Selain beraroma segar, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Segelas es jeruk di siang hari yang panas tentu akan dengan cepat mengusir rasa dahagamu, sekaligus membuat tubuhmu kembali segar.

Namun selain segar dikonsumsi, jeruk nipis juga memiliki beragam manfaat yang tak banyak orang tahu. Misalnya saja sebagai penyegar lemari es, membuang racun dari dalam tubuh, hingga mencegah karat dari barang-barang yang terbuat dari logam. Untuk kegunaan yang lebih lengkapnya lagi, mari simak ulasan Hipwee berikut ini:

1. Sebelum makan maupun minum apapun di pagi hari, konsumsilah campuran air hangat dan perasan jeruk nipis untuk mengusir racun dari dalam tubuhmu

Perasan jeruk nipis dan air hangat

Perasan jeruk nipis dan air hangat via www.busywifebusylife.com

Advertisement

“Kalo minum jeruk di pagi hari, emang nanti nggak mules ya ?”

Mungkin pertanyaan itulah yang akan muncul pertama kali di dalam pikiranmu. Memang benar bahwa makan-makanan asam di pagi hari dapat berpotensi membuat perutmu sakit. Namun hal itu justru hanya akan terjadi jika sebelumnya kamu telah makan atau minum sesuatu di pagi hari.

Meminum perasan jeruk dan air hangat sebelum mengkonsumsi apa-apa tidak akan membuat perutmu mulas. Justru kamu akan mendapati tubuhmu menjadi lebih sehat. Pasalnya, ramuan ini akan mengaktifkan lambung dan pencernaanmu, sekaligus membuang racun dari dalam tubuhmu.

2. Jika ingin sesuatu yang berbeda, honey lemon shot juga layak kamu coba agar kamu semangat menghadapi hari

Honey lemon shot

Honey lemon shot via www.alodita.com

Advertisement

Beberapa bulan yang lalu, pengguna internet di Indonesia ramai memperbincangkan ramuan alami yang terbuat dari campuran madu dan perasan lemon. Diperkenalkan oleh seorang blogger bernama Andra Alodita, sebenarnya ramuan ini bukanlah hal baru. Namun baru booming di Indonesia ketika wanita yang juga berprofesi sebagai fotografer ini mengkampanyekan minuman ini melalui akun Instagramnya.

Cukup mudah untuk meracik ramuan ini. Kamu hanya memerlukan 2-3 sendok makan madu murni, kemudian campur mengunakan air perasan lemon yang telah dipotong menjadi dua bagian. Jika memakai lemon, cukup setengah saja, dan jika menggunakan jeruk nipis, gunakan sebutir penuh. Aduk rata, kemudian minum ramuan itu segera. Pastikan kamu menggunakan madu murni dan jeruk yang masih segar ya.

Ramuan ini juga bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, dan berfungsi sebagai bekal untuk menghadapi hari, karena madu mengandung gula dan kalori yang tinggi, sehingga energimu akan terpenuhi.

3. Cuaca panas di siang hari bisa kamu kibas dengan memakai lemon infused water, yang selain segar juga dapat meredakan radang tenggorokan

Infused water yang segar

Infused water yang segar via www.youtube.com

Bosan jika hanya mengkonsumsi air putih? Nggak mau minum es buah maupun sirup di siang hari karena kandungan gulanya yang tinggi? Mengkonsumsi infused water bisa jadi pilihan bijak untuk diri sendiri.

Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu mengiris-iris tipis buah lemon maupun jeruk nipis, lalu kemudian masukkan ke dalam botol. Isi botolnya dengan air, lalu tutup rapat. Setelah itu, masukkan botol ke kulkas, dan tunggu hingga beberapa jam sebelum bisa dikonsumsi. Sebaiknya sih meracik ramuan satu ini di malam hari, atau pagi hari agar siangnya bisa langsung dikonsumsi.

Jika kamu sakit tenggorokan, itu tandanya kamu berada dalam gejala flu. Sebelum kamu flu sungguhan, lebih baik cegah dengan meminum infused water dari dengan buah lemon.

4. Punya masalah dengan ketombe? Perasan jeruk nipis bisa mengusirnya dengan mudah

Bisa untuk menghilangkan ketombe

Bisa untuk menghilangkan ketombe via www.wikihow.com

Daripada membeli shampo yang berbau tak sedap serta berharga mahal, bukankah lebih bijak jika kamu memenafaatkan air perasan jeruk nipis supaya ketombe di kepalamu bisa hilang?

Kamu hanya perlu menggunakan dua sendok makan air perasan jeruk nipis, kemudian usapkan ke kulit kepalamu. Lalu setelahnya, campur satu sendok makan air perasan jeruk nipis kedalam segelas air, dan bilas rambutmu dengan larutan itu. Jika kamu rutin melakukan perawatan ini, dijamin ketombe di kepalamu akan kabur.

5. Komedo dan minyak berlebih di wajah juga dapat diusir menggunakan jeruk nipis

Membersihkan wajah

Membersihkan wajah via www.erojana.com

Meskipun sudah tak lagi remaja, masalah minyak berlebih, komedo, serta jerawat mungkin masih sering menghampiri kulit wajahmu. Sebelum pergi pergi ke dokter kulit maupun klinik kecantikan yang berharga mahal, cobalah mengusir jerawat dan komedo hanya dengan jeruk nipis. Caranya mudah, gosok-gosokkan saja potongan jeruk nipis ke kulit wajahmu. Potongan jeruk nipis itu akan mengangkat minyak dan kotoran berlebih dari wajahmu.

6. Untuk membuat daging supaya lembut, kamu bisa merendamnya dengan air jeruk nipis

Asam dalam jeruk bisa membuat daging lembut

Asam dalam jeruk bisa membuat daging lembut via lechicbynadia.com

Kamu yang baru saja belajar memasak mungkin belum tahu bagaimana caranya agar bau daging yang baru kamu beli di pasar bisa tersamarkan. Mungkin juga, kamu mencari cara agar daging yang kamu masak bisa lebih empuk dan lembut. Salah satu cara yang mudah adalah dengan merendam dagingmu itu di dalam perasan air jeruk. Asam yang terkandung dalam air jeruk akan melunakkan serat dan otot-otot di dalam daging.

7. Aroma lemari es yang tak sedap juga dapat ditangani menggunakan potongan lemon maupun jeruk nipis

Pengharum lemari es

Pengharum lemari es via dailynewsdig.com

Cukup gunakan jeruk nipis yang telah diperas. Karena justru aroma jeruk berasal bukan dari daging buahnya, melainkan dari kulitnya. Kulit jeruk jika diletakkan dalam kulkas akan dapat membantu melawan aroma tak sedap yang berasal dari bahan makanan. Jadi, kamu tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli produk penghilang bau yang harganya mahal.

8. Jika kamu mendapati koleksi piala maupun uang logam yang berkarat, gosok saja dengan potongan jeruk nipis

Menggosok logam dengan jeruk nipis

Menggosok logam dengan jeruk nipis via www.homedit.com

Asam dan garam yang terkandung di udara, secara tak langsung akan menimbulkan oksidasi, dan berakibat pada munculnya karat pada barang-barang yang terbuat dari logam. Jeruk nipis memiliki kandungan yang dapat membersihkan karat yang menempel pada logam. Bahkan Patung Pancoran setinggi 11 meter dibersihkan menggunakan jeruk nipis. Dan konon katanya, jeruk nipis sudah dipakai sejak zaman dahulu untuk membersihkan senjata seperti keris.

Bukti ilmiahnya adalah karena asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis akan melarutkan logam yang teroksidasi, sehingga proses oksidasi dapat diperlambat. Jika patung pancoran yang sebesar itu saja bisa dibersihkan dengan jeruk nipis, sudah sangat meungkin koleksi pribadimu yang terbuat dari logam juga bisa dibersihkan.

9. Jaket atau dompet kulit yang bernoda juga dapat diatasi menggunakan jeruk nipis

Jeruk juga dapat untuk membersihkan kulit

Jeruk juga dapat untuk membersihkan kulit via www.voyejstore.com

Yang perlu kamu butuhkan untuk membersihkan barang-barang yang terbuat dari kulit adalah pertama-tama bersihkan jaketmu menggunakan sikat halus untuk membuang kotoran serta debu yang menempel. Kemudian peras jeruk nipis, dan letakkan cairan jeruk itu pada sebuah mangkuk kecil. Lalu celupkan kain lembut pada cairan jeruk nipis, baru kemudian gunakan untuk membersihkan jaket kulitmu.

Itulah beberapa kegunaan jeruk nipis yang selain sehat, namun juga dapat dimanfaatkan untuk hal-hal lain. Tentunya cara ini akan lebih bisa menghemat uangmu dan tentunya lebih ramah lingkungan bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya