6 Hal ini yang Terjadi pada Tubuh Kalau Kurang Makan Karbo. Nggak Cuma Bikin Lemas Saja lo!

Efek kurang karbo

Nggak cuma dari nasi, karbo (karbohidrat) juga bisa didapatkan dari kentang, umbi-umbian, maupun dari tepung. Makan karbo dinilai sebagai salah satu penyebab obesitas, apalagi karbo olahan. Karenanya, banyak orang mulai mengurangi konsumsi karbo dengan berdiet agar bisa terhindar dari kegemukan.

Advertisement

Memang disarankan untuk nggak berlebihan mengonsumsi karbo, tapi kalau tubuhmu kekurangan karbo, malah jadi risiko. Apalagi kalau nggak makan nasi setiap harinya, misal. Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi pada tubuhmu jika kekurangan asupan karbohidrat.

1. Kurang karbo bisa bikin kamu jadi lesu hingga sakit kepala

lesu dan sakit kepala via www.healthline.com

Karbohidrat memberikan cadangan glukosa dan glikogen yang bikin tubuh lebih berenergi. Kalau asupan karbo berkurang, tubuh jadi mudah lesu karena kehilangan bahan bakar utama. Kalau sudah nggak ada tenaga, lama kelamaan jadi sakit kepala.

2. Memangkas konsumsi karbohidrat juga bisa menyebabkan kram otot

kram otot via www.premierhealth.com

Tubuh mungkin dehidrasi, kekurangan potasium, magnesium, dan zat lainnya jika kamu nggak mengonsumsi karbohidrat yang cukup. Biar tetap aman, tambahkan porsi minum air putihmu menjadi 11 gelas per hari kalau lagi ngurangin makan karbo.

3. Karena nggak cukup serat, kamu jadi berisiko mengalami sembelit

sembelit via www.mydr.com.au

Kalau memang mau menurunkan porsi makan karbo, pastikan bahwa kandungan serat dalam tubuh tetap bercukupi. Konsumsi sayuran seperti brokoli dan kacang-kacangan untuk menambah serat.

4. Meski banyak yang nggak percaya, tapi kurang karbohidrat juga bisa bikin mulut bau lo!

bau mulut via www.health.com

Saat nggak mengonsumsi karbo, tubuh cenderung mengeluarkan air dalam bentuk keringat yang bikin mulut jadi lebih kering. Mulut yang kering cenderung mengeluarkan bau tak sedap.

5. Bahkan, otot dalam tubuh pun bisa saja mengalami penyusutan akibat kurang karbohidrat

penyusutan otot via www.medicalnewstoday.com

Karbohidrat berperan dalam pembentukan otot. Kalau konsumsinya kamu kurangi, tubuh bisa mengalami ketosis, yakni membakar lemak sebagai energi. Saat hal ini terjadi, kita pun akan kehilangan jaringan lemakĀ  yang bikin otot jadi menyusut.

Advertisement

6. Ketosis juga bisa menyebabkan seseorang mengalami ruam kulit

Meski hingga kini masih diteliti, namun beberapa orang mengeluh bahwa jika asupan karbonya kurang, mereka akan mengalami ruam dan kemerahan di area leher, punggung, dan perut. Melansir dari laman Kompas, efek ini biasanya terjadi pada mereka yang tinggal di wilayah Asia. Makanya, ini pun kerap dikaitkan dengan suhu udara di suatu tempat.

Meski mengurangi karbo juga memiliki manfaat bagi tubuh, namun kamu nggak boleh melakukannya secara ekstrem. Apalagi, kalau kamu mendadak menghentikan makan nasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Berkonsultasilah dengan ahli nutrisi supaya tahu asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE