Rumus Simpel Mencari Ide ala Artikel Hipwee, Berpeluang Trending Satu~

Bisa jadi solusi untukmu yang sering kena writer block nih

Terkadang, kita butuh waktu yang lama demi mendapatkan satu ide tulisan aja. Udah dituntut untuk segera menulis, tapi otak kita malah buntu. Nah, yang paling menjengkelkan lagi, ide-ide kreatif justru sering kali terlintas di waktu yang nggak terduga, saat bengong di kamar mandi, misalnya. Apakah kamu juga sering mengalaminya, SoHip?

Ide yang tak kunjung muncul hanya tantangan pertama. Para penulis artikel masih harus menghadapi tantangan lain, yakni mendapatkan ide sesuai dengan platfrom, tempat di mana tulisan itu akan ditayangkan. Sebagai penulis, kamu wajib paham nih, bahwa setiap platform memiliki identitas dan ciri khas yang membedakannya dengan platform lain. Sederhananya, nggak semua ide menarik bakal cocok ditayangkan di sebuah platform.

Sama halnya dengan Hipwee yang punya gaya tersendiri dalam mengemas sebuah tulisan. Hipwee juga memiliki standar khusus soal pencarian ide. Coba perhatikan, deh, semua artikel Hipwee memiliki benang merah yang sama. Rata-rata tulisan tersebut berangkat dari ide-ide yang populer di kalangan anak muda.

“Gimana caranya cari ide yang seperti itu?”

Nah, ini dia beberapa trik yang dirangkum dari pengalaman penulis-penulis tetap di Hipwee. Ada sekitar 6 jurus yang perlu kamu kuasai agar bisa menyajikan tulisan yang menjawab kebutuhan para SoHip. Jangan sampai nih, idemu justru nggak relate dengan pembaca setia Hipwee.

1. Mutlak nih, kamu harus punya mindset anak muda dulu sebelum mulai cari ide

Kamu harus ingat, Hipwee hadir untuk menjembatani kebaikan anak muda. Sejak lahir, Hipwee bahkan terus membawa semangat ini dalam setiap langkahnya. Nggak heran kalau Hipwee dikenal sebagai platform yang berusaha menjawab kebutuhan dan keresahan anak muda di rentang usia remaja akhir sampai dewasa awal.

Ketika menulis artikel ala Hipwee, wajib hukumnya mencari ide yang cocok untuk anak muda. Sebisa mungkin posisikan dirimu sebagai anak muda zaman sekarang. Kemudian, pahami keresahan mereka saat ini. Dari keresahan-keresahan itulah, kamu bisa mendapatkan ide. Jadi, berapa pun umurmu, meski udah nggak bisa dikatakan muda lagi, punya mindset anak muda nggak bisa ditawar kalau kamu mau menulis di Hipwee. Stay young, bestie~

Mindset Anak Muda

Punya mindset anak muda | Illustration by Hipwee

2. Bagai pendekar menguasai ilmu bela diri, kamu harus memantau kabar terbaru di lini masa dengan lihai

Akrab dengan kabar terbaru bisa menjadi bekal untuk mencari ide. Dengan mengikuti perkembangan, kamu bisa tahu keresahan yang dirasakan oleh anak muda. Kuncinya, kunjungilah ruang-ruang maya yang biasanya jadi tempat mereka berkumpul dan bersuara. Media sosial seperti Twitter, TikTok, atau Instagram, misalnya, cukup bisa diandalkan.

Selain itu, kamu perlu rajin membaca kabar terbaru dari berbagai media online lain. Amati setiap perkembangan informasinya sekaligus bagaimana setiap media mengemas informasi tersebut. Dengan cara ini, kepekaanmu dalam menangkap fenomena dan caramu mengubahnya menjadi ide tulisan akan semakin terasah.

3. Keresahan pribadi yang berasal dari orang sekitarmu juga bisa jadi ide tulisan, lo

Tim Dalam Artikel Ini