7 Feng Shui Dapur yang Undang Energi Positif dan Banyak Rezeki

Feng shui dapur

Dapur menjadi salah satu ruangan yang paling penting dalam rumah. Di area makan ini, keluarga biasanya berkumpul untuk menikmati hidangan atau sekadar berbincang. Namun, seringkali penataan dapur yang tidak tepat dan perawatan yang kurang membuat para penghuni rumah enggan untuk ke dapur. Supaya hal itu nggak terjadi, kamu bisa menerapkan pengaturan tempat yang ada dalam sistem Cina kuno yang disebut feng shui.

Advertisement

Feng shui berbicara mengenai bentuk dan arah. Bentuk artinya tata letak bangunan secara umum, sementara arah berbicara tentang distribusi energi berdasarkan arah dan waktu. Dapur menjadi salah satu ruangan yang mesti dirancang dengan baik karena dipercaya bisa mendatangkan rezeki bagi penghuni rumah. Feng shui dapur yang baik perlu memperhitungkan keberadaan eleman air, api, hingga logam. Apa saja tips feng shui dapur yang bisa kita terapkan di tahun 2022 ini?

1. Pertama, perhatikan lokasi dapur supaya jangan berada di tengah rumah

tentukan posisi dapur berdasar feng shui | Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Posisi dapur menurut feng shui bisa pengaruh kepada rezeki pemilik rumah. Maka dari itu, lokasi pertama yang sebaiknya kamu hindari untuk meletakkan ruangan dapur adalah di tengah rumah. Dalam ilmu feng shui, posisi tengah merupakan jantung rumah yang sebaiknya digunakan untuk ruang keluarga. Selain tengah rumah, jangan pula meletakkan dapur berhadapan langsung dengan kamar mandi. Feng shui dapur merupakan elemen api dan kamar mandi merupakan elemen air, sehingga kamar mandi bisa mematikan unsur api di dapur.

2. Kedua, pisahkan elemen air dan api di dapur, wastafel dan kompor contohnya

Pisahkan tempat cuci piring dan kompor | Photo by Charlotte May from Pexels

Ilmu feng shui berhubungan dengan aliran energi supaya selaras dan hidup dalam harmoni. Oleh karena itu, pastikan kamu memisahkan dua elemen penting di dapur, yaitu air dan api. Elemen air di dapur di antaranya adalah tempat cuci piring dan lemari es. Sementara itu, elemen api di dapur adalah kompor. Feng shui dapur terbuka tidak boleh meletakkan kedua elemen itu bersisian karena bisa mendatangkan perselisihan dan energi negatif. Penyusunan terbaik di dapur adalah dengan meletakkannya membentuk segitiga.

Advertisement

3. Ketiga, tempatkan kompor di dekat pintu dapur supaya tidak memancing energi negatif

Penempatan kompor tidak bisa sembarangan | Photo by Pixabay via Pexels

Dalam ilmu feng shui, penempatan kompor di dapur tidak bisa sembarangan. Letakkan kompor dekat dengan pintu sehingga saat memasuki dapur benda itu terlihat jelas. Feng shui kompor dapur di depan  pintu dan di sisi selatan atau timur lebih baik. Namun, jangan dihadapkan ke arah pintu secara langsung atau meletakkannya di sudut ruangan. Posisi yang salah dipercaya bisa memancing energi negatif.

4. Keempat, jangan menempatkan dapur di bawah kamar mandi atau kamar tidur

Jangan tempatkan dapur di samping kamar tidur | Photo by Max Vakhtbovych via Pexels

Kalau kamu memiliki rumah bertingkat, pastikan dapur tidak berada di bawah kamar mandi atau kamar tidur. Hal itu karena elemen api dari dapur bisa mengeluarkan energi negatif bagi orang yang menempati kamar tidur. Dapur juga sebaiknya tidak bersebelahan dengan kamar tidur karena bisa berdampak pada keharmonisan rumah tangga menurut feng shui. Selain itu, posisi kamar mandi di atas dapur juga bisa memberikan energi negatif karena aktivitas kotor di dalamnya.

5. Kelima, hadirkan warna cerah di dapur sesuai dengan letaknya

Pilih warna cerah untuk interior dapur | Photo by Saviesa Home from Pexels

Selain penempatan dapur, warna interior dan perabotan dapur juga perlu diperhatikan. Dalam feng shui, warna cerah sebaiknya kamu pilih untuk interior dan perabotan dapur. Menurut feng shui, kalau dapur rumahmu hadap mana saja di sisi utara, kamu bisa memilih warna biru, hitam, dan abu-abu. Selanjutnya, feng shui dapur rumah hadap manapun di selatan bisa memilih warna merah, oranye, dan kuning. Feng shui dapur rumah yang menghadap mana saja di timur bisa memilih warna hijau, cokelat, dan biru muda. Sementara itu, feng shui dapur rumah hadap manapun di barat bisa memilih warna putih dan abu-abu.

Advertisement

6. Keenam, letakkan vas bunga dan tempat buah di dapur karena mengandung unsur alami

Letakkan vas bunga dan tempat buah di dapur | Photo by Rene Asmussen from Pexels

Seperti yang sudah kita ketahui, keberadaan tanaman di rumah memang bisa menyaring udara yang kotor. Nah, dalam ilmu feng shui, ternyata meletakkan vas bunga dan tempat buah juga bisa memancing energi positif. Hal itu karena keduanya mengandung unsur alami. Kamu bisa meletakkan vas sebagai dekorasi dan meletakkan tempat buah di tengah meja makan.

7. Terakhir,  jaga selalu kebersihan area dapur untuk mengundang energi positif

Jaga kebersihan dapur | Photo by Dmitry Zvolskiy from Pexels

Melihat dapur dalam keadaan kotor dan berantakan tentu memacu perasaan negatif. Begitu juga ada dalam ilmu feng shui. Kondisi kotor dan berantakan bisa menangkal energi positif yang akan masuk ke dalam rumah. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan dapur setiap saat, mulai dari kebersihan meja makan, lantai, sampai kebersihan isi kulkas.

Itulah feng shui dapur yang bisa kamu terapkan setelah pergantian tahun 2021 ke tahun 2022 ini. Semoga penataan dapur dengan feng shui ini bisa membangun energi positif dan mendatangkan lebiih banyak rezeki untuk penghuninya ya, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE