9 Desain Taman Rumah Mulai dari yang Sederhana Sampai Modern. Bikin Suasana Jadi Segar dan Adem

Desain taman rumah

Sekalipun tak punya halaman yang luas, semua orang sebenarnya bisa membuat taman di rumahnya. Tak harus mewah, taman rumah sederhana cantik pun sudah cukup bisa membuat rumah jadi lebih nyaman. Nanti, kalau tamannya sudah ada, kamu bisa duduk-duduk sambil menikmati sore di area tersebut. Tapi, kalau ingin mewujudukan desain taman rumah yang sesuai keinginan, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan dulu, seperti model tata letak hingga luas lahan yang akan digunakan.

Advertisement

Tak perlu bingung, desain taman rumah kini sudah makin beragam. Nantinya desain taman rumah ini bisa disesuaikan dengan luas lahannya. Tapi, baiknya kamu pun perlu tahu, kalau eksekusi untuk membuat taman depan rumah lahan luas tak akan sama dengan taman rumah sederhana di desa. Selain jelas karena luas lahannya tak sama, tanaman serta penataannya pun mesti disesuaikan kembali. Sebab, tak semua tanaman bisa tumbuh di lahan tertentu.

Meski begitu, kamu nggak perlu khawatir, Hipwee Tips punya beberapa rekomendasi desain taman rumah yang bisa disesuaikan dengan lahan atau halaman rumahmu nanti. Tenang, ada juga bocoran bagaimana cara menatanya juga. Yuk, simak dulu!

1. Menata taman depan rumah sederhana bisa dilakukan dengan memaksimalkan area teras

taman di teras rumah via www.instagram.com

Ternyata, cara membuat taman depan rumah nggak harus selalu di halaman terbuka. Bahkan, kamu bisa membuat taman rumah di area teras yang beratap. Karena tak memungkinkan untuk ditanam langsung ke tanah, maka kamu bisa memanfaatkan pot sebagai media tanamnya. Biar nggak berantakan, kamu bisa menaruh pot di lantai maupun rak. Baiknya, pilih bunga dengan kelopak besar dan warnanya senada dengan eksterior rumah agar terlihat lebih serasi dan cantik.

Advertisement

2. Maksimalkan sisa space di area samping rumah untuk mewujudkan desain taman sederhana yang sesuai dengan seleramu

taman di samping kamar via www.instagram.com

Pengen bikin taman tapi nggak punya lahan? Tenang! Coba deh cek dulu area samping dapur atau kamar tidurmu. Biasanya dua area tersebut punya sisa space kosong yang bisa kamu manfaatkan lo! Nah, kamu bisa mengaplikasikan desain taman rumah kecil pada area tersebut. Karena lahannya terbatas, tanaman rambat lebih direkomendasikan untuk diaplikasikan pada taman mungil ini. Meski begitu, kamu boleh memadukannya dengan tanaman dalam pot lantai asal jumlahnya nggak banyak dan ukurannya bisa disesuaikan.

3. Tak ada salahnya jika area tangga depan rumah disulap jadi taman minimalis

taman di tangga depan rumah via www.instagram.com

Taman minimalis depan rumah 2017 lalu mulai memanfaatkan tangga sebagai lahannya lo! Biasanya, ini dilakukan supaya tanaman terhindar dari genangan air akibat hujan. Kamu bisa menaruh tanaman di pot-pot kecil yang diletakkan di area samping tangga. Kalau sisi sebelah tangga masih ada space kosong, bisa kamu manfaatkan untuk membuat air terjun mini yang sampingnya pun dikelilingi bunga-bunga cantik.

4. Untuk mewujudkan desain taman minimalis di lahan sempit, kamu bisa menerapkan konsep living wall atau pot gantung lo!

konsep living wall via id.pinterest.com

Konsep living wall bisa diterapkan sebagai alternatif  desain taman rumah type 30/36 atau full bangunan karena tak membutuhkan lahan lagi untuk meletakkan bunganya nanti. Pada konsep tanam ini, kamu hanya butuh dinding kosong serta kayu atau besi penyangga yang dipakai untuk menaruh pot berisi tanamannya nanti. Atau, kamu bisa mengandalkan pot gantung yang ditaruh secara vertikal untuk meminimalisir penggunaan lahan. Beberapa tanaman yang cocok untuk living wall di antaranya peace lily, garbera daisy, atau lavender.

Advertisement

5. Untuk desain taman rumah belakang, kamu bisa menggunakan model rumput terbuka yang dipadukan dengan kerikil maupun bebatuan

desain taman belakang rumah via alvindayu.com

Menaruh rumput hijau seperti rumput teki dan gajah di area tengah taman bisa membuat tempat ini kelihatan lapang. Agar tak mengganggu rumput hijau yang dijadikan titik fokus, baiknya tanaman diletakkan di sekelilingnya dengan memperhatikan komposisinya. Kalau nggak mau kelihatan monoton, boleh dipadukan dengan bebatuan maupun kerikil. Jadi, di taman nanti warnanya nggak cuma hijau. Desain taman rumah sederhana ini ternyata juga cocok diaplikasikan  sebagai desain taman rumah minimalis type 36 yang punya sisa lahan di belakangnya.

6. Bahkan, kamu juga bisa bikin desain taman rumah mewah sekalipun lahannya terbatas

taman ala Jepang via www.arsitag.com

Modelnya nanti, bisa pakai desain taman rumah minimalis modern yang identik dengan warna putih. Atau, kamu bisa bikin taman ala Jepang yang dipenuhi dengan rerumputan, pohon, semak, dan bebatuan alami. Kombinasi alami ornamen tersebut akan membuat halaman rumah kelihatan lebih elegan dan modern lo! Meski begitu, konsep ini pun tetap boleh dipakai sebagai untuk membuat desain taman rumah minimalis type 36 lo! Tapi baiknya, pastikan komposisi masing-masing ornamen seimbang agar taman serasi dengan rumah.

7. Hari-hari ini sudah banyak yang menghadirkan taman minimalis dalam rumah. Kamu pun bisa mencoba lo!

taman mini dalam rumah via id.pinterest.com

Sebelum membuat desainnya, tentukan dulu tema yang mau dipakai — mau taman mini di tengah ruang atau semi indoor di sudut rumah. Kalau memang benar-benar tak ada lahan, mending bikin taman mini di tengah ruang saja. Nanti tinggal taruh beberapa tanaman agar bisa dijadikan center point dalam rumah. Memang kecil, tapi bakal kelihatan menarik kalau kamu pintar memilih tempat peletakannya. Umumnya, konsep ini juga sering dipakai sebagai desain taman rumah subsidi yang ukurannya mungil.

8. Alternatif lain yang bisa dipakai ialah dengan membuat taman minimalis di balkon rumah

taman di balkon via www.instagram.com

Biasanya, konsep ini dipakai buat mereka yang tinggal di gedung apartemen. Kamu bisa menaruh tanaman dalam pot berbagai ukuran yang diletakkan di lantai, rak, maupun gantung. Jangan kaget, meski taman di balkon cenderung kecil, kamu tetap bisa menggunakannya sebagai tempat bersantai lo! Caranya dengan menambahkan kursi kecil atau hammock agar bisa dipakai duduk-duduk saat sore. Simpel memang, tapi berkesan.

9. Kalau ada halaman, coba deh manfaatkan jalan setapaknya untuk jadi taman minimalis yang cantik

taman di jalan setapak via www.arsitag.com

Area jalan ini bisa kamu beri bebatuan sebagai pijakannya. Nah, sisi kanan kirinya boleh kamu taruh tanaman hijau lo! Biar makin asri, kamu pun bisa menanam rumput teki di sekitar jalan setapak ini nanti. Kelihatan kuno, padahal konsep ini sudah sering dipakai untuk membuat desain taman rumah 2019 lo! Nggak kudu luas, bahkan di halaman rumah yang kecil pun kamu tetap bisa membuatmu kok.

Desain taman rumah tak hanya bisa diaplikasikan pada hunian yang punya halaman luas. Sekalipun rumahmu kecil atau bahkan nggak punya lahan sisa, taman tetap bisa diwujudukan kok. Misalnya, dengan menerapkan konsep taman vertikal atau pot gantung. Sekarang semua bisa diakali asal paham komposisi dan cara tatanya. Selamat mencoba dan mempraktikkan desain taman rumah di atas, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE