Rambut sehat nan indah adalah idaman para wanita, tak terkecuali kamu yang menggunakan jilbab. Namun, seringkali ini hanya jadi khayalan karena jilbab membuat kulit kepalamu jadi mudah berkeringat. Kamu pun juga harus mengikat rambut setiap hari agar jilbabmu lebih rapi, sehingga rambut bisa cepat patah. Bahkan bisa jadi rambutmu berketombe karena kamu harus membungkusnya setiap waktu.

Nggak perlu sedih, karena kamu yang memutuskan untuk mengenakan jilbab pun bisa mendapatkan rambut indah dan sehat. Menggunakan jilbab sudah bisa membuat rambutmu terhindar dari debu, dan selain itu, kamu cukup menerapkan beberapa tips-tips ringan ini untuk merawat rambutmu!

1. Untuk mendapat rambut sehat, selalu keringkan rambut sebelum memakai jilbab.

Keringkan rambutmu dulu via diasp.org

Menggunakan jilbab itu bukan halangan untuk mendapatkan rambut indah dan sehat. Kamu hanya perlu menentukan salah satu siasat. Salah satu caranya adalah menggunakan jilbab dalam kondisi rambut yang tak basah. Soalnya, rambut basah yang terbungkus jilbab bisa membuatnya lepek, rontok, ketombean, bahkan berbau tak sedap.

Setelah mandi, keringkanlah rambutmu dengan handuk secara perlahan. Atau jika kamu memang terburu-buru, kamu bisa gunakan hair dryer dengan jarak 20-30 cm agar tidak terlalu panas. Selain itu, sembari menunggu kering kamu juga mengisinya dengan aktivitas lain. Nah, dengan taat aturan ini maka punya rambut indah bukan lagi hal yang mustahil.

2. Bukan hanya pacar yang nggak suka dikekang — rambut juga butuh kebebasan. Jadi, janganlah ikat rambutmu terlalu kencang.

Advertisement

Jangan ikat telalu kencang via 5inchandup.blogspot.com

Sama halnya dengan pasangan, rambut juga tak suka dikekang. Bukan berarti kamu menanggalkan jilbab lho ya, tapi berhentilah dari kebiasan mengikat rambut terlalu kencang. Alih-alih ingin membuat tatanan jilbabmu lebih rapi, kamu justru membuat rambutmu jadi gampang rontok. Rambut yang tertarik kencang selama seharian justru membuatmu akar rambutmu rapuh. Hal ini membuat rambutmu jadi lemah, mudah tercabut dan bertebaran kemana-mana. Selain itu, juga bisa menyebabkan rambut pada bagian ubun-ubunmu menjadi jarang. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan rambut indah dan lebat, jangan lupa gunakan ikat rambut dengan sedikit longgar ya.

3. Jika kamu memang harus mengikat rambut, cobalah untuk hanya mengikat rambut sebagian.

Ikat rambut hanya bagian pinggir saja via www.sheknows.com

Menggunakan jilbab sembari membiarkan rambut tetap tergerai akan membuat penampilanmu berantakan. Apalagi kalau rambutmu panjang, bisa-bisa ujung-ujungnya muncul dan balapan dengan jilbabmu.

Jika tidak mau mengikat semua rambutmu jadi satu bun, cobalah dengan solusi praktis mengikat rambut sebagian. Ya, cukup menguncir bagian rambut paling tepi yang paling sering ke mana-mana, dan jangan terlalu kencang ya. Nah, dengan cara seperti ini kamu tak perlu khawatir rambut lurusmu rusak!

4. Rambut yang tertutup jilbab adalah mahkota berharga, maka rawat dia dengan sisir yang bergigi jarang dan tak tajam.

Gunakan sisir yang jarang dan tumpul via www.becomegorgeous.com

Bagi kamu yang mengenakan jilbab, rambut adalah mahkota yang harus kamu jaga. Jadi kamu harus memperhatikannya layaknya barang berharga. Salah satunya dengan merapikannya menggunakan sisir yang gigi jarang dan tumpul. Dengan sisir jenis ini, maka kulit kepalamu tidak akan terluka dan rambutmu tidak mudah rontok saat disisir paksa. Kamu juga bisa menyisirnya kapan saja saat kamu butuhkan kok.

5. Kulit kepala yang terbungkus jilbab seharian membuatmu rentan ketombean. Hindarilah itu dengan memakai jilbab warna cerah!

Pakai jilbab cerah via www.flickr.com

Kondisi rambut yang tertutup jilbab seharian seringkali membuat rambutmu rentan ketombean. Hal ini dikarenakan kondisi lembab, berminyak dan lepek karena kepanasan. Nah, untuk menyiasati itu, kamu bisa gunakan jilbab-jilbab berwarna cerah. Tanpa melulu menggunakan jilbab warna hitam dan gelap mudah menyerap panas, warna-warna cerah justru membuatmu lebih nyaman dan ceria.

Apalagi saat kamu melakukan kegiatan outdoor di cuaca yang terik, menggunakan jilbab warna terang bisa menghindari rambut dari lepek berlebihan. Sehingga kamu juga bisa terhindari dari penyakit rambut lainnya. Nah, masih mau punya rambut indah ‘kan? Kamu bisa aplikasikan tips satu ini.

6. Agar rambutmu tak mudah rusak, gunakanlah jilbab atau inner berbahan katun.

Jilbab katun atau kaos via cbcacademy.blogspot.com

Untuk mendapatkan rambut indah meski berjilbab itu gak susah kok. Tak harus melakukan perawatan di salon setiap hari, kamu hanya perlu memperhatikan hal-hal kecil, misalnya bahan jilbab yang kamu pakai. Nah, agar rambutmu tak rusak disarankan untuk menggunakan kain yang “adem” seperti katun atau kaos. Selain rambutmu menjadi tidak mudah berkeringat karena pori-pori kain yang renggang, jenis kain ini juga bisa menghindarkan rambutmu dari gesekan yang membuat rusak.

Namun, jika kamu lebih suka menggunakan jilbab dengan jenis kain yang lain. Maka kamu bisa  gunakan inner jilbab dengan bahan katun atau kaos. Dengan begitu, rambutmu tak akan mudah rusak dan tetap cantik.

7. Kerontokan rambut di bagian depan adalah masalah terbesar bagi para pengguna jilbab. Tapi, hal ini bisa kamu cegah dengan mengubah-ubah letak belahan rambut.

Ubah-ubah belahan rambut via imgarcade.com

Hal yang paling jadi derita para pengguna jilbab adalah terkikisnya rambut bagian depan (ubun-ubun) dikarenakan kebiasan mengikat rambut. Gak jarang dahimu menjadi tampak lebih lebar. Tak perlu cemas, karena sekarang kamu bisa mengatasinya dengan sering-sering mengubah belahan rambut. Jika biasanya kamu membuat belahan di bagian kanan, sekarang kamu coba buat di sebelah kiri. Dan buatlah di titik-titik yang berbeda. Mungkin awalnya kamu tak terbiasa, tapi percayalah hal ini justru bisa menyelamatkanmu dari kerontokan yang makin parah pada satu bagian.

8. Mau keramas? Tunggulah 5-10 menit setelah melepas jilbab agar rambutmu sedikit bernapas.

Tunggu sebentar sebelum keramas via www.damnwallpapers.com

Keramas adalah hal yang paling dinanti-nantikan setelah seharian rambutmu terasa lepek dan pengap karena tertutup jilbab. Tapi jangan buru-buru menyiramnya dengan air, ya. Karena keramas yang tepat buat orang berjilbab juga ada aturannya. Sebelum memutuskan keramas, kamu bisa tunggu sebentar sekitar 5-10 menit setelah melepas jilbab. Gerailah rambut cantikmu agar bisa bernafas dan mendapatkan sirkulasi udara setelah seharian tersimpan. Selain membuat rambutmu juga jadi lebih segar, hal ini juga bisa memaksimalkan faedah keramas.

9. Demi rambut yang sehat dan indah, keramaslah cukup dua hari sekali. Dan pastikan jenis shampo sesuai dengan kebutuhanmu.

Keramas dua hari sekali via www.kosovalive360.com

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah itu gak harus keramas setiap hari kok. Karena kamu tak harus selalu membebani kulit kepalamu dengan bahan kimia tiap hari, jadi cukuplah dua hari sekali. Kamu bisa menunggu sebentar setelah melepas jilbab, dan gunakan shampo yang kamu butuhkan. Mungkin masalahmu sekarang adalah rambut rontok, maka gunakanlah jenis shampo yang diramu untuk mengatasi itu. Atau mungkin rambutmu sedang terserang ketombe, maka gunakan shampo anti ketombe. Dan jika rambutmu sehat,maka gunakanlah shampo yang berfungsi untuk menutrisi.

Dengan cara ini, maka rambutmu bisa sehat dan indah walau seharian. Aktifitas keramas juga tak jadi sia-sia.

10. Creambath bukan hanya membuat rambutmu jadi ternutrisi, tapi juga sarana relaksasi.

Creambath juga bisa membuat rambutmu tetap sehat via www.inidiarinurul.com

Selain mencucinya dengan shampo, kamu bisa melakukan creambath minimal sebulan sekali. Creambath bukan hanya membuat rambutmu jadi lebih bersih, tapi juga ternutrisi secara maksimal. Pijatan selama creambath membuat krim bisa meresap ke dalam kulit kepala dengan baik, selain itu juga bisa memperlancar peredaran darah. Jadi, rambutmu bis terhindari lepek dan rambut rontok karena kulit kepala yang tidak sehat.

11. Rambut yang tertutup jilbab juga butuh bernapas. Maka, biarkanlah dia tergerai dengan bebas saat kamu di dalam rumah.

Biarkan rambutmu bernafas via imgarcade.com

Bukan hanya manusia yang butuh bernapas, kulit kepala dan rambutmu juga. Setelah seharian rambutmu terbungkus rapi dengan jilbab, maka kamu bisa membiarkannya dia  bebas dan bernapas lega saat di rumah. Kamu bisa menanggalkan jilbabmu terlebih dulu, lalu menyisirnya dengan rapi, dan biarkan tergerai tanpa ikatan.

Sama halnya saat kamu pergi tidur, alangkah baiknya kamu biarkan rambutmu bebas tergeletak di atas bantal. Nah, kamu tak perlu ragu melepasnya jika rumahmu hanya berisi mahram atau anggota kerluarga, toh ini gak dosa ‘kan?

Menggunakan jilbab bukan halangan untuk mendapatkan rambut sehat nan indah. Justru kamu mendapatkan bonus karena rambutmu terlindung dari debu. Nah, buat kamu yang sedang mengidam-idamakan harta karun berupa mahkota indah di kepalamu, maka kamu wajib terapkan tips ini sekarang juga.

Selamat mencoba!