9 Desain Rumah Type 36 yang Cocok untuk Pasutri Anyar. Bisa Ada Musalanya atau Dibikin 2 Kamar

Desain rumah type 36

Jika merujuk pada ukuran dan luasnya, ada beberapa tipe rumah yang umum di Indonesia. Biasanya, ukuran besar kecilnya rumah bisa diketahui melalui tipe-tipe yang dituliskan dengan angka, seperti rumah type 60 misalnya. Di antara banyaknya tipe tersebut, rumah type 36 bisa dibilang paling banyak peminatnya. Meski sebenarnya ada juga rumah type 21 yang lebih kecil atau rumah type 45 yang agak lebih besar. Umumnya, rumah type 36 ini diminati oleh masyarakat kalangan menengah atau mereka yang memang lebih suka tinggal di rumah mungil. Rumah type 36 ini pun masih dibagi lagi dalam dua ukuran, yakni rumah type 36/60 dan rumah type 36/70.

Advertisement

Angka 36 menjelaskan kalau luas rumah tersebut ialah 6×6 = 36 m².  Sedangkan angka 60 dan 70 merujuk pada penggunaan lahan di sekitar area rumah tersebut.

Mayoritas orang beranggapan jika ukuran 36 m² ini sebenarnya cukup proporsional untuk ditinggali keluarga kecil, karena umumnya bisa memuat dua kamar. Di samping itu, harga rumah type 36 juga lumayan bisa dijangkau oleh kantong masyarakat kalangan menengah. Meski tak begitu luas, rumah type 36 bisa kamu sulap bak istana raja yang mewah.  Ya, caranya ialah dengan mengutak-atik desain rumah type 36  yang berkaitan langsung dengan denah rumah type 36 itu sendiri. Makanya, jika kamu ingin mendapatkan rumah minimalis yang cantik, coba cek dulu beberapa inspirasi desain rumah type 36 sederhana dan mewah dari Hipwee Tips berikut.

1. Desain rumah type 36 satu lantai ini akan sangat cocok untuk pasangan yang baru saja menikah

tetap ada garasi juga via id.pinterest.com

Untuk mendapatkan kesan rumah yang lebih lapang, kamu bisa menggabungkan area ruang tamu dengan ruang keluarga atau bahkan dapur. Nantinya, kamar tidur bisa dibuat di rumah bagian depan, sedang satunya dekat dengan dapur. Biar gampang, kamar mandinya bisa kamu letakkan di antara kedua kamar tidur, ya! Desain rumah type 36 sederhana ini bisa diaplikasikan pada rumah KPR-mu nanti.

Advertisement

2. Kalau mau lebih maksimal, coba aplikasikan desain rumah type 36 2 lantai untuk hunian mungilmu

bisa jadi 3 kamar via interiordesign.id

Jika kamu mau menjaga privasi, aturlah lantai jadi dua bagian. Misalnya, lantai atas khusus keluarga dan lantai bawah untuk tamu. Di lantai atas, kamu bisa membuat tiga kamar tidur dan dua kamar mandi sekaligus asal ukurannya nggak begitu besar. Untuk lantai bawah, bisa kamu maksimalkan dengan membiarkan ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga jadi satu bagian utuh. Nggak perlu sekat, toh nggak ada hal-hal yang sifatnya pribadi banget kan di ruang-ruang tersebut.

3. Buat yang masih sendiri, bisa coba mengaplikasikan desain rumah type 36 1 kamar tidur seperti berikut

bisa buat yang masih single via forum.detik.com

Karena hanya butuh satu kamar saja, masing-masing ruangan bisa dibuat lebih luas. Bahkan kamu bisa membuat kamar mandi dengan model bathub serta mendesain dapur dan ruang makan layaknya bar. Meski begitu, baiknya jangan menggunakan terlalu banyak perabot agar kamar tidurmu lebih lapang dan nggak sumpek.

4. Meski dianggap mainstream, desain rumah type 36 2 kamar bisa kamu buat lebih menarik lo!

desain teraman dan paling diminati via freedesainrumahminimalis.blogspot.com

Misalnya dengan membuat taman kecil di sekitar teras atau taman semi outdoor di sudut belakang rumah. Buatlah sekat tepat di belakang kursi ruang tamu kalau kamu sangat peduli dengan privasi. Mau rumah yang lebih sehat? Mending kamar mandinya dibuat jauh dari dapur agar kuman di dalamnya nggak mengontaminasi bahan masakan.

Advertisement

5. Yang paling banyak dicari generasi milenial saat ini ialah desain rumah type 36 minimalis

rumah minimalis dengan dua kamar via www.99.co

Sebenarnya, penataan ruangnya hampir sama dengan rumah type 36 lainnya. Tapi di sini, kamu dianjurkan untuk tak memakai banyak barang di dalam rumah. Apalagi jika barang-barang tersebut warnanya cukup kontras. Pada rumah minimalis ini, kamu bisa membuat taman kecil semi outdoor yang terhubung langsung ke dapur dan kamar tidur. Penggunaan pintu geser dinilai lebih tepat untuk hunian tipe ini karena bisa memperluas ruang gerak.

Untuk ruang makan dan menjamu tamu, kamu bisa memaksimalkan area depan. Nah, biar kelihatan ada sekat antara ruang, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan furnitur atau karpet yang coraknya berbeda.

6. Kamu juga bisa menyontek desain rumah type 36 ada mushola seperti contoh denah di bawah ini

Jangan salah, meski rumahmu nggak begitu luas, musala tetap bisa kamu sediakan dalam satu ruangan sendiri. Letaknya bisa di antara dapur dan toilet keluarga. Ukuran musala nggak perlu terlalu besar kok, asal tetap nyaman digunakan untuk beribadah seluruh anggota keluarga. Kamu bisa buat musala berukuran 2 × 2 meter untuk rumah type 36 ini.

7. Aplikasikan desain rumah type 36 dengan dapur terbuka untuk mendapatkan kesan hunian yang lebih mewah

area dapur terbuka via id.pinterest.com

Desain rumah type 36 mewah bisa kamu ciptakan dengan membuat dapur terbuka di dalamnya. Nggak harus mengorbankan satu ruangan demi mengadakan dapur terbuka ini, kamu bisa kok memanfaatkan taman semi indoor di belakang rumahmu. Sekalipun konsepnya dapur terbuka, kamu tetap perlu menyiapkan ruang makan yang dekat dengannya. Biar nggak repot saat menata makanan dan kamu pun nggak perlu repot berjalan agak jauh karena dapur dan ruang makan yang berjarak.

8. Desain rumah type 36 bertingkat berbeda dengan desain rumah untuk dua lantai. Soalnya, kamu juga bisa mendesain ruang setengah tingkat pada rumah model ini

satu kamar di bawah, dua di atas via www.designrumah.co.id

Ya, bisa dibilang pakai lantai satu setengah. Biasanya, model rumah seperti ini diprioritaskan untuk keluarga yang memiliki anak lebih dari dua. Tujuan dibuat setengah lantai ini supaya setiap ruangan dalam rumah bisa dimaksimalkan tanpa perlu membangun satu lantai utuh lagi. Jadi cuma bongkar dan menaikkan atapnya saja.

Di ruang setengahnya, kamu bisa membuat dua kamar tidur untuk anak dan satu ruang bersantai yang bisa dipakai untuk kumpul keluarga. Baiknya, lantai setengah ini dibuat agak ke belakang agar lantai dasar bisa mendapatkan cahaya yang cukup.

9. Banyak kok cara mewujudkan desain rumah type 36 agar terlihat luas. Misalnya, dengan menerapkan konsep open space

desain rumah tipe 36 via www.pinterest.ca

Tenang, open space bukan berarti membiarkan seluruh ruang dalam rumah terbuka kok. Kamu tetap boleh membatasi kamar tidur, dapur, dan kamar mandimu. Baiknya, kamar tidur dibuat berjejer di bagian kanan rumah. Sebelah kiri bisa digunakan untuk dapur dan kamar mandi. Nah, bagian tengah inilah yang bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan konsep open space-nya nanti. Maksudnya, ruang tamu serta keluarga dibuat tak bersekat yang mana pintu depan pun bisa kelihatan dari belakang juga.

Saat membeli rumah, coba pertimbangkan denah yang ditunjukkan oleh penjual dan developer biar kamu ada gambaran bagimana cara mengaturnya nanti. Meski tak seluas rumah type 45, 60, atau bahkan 100, rumah type 36 bakal nggak kalah nyaman kok!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE