Google memang bukan mesin pencari biasa. Setelah sebelumnya Hipwee menyinggung tentang gimana caranya biar googling-mu maksimal, ternyata mesin pencari Google masih menyimpan segudang fitur keren yang mungkin belum kamu ketahui lho. Fitur ini beragam, mulai dari yang sederhana dan menyenangkan sampai ke fitur yang bermanfaat. Penasaran? Yuk deh, cek aja langsung.

1. Mengeset Penghitung Waktu

Set timer via www.hipwee.com

Penghitung waktu atau timer bisa kamu set lewat Google Search dengan perintah sederhana ini:

set timer

Lalu, tinggal atur waktunya deh. Alarm akan otomatis berbunyi kalau waktunya habis.

2. Menjelajah Planet Mars

Advertisement

Menjelajah Mars via www.hipwee.com

Kamu pengen menjelajah permukaan planet merah ini? Bisaaa. Langsung kunjungi aja laman berikut ini. Kamu bisa menemukan gunung, lembah, kawah, maupun lokasi pendaratan pesawat ulang alik yang pernah menginjakkan kakinya di permukaan Mars. Memang nggak bisa sampai level street view sih (karena nggak ada jalan beraspal juga di Mars), tapi ini lumayan untuk memperluas wawasanmu tentang planet itu.

3. Melakukan Simulasi Penerbangan dengan Google Earth

Simulasi penerbangan via www.gearthblog.com

Google Earth merupakan salah satu aplikasi Google yang bisa membawamu ke hampir semua tempat di Bumi secara virtual. Ternyata kamu juga bisa melakukan simulasi pesawat terbang lewat Google Earth lho. Caranya, cukup tekan Ctrl+Alt+A di aplikasi Google Earth di komputermu. Untuk mengontrol pesawat, kamu bisa melihat konfigurasi tombolnya di sini.

4. Menampilkan Sejumlah Sumber Tentang Suatu Hal di Satu Laman

What Do You Love via www.hipwee.com

Fitur What Do You Love ini mirip Google Search, bedanya WDYL ini nggak cuma menampilkan laman aja, melainkan berbagai tipe sumber yang mengacu pada kata kunci yang kamu masukkan. Singkatnya, berbagai format hasil pencarian — seperti forum diskusi, berita, buku, video, dll — dirangkum dalam satu laman.

5. Menemukan Typeface (Jenis Huruf) Baru dan Gratis.

Google Fonts via www.hipwee.com

Kalau kamu suka mendesain seperti saya, kamu mungkin tertarik berburu jenis-jenis tulisan baru untuk memperkaya tipografimu saat mendesain sesuatu. Nah, lewat Google Fonts, kamu bisa menemukan beragam typeface yang nantinya bisa kamu unduh atau langsung kamu gunakan di laman situsmu.

6. Merencanakan Pernikahanmu

Google Weddings via www.hipwee.com

Hah? Google bisa jadi wedding planner? Yah, mungkin nggak sehebat itu juga sih, tapi cukup bermanfaat kok. Google cuma membantu mengkompilasikan aplikasi-aplikasi yang berguna buat pernikahanmu. Kamu bisa mengumumkan pernikahanmu via Hangout, mencari lokasi via Google Maps, menentukan budget pernikahan lewat Google Docs, dan seterusnya. Pengen tahu? Cek langsung di sini.

7. Melafalkan Angka yang Panjang

Melafalkan angka yang panjang via www.hipwee.com

Kalau kamu kesulitan melafalkan deretan angka yang panjang, kamu bisa meminta bantuan Google kok. Cukup masukkan perintah berikut:

(angka)=English

Sayangnya, Google baru mendukung bahasa Inggris saja. Angka yang dilafalkan pun nggak bisa lebih dari beberapa triliun.

8. Menemukan Penerbangan Tanpa Harus Ke Situs Airline

Google Flights via www.hipwee.com

Kalau kamu pengen mencari jadwal penerbangan tanpa harus pusing memilih perusahaan penerbangan atau airline, kamu bisa menyambangi Google Flight. Di situ kamu bisa memilih penerbangan dari dan ke mana pada tanggal tertentu, nanti Google akan menampilkan daftarnya untukmu.

9. Menerjemahkan Karakter Lewat Tulisan Tangan

Mengenali tulisan tangan via 9to5google.com

Kalau kamu sering menggunakan Google Translate, kamu mungkin tahu bahwa Google bisa menerjemahkan kalimat ke berbagai bahasa. Ini termasuk bahasa yang karakternya nggak bisa kamu ketik di alfabet Latin: seperti bahasa Jepang, Korea, Thai, serta Hindi. Untuk karakter spesial tersebut, kamu bisa memanfaatkan fitur tulisan tangan. Nanti Google Translate bisa menerka karakter yang kamu tulis lalu menerjemahkannya.

10. Main LEGO

Main LEGO di Chrome via slav.global2.vic.edu.au

Ya, kamu bisa main LEGO di Google Chrome lho. Langsung ke sini aja; kamu bisa berkreasi dan membangun sesuatu dengan tumpukan LEGO.

11. Menjelajah Galaksi

Google Sky via www.hipwee.com

Nggak cuma menjelajah Bumi dan Mars aja, kamu juga bisa berkelana ke galaksi lain lewat Google Sky. Di hadapan jagat raya yang tak terhingga, Bumi tampak seperti setitik debu atomik tak berarti. Hal ini menyadarkan kita, bahwa di hadapan-Nya, kita tak lebih dari remah-remah pasta gigi yang sudah kering.

12. Bermain Trivia Geografi

Smarty Pins via www.hipwee.com

Google Maps menyediakan sebuah permainan trivia seru bertema geografi yang dikenal dengan nama Smarty Pins. Dalam game ini, kamu akan disuguhi sejumlah pertanyaan tentang lokasi-lokasi tertentu di seluruh dunia. Nah, tugasmu adalah meletakkan pin merah di lokasi yang sesuai dengan deskripsi yang diajukan. Game ini lumayan menambah wawasanmu tentang tempat-tempat menarik di berbagai belahan Bumi.

13. Main Atari Breakout

Atari Breakout via www.hipwee.com

Selain LEGO dan Smart Pins, kamu juga bisa memainkan Atari Breakout. Game ini sederhana: kamu cukup menghancurkan balok-balok gambar menggunakan bola dan menjaga agar bola nggak jatuh ke dasar. Lumayan untuk dimainkan saat kamu lagi suntuk.

14. Membandingkan Popularitas Suatu Kata dari Masa ke Masa

Google Ngram Viewer via www.hipwee.com

Kamu bisa membandingkan popularitas suatu kata yang tercantum di dalam buku dari masa ke masa dengan Google Ngram Viewer dari Google Books. Google Ngram bisa melacak penggunaan kata tertentu mulai dari tahun 1500 lho!

15. Melihat Karya Seni Terkenal lewat Gambar Berkualitas Tinggi

Google Cultural Institute via www.hipwee.com

Jika kamu ingin melihat sebuah karya seni, kamu nggak harus ke museum kok. Buka aja Google Cultural Institute. Di laman ini, kamu bisa mengamati hasil karya seni maupun artefak bersejarah melalui gambar beresolusi tinggi yang amat detail. Nggak cuma itu, kamu juga bisa melakukan tur berkeliling berbagai museum dan tempat bersejarah di seluruh penjuru dunia.

Pengen berkeliling Taj Mahal dari kamarmu? Bisa!

16. Membuka Task Manager Khusus Google Chrome

Chrome Task Manager via www.hipwee.com

Ya. Google Chrome juga punya Task Manager sendiri. Cukup tekan Shift + Esc di keyboardmu dan Chrome Task Manager akan muncul. Kamu bisa melihat berapa konsumsi RAM tiap tab dan ekstensi dari Google Chrome.

Nah, keren-keren kan fitur Google di atas? Google memang luar biasa. Hipwee yakin kamu pasti nggak sabar buat mencobanya. Selamat mencoba!