10 Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah. Bisa Pakai Meja Tempel Sederhana

Desain ruang kerja

Ruang kerja di rumah merupakan salah satu kebutuhan untuk menunjang produktivitas. Misalnya saat weekend harus menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah, atau jika harus lembur dan membawa pekerjaan ke rumah. Apalagi di masa pandemi yang kadang mengharuskan kita untuk Work From Home (WFH). Ruang kerja di rumah jadi tempat yang cukup krusial, lo.

Advertisement

Hal paling penting dalam desain ruang kerja minimalis di rumah adalah unsur kenyamanannya. Jadi meski banyak keterbatasan, tetap bisa produktif. Mendesain ruang kerja sendiri juga bisa meningkatkan mood, lo. Apalagi kalau desain ruang kerjanya disesuaikan dengan seleramu sendiri, dijamin tetap semangat kerja meski di rumah aja! Supaya nggak bingung kalau mau buat ruang kerja sendiri di rumah, yuk simak beberapa inspirasi desain ruang kerja minimalis berikut!

1. Manfaatkan ruangan yang sempit untuk bekerja dengan nyaman, nggak perlu di ruangan khusus yang penting bisa kondusif

Desain ruang kerja sempit ini terlihat lega karena penataan barang-barangnya yang tepat. Sekat tembok di kanan dan kiri bisa dijadikan pembatas area kerjamu dengan ruangan yang lain. Dinding hitam seperti ini juga bisa jadi alternatif papan tulis lo! Sekalian buat hiasan juga keren, kan?

Advertisement

2. Desain ruang kerja minimalis tapi semua kebutuhan bisa lengkap tersedia di meja

Salah satu cara menyiasati ruang kerja yang sempit dan memanjang supaya terasa lega adalah gunakan meja yang panjang seperti ini. Manfaatkan bagian bawah meja untuk dijadikan laci, supaya semua kebutuhan kerja mudah dijangkau tanpa harus berantakan di atas meja.

3. Ruang kerja modern dan maskulin seperti ini bisa jadi pilihan supaya tetap bisa produktif meski di rumah saja

Advertisement

Desain ruang kerja modern seperti ini terlihat lebih menenangkan. Apalagi dengan pemilihan warna gelap dengan pencahayaan yang cukup membuat matamu nggak gampang lelah. Pemilihan perangkat elektronik di meja kerja juga penting lo, supaya nggak memakan tempat tapi kebutuhan kerjamu juga terpenuhi.

4. Desain ruang kerja di rumah yang super nyaman, tetap homey tapi juga terasa seperti di kantor

Salah satu keuntungan bikin ruang kerja sendiri kita bisa menentukan vibes yang disesuaikan dengan kenyamanan sendiri. Misalnya, menata meja kerja seperti ini dengan banyak tanaman yang menyegarkan. Desain ruang kerja seperti ini selain terasa homey, juga nyaman banget. Bahkan vibes kantorannya juga terasa.

5. Manfaatkan pojokan ruangan untuk meja kerja. Alternatif buat kamu yang nggak punya space lebih untuk meletakkan meja

Biasanya sudut ruangan yang membentuk pojokan seperti ini dimanfaatkan untuk meletakkan lemari. Namun, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk meletakkan meja kerja, lo. Supaya nggak memakan tempat, gunakan meja tempel seperti ini. Selain terlihat minimalis, desain ruang kerja di rumah seperti ini cukup kecil tapi tetap nyaman.

6. Desain ruang kerja kecil yang hanya memanfaatkan sela antara lemari dan tembok. Bisa muat barang banyak, kalau penataannya tepat!

Ruang kerja mungil ini hanya memanfaatkan sudut ruangan yang kosong. Bahkan lebarnya kurang dari satu meter, tapi tetap muat untuk meja dan kursi. Nah, untuk mengakali penyimpanan barang, gunakan rak tempel seperti ini. Meski super simpel, desain ruang kerja kecil seperti ini terlihat nyaman kan?

7. Desain ruang kerja 2×2 dengan memanfaatkan sudut ruangan yang kosong bisa jadi pilihan yang tepat

Selain memanfaatkan kamar untuk ruang kerja, kamu juga bisa gunakan salah satu sudut ruangan lain di rumah untuk bekerja. Misalnya salah satu sisi ruangan dekat lorong seperti ini. Hanya butuh meja, kursi, lampu duduk jika perlu dan tambahkan rak tempel supaya mejamu yang sempit nggak terlalu penuh.

8. Manfaatkan sudut ruangan di dekat jendela besar untuk dijadikan ruang kerja bernuansa tropis yang ekonomis

Desain ruang kerja kantor seperti ini cukup ekonomis lo. Modal meja kayu dan kursi saja sudah cukup untuk membuat ruang kerja bernuansa tropis. Manfaatkan tanaman hias di rumah untuk ditata sedemikian rupa di sekitar meja kerja. Pilih sudut ruangan dekat jendela besar atau balkon supaya pencahayaannya lebih maksimal. Dijamin suasana WFH lebih rileks.

9. Ruang kerja yang memanfaatkan space kecil di kamar. Pakai meja tempel supaya nggak memakan tempat ya!

Kalau nggak punya ruangan yang bisa dijadikan ruang kerja, alternatifnya, buat space senyaman mungkin di kamar untuk meja kerja. Cukup modal papan dan siku besi untuk membuat meja tempel di dinding. Pilih sudut ruangan yang tepat, misalnya di depan jendela seperti ini. Selain bisa mendapat pencahayaan yang bagus, melihat suasana ke luar jendela juga bisa meningkatkan mood, lo.

10. Desain ruang kerja pribadi di rumah, super minimalis tanpa banyak barang. Nyaman banget, bisa sambil rebahan juga~

Jika punya ruangan lebih di rumah, bisa contoh desain ruang kerja pribadi seperti ini. Nggak perlu luas, yang penting bisa terasa privat, jadi nggak gampang terganggu kalau lagi zoom meeting. Cukup meja kerja lengkap dengan lampu duduk dan kursi yang nyaman. Nah, supaya bisa sambil nyantai, tambahkan sofa buat rebahan juga bisa.

Nah, itulah beberapa inspirasi desain ruang kerja minimalis di rumah dengan berbagai tema. Yuk, buat ruang kerja sendiri di rumah supaya WFH tetap semangat. Nggak perlu mewah, dengan barang seadanya pun tetap bisa nyaman kok!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE