Bicara soal industri kecantikan jelas nggak bakal ada habisnya. Selalu ada saja inovasi seru yang bisa dicoba berhubungan dengan segala macam produk kecantikan, mulai dari kosmetik dekoratif sampai produk perawatan kulit. Nah, kalau dulunya kamu harus jauh-jauh nitip ke teman di luar negeri atau nunggu pre order lama dulu untuk dapat produk andalan kamu yang belum diproduksi di Indonesia, seperti dari Korea, Jepang atau Amerika, kini kamu bisa mendapatkan produk lokal dengan tipe serupa dengan harga jelas jauh lebih miring dan akses beli lebih cepat.

Selain nggak perlu lama PO dan menghemat jatah kosmetik bulanan kamu, aktivitas berbelanja produk lokal juga merupakan bagian dari aksi cinta Indonesia lo! Yup, dengan kamu yang beralih lebih banyak berbelanja produk lokal, secara nggak langsung kamu sudah berkontribusi memajukan produsen asli Indonesia dan meningkatkan penggunaan rupiah. Yuk ah, belanja produk lokal Indonesia, toh sekarang sudah banyak produk-produk kece nan cantik berderet minta diboyong pulang kan~ Nah, apa saja sih produk import yang kini sudah marak diadaptasi produsen lokal? Check this one out, Girls!

1. Masih ingat dengan hebohnya tren aloe vera gel yang pertama kali dipopulerkan di Korea itu? Nah, kini sudah banyak lho produsen lokal Indonesia yang beramai-ramai mengadaptasi produk ini. Harga pun jelas lebih bersaing

Courtesy of blog Ayumiska & blog Myexperiencebeauty via www.ayumiska.com

2. Micellar water yang dulunya hanya dijual di lapak-lapak jualan import, bahkan harus pre order dulu, kini bisa kamu dapatkan di supermarket terdekat karena diproduksi produsen kosmetik lokal. Siapa fans berat pembersih wajah ini?

Bisa beli sebanyak yang kamu mau tanpa PO via www.pusatkosmetik.com

3. Lip tint memang agak telat masuk ke Indonesia tapi bukan berarti para produsen lokal luput memeriahkan tren ini. Kini ada banyak produk liptint lokal dengan harga miring namun kualitas bersaing siap diserbu kamu, para beauty enthusiast

Liptint lokal. Love! via makeupuccino.com

4. Pore primer, holy grail buat kaum wajah berminyak dan berpori lebar pun kini sudah mulai diadaptasi produsen kosmetik lokal lho. Senangnya!

Primer buat kulit berminyak udah ada yang lokalan lho via www.tinkerlust.com

5. Serum yang dulu hanya secara ekslusif diproduksi oleh produsen luar negeri lalu dieksport ke Indonesia pun kini sudah banyak diadaptasi perusahaan kosmetik lokal. Asal pintar-pintar pilih, kamu pun bisa kok ketemu jodoh serum yang pas!

Serum lokal~ via id.priceprice.com

6. Sleeping mask yang dipopulerkan produsen kosmetik Korea juga sudah bisa kamu dapatkan di merek kosmetik lokal. Senang nggak?

Sleeping mask lokal pun sudah banyak bertebaran~ via nasakita.com

7. Lip cream jadi salah satu produk kosmetik asal luar negeri yang paling dulu diadaptasi oleh produsen kosmetik lokal. Meski sudah dimulai bertahun lalu, agaknya sih tren ini masih belum surut di Indonesia

Lip cream forever! via www.hipwee.com

8. Highlighter yang dulu mungkin dianggap sepi penggemar di Indonesia kini mulai ramai diadaptasi berbagai produsen lokal. Kualitasnya pun semakin oke dan nggak kalah saing

Highlighter lokal nggak kalah kece lho! via journal.sociolla.com

9. Contouring kit kini juga bisa kamu dapatkan di merek-merek lokal. Mau yang bubuk atau krim sampai stik, tinggal pilih. Gokil!

Shading and contouring kit sudah ada yang lokal, yay! via shopping.line.me

10. Brush kit pun nggak lepas dari perhatian para produsen kosmetik lokal. Siapa yang sudah kepincut sama beauty tools lokal buatan Indonesia?

Brush lokal~ via www.blibli.com

11. Tone up cream alias krim buat menaikan dan meratakan warna kulit yang dulu mungkin hanya bisa kamu dapatkan dari produk import Korea sekarang sudah banyak diproduksi kosmetik lokal lho. Yay!

Bikin putih dan flawless instan! via alphaadventure.net

12. Sheet mask mungkin dulu lebih didominasi sama produk import Korea. Sekarang mulai bermunculan produk sheet mask lokal Indonesia lho~

13. Berbahagialah para kaum penghamba cleansing oil karena kini banyak juga produsen lokal yang memproduksi cleansing oil ini. Yay!

Cleansing oil lokal! via journal.sociolla.com

Advertisement

Dari sederetan produk kosmetik dan skincare yang sudah Hipwee tuliskan, yang mana nih yang paling jadi favorit dan sudah kamu tunggu sejak lama masuk ke Indonesia? Penting diingat, beberapa produk kosmetik yang Hipwee sebutkan masih ada yang diproduksi produsen lokal dengan lisensi luar, namun beberapa sudah benar-benar diproduksi oleh merek asli Indonesia. Apapun itu, yang penting produk tersebut sudah dibuat di pabrik Indonesia, mendapat izin resmi dan tentunya dibandrol dengan harga jauh lebih miring daripada kamu harus membeli langsung dari luar negeri. Semoga daftar produk ini terus bertambah, produsen lokal semakin kreatif dan meningkatkan kualitas agar kita nggak perlu PO atau merogoh kocek terlalu dalam lagi demi jadi cantik. Setuju?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya