Cukup Melihat 6 Tampilan Luarmu ini, Dokter Langsung Bisa Tahu Apa yang Terjadi Pada Tubuhmu

Dokter prediksi kondisi tubuh

Kita terbiasa periksa ke dokter ketika sakit. Selain untuk mendapatkan obat, kita juga pengen tahu kondisi tubuh yang sebenarnya. Percaya nggak percaya, saat kamu datang dan mulai berkonsultasi, dokter bisa langsung memprediksi kondisi tubuhmu lo.

Yup, selain memeriksa pasien dengan mengecek mulut, mata, suhu tubuh, hingga detak jantung, dari melihatmu saja dokter sudah bisa tahu apa yang terjadi dengan tubuhmu. Berikut beberapa hal yang kerap diprediksi oleh dokter dan bisa kamu pelajari juga.

1. Dokter akan memperhatikan postur tubuh pasiennya saat pertama kali masuk ruangan

postur tubuh terbuka tanda bahagia via twitter.com

Advertisement

Menurut dokter Lillie Rosenthal, MF, DO sebagaimana dilansir dari The Healthy, jika pasien datang dengan bahasa tubuh yang ‘terbuka’ dan menunjukkan kepercayaan diri, kemungkinan besar hidupnya bahagia karena kondisi kesehatannya akan lekas membaik.

Sementara pasien yang gerakannya lambat, punggung membungkuk, dan wajahnya menunduk pertanda kalau sedang tidak sehat, kurang energi, atau depresi.

2. Lingkaran hitam di sekitar mata nggak selalu berarti kurang tidur, tapi juga bisa jadi pertanda kesehatanmu

lingkaran gelap di bawah mata via www.goodtoknow.co.uk

Selama ini, mata panda kerap disebabkan karena kurang tidur, kelelahan, atau terlalu sering menatap layar komputer. Di sisi lain, mata panda juga pertanda kalau ada masalah di dalam tubuhmu. Terutama jika disertai dengan kulit pucat.

Advertisement

Dikutip dari India Times, lingkaran hitam ini bisa menunjukkan penyakit anemia karena kekurangan hemoglobin dan kadar zat besi yang rendah.

3. Suara serak dapat menunjukkan kebiasaan merokok

suara serak kemungkinan karena sering merokok (photo: Flo Luetzel) via www.pexels.com

Seorang dokter kulit Anna D. Guanche MD menjelaskan bahwa ia dapat mengetahui seorang perokok dari suaranya yang serak karena pita suara yang terganggu. Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang bikin tenggorokan terasa kering dan panas dan jadi penyebab suara serak dan bergetar. Selain itu, dokter juga bisa mendeteksi perokok dari bau rokok yang muncul dari napas, pakaian, dan kuku yang menguning.

4. Penyebab bau mulut juga nggak cuma berasal dari kebiasaan yang kurang bersih, bisa juga karena diabetes

bau mulut jangan disepelekan via www.health.com

Seorang ahli jantung dan spesialis gizi, Luiza Petre, MD, mengatakan bahwa bau mulut bisa menunjukkan kalau seseorang menderita diabetes. Penderita diabetes nggak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk energi. Karenanya, tubuh akan mengambil lemak untuk dibakar yang menghasilkan keton. Proses pembakaran lemak menjadi energi untuk menggantikan peran insulin inilah yang menimbulkan bau mulut.

5. Wajah jerawatan bisa terjadi karena asupan gizi yang buruk

jerawat pun bisa menunjukkan kondisimu (photo: SharonMcCutcheon) via pixabay.com

Asupan gizi yang kurang baik bisa berpengaruh terhadap kondisi wajah. Mayoritas makanan yang menimbulkan jerawat yakni makanan yang bisa meningkatkan gula darah seperti keripik kentang, kue, soda, makanan dan minuman olahan susu, serta makanan berminyak.

6. Mata bengkak juga jangan disepelekan. Ini pertanda kalau kesehatanmu sedang terganggu

jangan disepelekan via www.allaboutvision.com

Sama halnya dengan jerawat, mata bengkak juga banyak penyebabnya. Bisa karena alergi, gigitan serangga, kista, atau penyumbatan kelenjar minyak pada mata, atau iritasi mata yang disertai mata merah dan gatal. Karena itu, dokter akan memeriksa kondisi matamu lebih jauh untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi dengan tubuhmu.

Dokter memang bisa mengetahui kondisi seseorang dari melihat fisiknya saja. Tapi dokter juga akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi tubuh pasien sebenarnya. Karena itu, berikan penjelasan secara detail mengenai keadaanmu saat berkonsultasi ke dokter, ya! Jangan diam dan ya ya saja~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE