Ada yang belum tahu apa itu face mistItu lo, produk perawatan wajah berbentuk cair yang dikemas dalam botol spray. Cara penggunaannya tinggal disemprotkan ke wajah, mudah menyerap, dan praktis untuk dibawa ke mana-mana. Biasanya face mist mengandung bahan-bahan tertentu yang bermanfaat untuk wajah mulai dari menyegarkan, melembapkan, hingga merawat wajah yang bermasalah. Hampir setiap brand kecantikan menyediakan face mist dalam koleksi produknya dan dibanderol mulai dari harga yang terjangkau hingga yang mahal sekalipun.

Nah, buatmu yang rutin menggunakan face mist sebagai salah satu produk skincare andalan, berikut Hipwee berikan tips membuat face mist sendiri dari bahan alami yang bermanfaat untuk kulit wajah dan tentunya hemat biaya.

1. Tak hanya melembapkan kulit, face mist yang terbuat dari mentimun juga mengontrol kelebihan minyak pada wajah

mentimun via blog.fusionteas.com

Advertisement

Kandungan kadar air dan astringen dalam mentimun ampuh untuk melembapkan, mengontrol kelebihan minyak, dan mengurangi peradangan pada kulit wajah. Mentimun juga mengandung phytochemical yang membantu memproduksi kolagen sehingga juga berfungsi menjaga elastisitas kulit wajah.

Cara membuatnya:

Kupas 1 atau 2 buah mentimun, lalu blender hingga halus. Saring larutan untuk menghilangkan ampasnya, lalu tuangkan air mentimun ke dalam botol spray.

2. Face mist yang terbuat dari teh hijau mengandung antioksidan alami yang ampuh meremajakan kulit dan merawat kulit berjerawat

Advertisement

Karena itulah face mist teh hijau ini cocok digunakan bagimu yang punya tipe kulit berjerawat karena polifenol dalam teh juga berfungsi sebagai antiinflamasi bagi kulit yang teriritasi.

Cara membuatnya:

Masukkan 2 kantong teh hijau celup ke dalam air mendidih selama satu jam. Biarkan hingga dingin. Tuangkan ke dalam botol spray dan face mist teh hijau siap digunakan.

3. Kombinasi daun mint dan perasan air lemon sangat baik untuk membersihkan dan mencerahkan kulit

lemon+daun mint via shopee.com.my

Air lemon mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencerahkan kulit, mengontrol kekusaman, melembapkan, dan menyegarkan kulit. Jika dikombinasikan dengan daun mint, maka manfaatnya akan menjaga kulit tetap segar dan terhindar dari bakteri dan kuman.

Cara membuatnya:

  • Cuci bersih 10 lembar daun mint
  • Campurkan dengan 2 sdm perasan air lemon dan air bersih secukupnya
  • Masukkan ke dalam botol spray dan face mist siap digunakan
4. Perpaduan air kelapa dan lidah buaya  menjadikan face mist alami ini mampu melawan penuaan pada kulit sekaligus menenangkan iritasi

lidah buaya+air kelapa via istyle.id

Air kelapa mengandung sitokinin yang dikenal dapat meregenerasi sel juga merupakan zat anti penuaan yang ajaib. Sedangkan lidah buayanya akan melembapkan sekaligus menenangkan iritasi kulit.

Cara membuatnya:

Campurkan air kelapa dan jus lidah buaya dengan takaran yang sama ke dalam botol spray. Kamu bisa semprotkan face mist ini setiap sebelum tidur atau kapan pun diperlukan.

5. Kombinasi air mawar dan minyak jojoba membantu bersihkan pori-pori dan menjaga keseimbangan pH kulit wajah

air mawar+minyak jojoba via www.thesundaygirl.com

Air mawar bisa digunakan oleh semua jenis kulit, entah itu berminyak, kering, atau kombinasi. Sifat astringen yang dimilikinya akan membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat sekaligus mengencangkannya. Air mawar juga membantu mempertahankan keseimbangan pH kulit wajah. Sedangkan minyak jojoba menjaga kulitmu tetap terhidrasi karena sifatnya yang mampu mengunci kelembapan pada kulit.

Cara membuatnya:

Campurkan setengah cangkir air mawar dan 1 sdm minyak jojoba ke dalam botol spray. Semprotkan face mist ini pada wajah tiap sebelum tidur.

Gimana? Mudah bukan membuat face mist sendiri dari bahan-bahan alami? Agar kesegaran face mist ini lebih tahan lama, kamu bisa menyimpannya di dalam lemari es dan disarankan untuk menggunakannya nggak lebih dari 10 hari, ya. Jadi sedikit demi sedikit aja bikinnya. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya