa.

4. Sebisa mungkin hindari sahur dengan makanan yang digoreng. Makanan macam ini memenuhi perutmu dengan cepat, tapi juga lekas amblas!

Gorengan? No no no!

Gorengan? No no no! via www.kidnesia.com

Fried nugget, tempe goreng, sampai telur goreng memang praktis untuk sahur. Tapi apakah nutrisinya baik bagi tubuhmu sepanjang hari? Jawabannya ternyata tidak. Bahan makanan yang digoreng memang terlihat menggiurkan, enak, dan mudah dibuat — tapi berbagai makanan yang digoreng ini hanya cepat membuat perutmu terasa kenyang sebelum mencapai titik “cukupnya.”

Dampaknya kamu bisa makan lebih sedikit dari porsi yang sebenarnya dibutuhkan. Lemas deh di tengah hari karena kelaparan….

5. Campurkan buah dan sayuran sebagai dessert dalam sahurmu. Selain membuatmu kenyang, pencernaanmu sepanjang puasa akan terasa lebih tenang

Cukup serat, puasa pun tenang!

Cukup serat, puasa pun tenang!

Setelah minum dan makan secukupnya, akhiri sahurmu dengan semangkuk campuran sayur dan buah segar yang nyaman di perut. Kalau suka kamu juga bisa menambahkan dressing oil atau bahkan kacang-kacangan sebagai pelengkapnya.

Semangkuk buah dan sayur segar ini punya manfaat besar untuk menjaga pencernaanmu tetap sehat selama puasa. Kandungan seratnya yang tinggi menjauhkanmu dari gejala konstipasi yang sering menyambangi selama bulan suci ini.

6. Tutup agenda sahur dengan minuman yang ampuh menjaga ION tubuhmu. Your suhoor is wrapped up! Badanmu siap diajak berpuasa seharian itu

Your suhoor is wrapped up!

Your suhoor is wrapped up! via instagram.com

Selain terpenuhinya cairan, kadar ION juga penting untuk diperhatikan. Tubuh yang terpenuhi kadar IONnya akan terasa lebih segar dan lebih siap menghadapi tantangan. Berbagai aktivitas pun terasa lebih ringan dijalankan tanpa merasa lemas karena puasa.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kadar ION tubuh adalah dengan minum Pocari Sweat saat sahur. Sebotol Pocari Sweat mampu menjaga ION tubuhmu sepanjang puasa. Sehingga seluruh aktivitasmu bisa berjalan sempurna.

Cara menjaga puasa sederhana ‘kan sebenarnya? Tinggal memastikan ION tubuhmu tercukupi saat sahur, puasamu lancar jaya deh.

Gimana menurutmu? Adakah tips yang bisa diaplikasikan dalam sahurmu sehari-hari? Atau ingin tahu serunya proses menjaga ION tubuh yang dibungkus dalam cerita yang seru? Kamu bisa langsung tonton videonya di #KejarBiru.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya