7 Desain Pintu Rumah Multifungsi yang Cocok dengan Segala Tema. Ada yang Bisa Jadi Jendela

Desain pintu rumah

Saat ini, rumah minimalis sangat digemari banyak orang bahkan sudah menjadi sebuah tren. Selain desainnya yang nggak lekang oleh waktu, bentuknya yang simpel namun elegan nyatanya punya daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Apalagi identik dengan furnitur yang sedikit tapi berkualitas membuat desain rumah minimalis juga jadi pilihan untuk berhemat.

Advertisement

Namun, kadang karena terpaku pada bentuk dan warna yang itu-itu aja, pemilik rumah seringkali merasa bingung menentukan dekorasi furnitur yang tepat dan modern tetapi juga nggak menghilangkan ciri khasnya, terutama dalam pemilihan desain pintu rumah. Nah, kali ini Hipwee Tips akan beri 7 referensi desain pintu yang cocok dengan segala tema dan yang pastinya modern banget. Yuk simak bareng-bareng~

1. Desain pintu rumah bypass atau pintu geser bisa menjadi pilihan yang unik dan nggak makan tempat. Selain modern, pintu ini juga banyak jenisnya

desain pintu rumah model geser I Photo by shannonrphillips via pixabay.com

Disebut juga pintu bypass, pintu geser seringkali jadi pilihan banyak orang sebagai pelengkap furnitur rumah. Tanpa harus berayun ke depan dan ke belakang seperti pintu pada umumnya, pintu bypass nggak makan tempat karena membukanya dengan cara digeser ke kanan dan ke kiri. Biasanya model pintu geser ini akan disertai dengan bingkai dudukan ataupun dipasang menggunakan sistem gantung untuk mempermudah menggeser pintu secara leluasa.

Pintu geser ini juga banyak bentuknya dan mempunyai banyak ukuran, yang membuat pintu ini bisa jadi pilihan untuk pintu depan rumah atau kamar sekalipun. Biasanya pintu jenis ini bisa digunakan untuk kantor, lemari atau ruang penyimpanan barang. Untuk harga pintu rumah jenis bypass berkisar antara Rp6 –Rp7 juta ukuran L 1600 X 2100 mm, merk Tostem.

Advertisement

2. Desain pintu rumah minimalis bentuk lipat atau bifold, bisa dibuka secara luas menampilkan kesan rumah seolah-olah langsung terhubung dengan pekarangan

desain pintu rumah jenis bifold I Photo by Alibaba via www.alibaba.com

Selain modelnya yang modern, pintu jenis lipat atau bifold bisa digunakan untuk segala tempat di rumah. Umumnya ada berbagai jenis pintu lipat, seperti model pintu lipat 2, 3, 4 yang cocok sebagai pembatas antara rumah dengan taman. Pemilihan pintu dengan kaca juga memberikan kesan luas dan terang karena cahaya matahari bisa masuk secara langsung ke dalam rumah serta menciptakan kondisi  di mana ruangan seolah-olah langsung terhubung dengan pekarangan.

3. Desain pintu rumah 2 pintu ‘pocket door’, konsep tersembunyi yang hemat tempat dan terlihat mewah

desain pintu pocket door I Photo by Barry D via pixabay.com

Hampir sama dengan model pintu geser, namun perbedaannya setelah digeser pintu akan masuk ke dalam dinding dan terlihat “bersembunyi”. Konsep ini sangat efisien untuk rumah yang nggak terlalu luas. Perlu kamu tahu kalau pintu pocket memiliki trek rolling di dalam dinding yang pastinya menghemat tempat dan nggak mengganggu pergerakan. Gaya arsitektur pintu pocket bisa digunakan untuk 2 pintu maupun satu pintu.

Cara membukanya juga mudah, hanya perlu diaplikasikan pada kamar tidur atau pintu sambung antara dapur dan ruang makan dan, yup! kamu sudah dapat kesan minimalis dan hemat tempat.

Advertisement

4. Model pintu minimalis elegan bisa dipilih  dengan jenis pivot, termasuk desain pintu rumah terkini yang banyak dicari terutama yang ruangannya luas

desain pintu rumah jenis pivot I Photo by Skyframe.com via www.sky-frame.com

Pintu yang satu ini sebenarnya sangat cocok untuk ruangan yang luas dan terkesan masih lapang karena untuk membuka pintu ini sendiri dibutuhkan ruang gerak maksimal 180-360 derajat perputaran. Termasuk salah satu model pintu yang baru dan kekinian, untuk mencari jenis ini juga lumayan jarang, artinya kamu perlu untuk melakukan pemesanan secara khusus.

Berbeda dengan pintu engsel yang ditahan pada bagian samping, pintu pivot terbuka pada engsel yang ditahan di bagian tengah sisi atas dan bawahnya. Saat ditekan, pintu ini akan terbuka di kedua sisi persis kayak pintu di mal-mal itu lo!

5. Desain pintu rumah mewah jenis panel juga sudah banyak digunakan oleh rumah-rumah di Indonesia

desain pintu rumah jenis panel I Photo by Capri23auto via pixabay.com

Pintu jenis ini bentuknya yang sederhana tapi tetap bisa menghasilkan kesan minimalis pada rumah. Pintu jenis ini termasuk yang fleksibel dan modelnya selalu bisa mengikuti zaman, harganya juga terjangkau. Namun kamu perlu memperhatikan warna dan material yang digunakan. Usahakan pilih warna  seperti putih, hitam, atau cokelat agar kesan yang ditampilkan tetap minimalis dan netral.

6. Tetap cantik dengan desain  rumah 1 pintu? Pintu engsel ini bisa jadi referensi

pintu jenis engsel minimalis I Photo by Oliswel.com via oliswel.com

Biasanya pintu engsel sering digunakan untuk pemasangan di kamar atau dapur yang menggunakan konsep ayun untuk tutup-buka. Pintu engsel adalah pintu kamar yang paling umum kita jumpai dengan berbagai material yang melapisi pintu seperti kayu, kaca, vinyl ataupun papan. Pintu jenis ini juga bisa dijadikan desain pintu rumah industrial.

Untuk membuat rumah terkesan minimalis, kamu bisa menggunakan motif polos atau garis-garis  dengan satu warna. Misal dinding kamu berwarna putih, ada baiknya untuk memilih pintu engsel satu pintu yang berwarna hitam dan dilapisi vinyl, supaya pintu terkesan lebih mewah.

7. Terakhir, ada desain pintu rumah multifungsi ‘pintu dutch’, model pintu kamar yang merangkap sebagai jendela

desain pintu multifungsi I Photo by Indonesia Alibaba via indonesian.alibaba.com

Nggak mau boros tapi pengin punya pintu yang mempunyai dua fungsi sekaligus? Maka pintu dutch adalah jawabannya. Masih menggunakan konsep engsel samping, model pintu dutch terdiri atas dua panel (atas dan bawah) sehingga pintu bisa dibuka hanya pada salah satu bagian. Pintu ini cocok diletakkan di depan rumah ataupun pembatas antara ruang lain dengan dapur.

Untuk ukuran, kedua panel pintu dapat disesuaikan, baik kecil di bawah atau sebaliknya. Begitu juga dengan bahannya, misal kamu lebih memilih aluminium, kaca di bagian atas atau kayu juga nggak menjadi persoalan.

Nah, 7 desain pintu yang disebutkan di atas memang unik-unik ya, namun tentunya kembali lagi ke selera dan bujetmasing-masing orang. Kalau kamu lebih suka dengan pilihan nomor berapa?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE