8 Inspirasi Tempat Tidur Tingkat yang Nggak Bikin Sumpek Kamar. Malah Ada Ruang Sisa buat Rak

Tempat tidur tingkat

Saat menata ulang kamar tidur, salah satu elemen penting yang patut jadi perhatian utama ialah tempat tidur. Idealnya, besar tempat tidur tak boleh melebihi 50 persen luas kamar agar ruangan bisa difungsikan lebih optimal. Untuk mengakalinya, kebanyakan orang akan memilih menggunakan tempat tidur tingkat. Terlebih jika kamar memang sengaja dibuat untuk ditempati oleh dua atau tiga orang sekaligus.

Advertisement

Selain digunakan untuk tidur dua orang, kadang tempat tidur tingkat juga jadi alternatif buat mereka yang pengen punya space kosong untuk melakukan aktivitas di dalam kamar, contohnya membaca atau bermain game. Kelihatannya memang bakal makan tempat, tapi sebenarnya penggunaan tempat tidur tingkat akan bikin kamar kelihatan lebih luas dan nggak sumpek lo!

Cara membuat tempat tidur tingkat memang agak sulit, makanya kalau nggak mau ribet mending beli yang sudah jadi saja. Toh, desain tempat tidur tingkat sekarang juga bagus-bagus kok. Sebagai gambaran, cek inspirasi tempat tidur tingkat berikut, barangkali ada yang pas buat kamarmu.

Saat memilih tempat tidur tingkat nanti, baiknya pertimbangkan beberapa hal berikut supaya barang di kamar tetap proporsional

pilih tempat tidur via www.rukita.co

1. Ukuran ruanganĀ 

Pastikan kamu benar-benar mengetahui ukuran kamar agar dapat menentukan bentuk tempat tidur tingkat yang ideal. Kalau mau pakaiĀ ukuran tempat tidur tingkat yang cukup besar, pilihlah yang punya laci di bawahnya supaya bisa difungsikan juga sebagai lemari.

2. Material tempat tidurĀ 

Advertisement

Ada dua material yang umum dipakai dalam tempat tidur tingkat, yakni kayu dan besi. Cara membuat tempat tidur tingkat dari besi memang lebih rumit tapi material ini jauh lebih awet. Sayangnya, tempat tidur besi dianggap kurang aman untuk kamar anak karena licin dan tajam.

3. Pengaturan tata letakĀ 

Jika kamar tidur tak begitu luas, baiknya pilih tempat tidur tingkat yang bisa ditempatkan di sudut. Sebab, kalau ditaruh di tengah, tempat tidur jelas akan memakan ruang yang lebih besar jadi kamu pasti sulit menata perkakas lainnya.

4. Tangga atau akses menuju ke tempat tidur atas

Tentunya, tangga ini erat kaitannya dengan keselamatan penghuni kamar. Sebisa mungkin, pilihlah tangga yang nyaman untuk dipijak dan nggak licin, apalagi jika tempat tidur tingkat diletakkan pada kamar anak.

5. Tema tempat tidur yang long lasting

Meski tengah menyukai karakter tertentu, baiknya kamar dibuat netral agar jika sewaktu-waktu kamu bosan nggak begitu sulit merenovasinya. Kalau mau aman, pilih tempat tidur tingkat IKEA saja yang desainnya minimalis dan netral.

Nah, dari beberapa pertimbangan di atas coba tentukan desain tempat tidur tingkat mana yang sesuai dengan kamar tidurmu. Berikut inspirasi desainnya.

1. Tak cuma pada kamar orang dewasa, tempat tidur tingkat minimalis juga bisa diletakkan di kamar anak lo! Bisa lawan gender juga malah

tempat tidur tingkat minimalis via blog.spacestock.com

Sesuai konsepnya, coba gunakan tempat tidur tingkat meterial kayu berwarna abu-abu yang senada dengan kamar tidur. Tempat tidur ini bisa diletakkan pada sudut kamar tetap di depan pintu masuk. Sebagai dekorasi, gunakan seprai tumpuk dan bantal motif dengan warna senada agar tak menghilangkan kesan minimalisnya.

2. Tempat tidur tingkat kayu cocok digunakan untuk kamar anak karena materialnya lebih solid dan aman

tempat tidur tingkat kayu via www.wayfair.com

Dibanding dengan tangga lurus, pilihlah tempat tidur kayu yang menggunakan model laci sebagai jalur naiknya. Sebab, selain lebih aman, model tangga seperti ini juga bisa difungsikan menjadi rak penyimpanan. Jika kesulitan mencari model dan ukuran yang sesuai, silakan cek tempat tidur tingkat Olympic di toko sekitar rumahmu.

3. Jika kamar tidur di rumahmu tak banyak, tempat tidur tingkat 3 bisa jadi pilihan yang tepat

tempat tidur tiga tingkat via uprint.id

Tapi baiknya jangan gunakan tempat tidur tingkat sejajar karena cukup rawan ketika dinaiki. Sebagi gantinya, gunakan tempat tidur tingkat dengan model zig-zag atau satu kasur lesehan yang jauh lebih aman. Pada bagian kosong di bawah kasur kedua bisa digunakan untuk menaruh rak perkakas kecil, misalnya tempat make-up atau koleksi buku. Tak perlu khawatir, harga tempat tidur tingkat 3 seperti ini terjangkau kok. Apalagi kalau kamu membuatnya langsung dari tukang kayu daerah.

4. Gunakan tempat tidur tingkat multifungsi dengan rak di bawahnya jika kamar tidurmu tak begitu luas

tempat tidur tingkat multifungsi via www.rumah.com

Dengan model tempat tidur seperti ini, kamu tak perlu lagi repot memikirkan lemari. Soalnya kan sudah ada rak penyimpanan barang di bawah kasurnya. Ukuran tempat tidur tingkat ini bisa disesuaikan dengan luas kamar. Jika ukuran kamar jauh lebih besar, tempat tidur tingkat multifungsi yang gabung dengan lemari di sampingnya bisa jadi alternatif yang lebih menarik lo! Biasanya, model yang seperti ini dapat ditemukan pada tempat tidur tingkat Informa.

5. Tempat tidur tingkat yang di bawahnya ada meja belajar seperti ini bisa digunakan untuk kamar kos yang tak begitu besar

tempat tidur tingkat bawahnya meja belajar via twitter.com

Ketimbang kasur memakan setengah luas lahan kamar, mending dimaksimalkan sudutnya dengan menggunakan tempat tidur tingkat yang di bawahnya ada space kosong seperti di atas. Selain digunakan untuk meletakkan meja belajar, ruang kosong ini juga dapat difungsikan sebagai tempat bersantai atau menaruh rak buku lo! Dengan penataan yang sesuai, niscaya kamar akan terlihat lebih lega sekalipun ada banyak barang di dalamnya.

6. Tempat tidur tingkat perosotan bisa bikin anak-anak betah bermain di dalamnya. Tak perlu khawatir jatuh, malah model seperti jauh lebih aman ketimbang tangga kasur biasanya

tempat tidur tingkat dengan perosotan via www.dekoruma.com

Bangun di pagi hari akan terasa lebih menyenangkan berkat kehadiran perosotan di tempat tidur ini. Bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Nah, supaya anak makin betah, coba tambahkan dekorasi pendukung seperti tali atau boneka yang disesuaikan dengan kesukaan anak. Tapi baiknya dekorasi hanya ditempatkan pada tempat tidur agar kamar tak kelihatan penuh dan sesak.

7. Sudah banyak brand yang membuat tempat tidur tingkat besi dengan berbagai tema dan model. Tapi biar tak bingung menatanya, mending pakai tempat tidur tingkat besi minimalis seperti ini

tempat tidur tingkat besi via informa.co.id

Meski kelihatannya kecil, tapi tempat tidur tingkat besi seperti ini kuat dan kokoh kok. Karena tak begitu besar, tempat tidur ini akan cocok ditempatkan pada kamar kos berukuran 3Ɨ4 yang digunakan oleh dua orang. Biar tak kelihatan sumpek, minimalisir perkakas di tempat tidur dan pilihlah seprai dengan warna pastel atau netral serta hindari motif yang terlalu besar.

8. Sebenarnya kamu bisa bikin tempat tidur tingkat murah sendiri. Kalau mau agak effort, bisa dibikin model gantung seperti ini

tempat tidur tingkat murah via www.pinterest.co.uk

Kunci tempat tidur tingkat gantung seperti ini ada pada kekokohan perangkat material. Biar aman, baiknya kayu disematkan pada tembok langsung di masing-masing sisinya. Sebisa mungkin gunakan pondasi kayu dengan ukuran yang cukup besar supaya kuat menopang berat kasur dan badanmu nanti.

Selain membuat sendiri, tempat tidur tingkat juga bisa dibeli di gerai-gerai perabotan rumah tangga. Nggak mesti baru, kamu pun dapat membeli tempat tidur tingkat bekas di kota tinggalmu. Tapi biar nanti ukurannya sesuai, usahakan untuk mengecek langsung tempat tidurnya biar tak keliru dan pas saat dipasang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE