Ini lo Jam-jam Kerja dan Istirahatnya Organ Tubuhmu. Ikuti Aturannya Biar Kamu Sehat Selalu

Jam kerja organ tubuh

Nggak hanya mesin, organ dalam tubuh manusia pun memiliki waktu kerja dan istirahatnya masing-masing. Ketika masuk pada jam kerjanya, biasanya organ-organ ini akan mulai beroperasi dengan maksimal. Meski bisa dipengaruhi oleh kondisi eksternal tubuh, namun pada dasarnya kinerja organ-organ sudah diatur oleh saraf suprachiasmatic (SCN) pada otak.

Advertisement

Memang efeknya nggak langsung terasa, namun jika kamu menaati jadwal kerja organ-organ ini, tubuh akan senantiasa sehat hingga lanjut usia nanti. Nah, supaya nggak keliru bagaimana cara memperlakukan organ dalam tubuh, berikut jam kerja organ-organ tubuh yang mesti jadi perhatianmu.

1. Lambung akan bekerja optimal pada pukul 07.00 sampai 09.00

lambung bekerja optimal via www.hopkinsmedicine.org

Memulai sarapan di jam-jam ini baik untuk pembentukan energi. Lebih bagus lagi minum air putih atau jus buah segar agar vitamin dan mineralnya bisa terserap maksimal.

Sedangkan pukul 19.00 hingga 21.00, lambung sudah mengalami penuruan kinerja. Hentikan mengonsumsi makanan berat di jam-jam ini, ya!

Advertisement

2. Di pukul 09.00 hingga 11.00 limpa akan bekerja keras untuk mengirimkan cairan ke seluruh tubuh

limpa mengalirkan cairan ke seluruh tubuh via carolinadigestive.com

Kalau pada jam-jam ini kamu merasa ngantuk, tandanya fungsi organ limpamu lemah. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula, lemak, minyak, dan protein hewani agar tubuh nggak lemas dan limpa bisa bekerja dengan maksimal.

Limpa mulai melemah dan beristirahat pukul 21.00 hingga 23.00. Beristirahatlah atau dengarkan musik-musik relaksasi agar limpa tetap sehat dan sistem imun terjaga.

3. Pukul 11.00 hingga 13.00 organ jantung mulai bekerja keras

jantung bekerja optimal via www.independent.co.uk

Kurangi segala aktivitas fisik yang berat dan jaga emosi biar nggak bikin jantung panas dan berakibat pada pembuluh darah. Di jam 23.00 hingga 01.00 jantung mulai memperlambat kinerjanya, kalau di jam ini kamu belum tidur juga, fungsi jantung bakal melemah.

Advertisement

4. Usus kecil akan bekerja maksimal di pukul 13.00 hingga 15.00

usus kecil mengatur keseimbangan cairan via www.scientificanimations.com

Di jam ini, usus kecil akan memelihara keseimbangan cairan dengan mengedarkannya dalam tubuh. Kalau kamu merasa ada gangguan pencernaan di jam-jam ini, berarti ada masalah pada usus kecilmu. Bisa jadi karena pola makan yang nggak seimbang dan kurang sehat.

5. Pukul 17.00 hingga 19.00 merupakan jam kerjanya organ ginjal

ginjal berhubungan dengan pertumbuhan otak via www.georgeinstitute.org

Wajar jika di jam-jam ini kamu merasa ingin pipis terus-terusan. Secara teori, ginjal memiliki hubungan yang erat dengan pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang. Makanya, akan sangat bagus jika di jam ini kamu belajar dengan maksimal.

6. Waktu kerja hati bisa dibilang cukup lama, yakni pada pukul 23.00 hingga 03.00

hati membuang racun via www.newscientist.com

Di waktu ini, hati melakukan aktivitas pembuangan racun yang bikin metabolisme tubuh makin lancar. Berhenti lakukan aktivitas apapun termasuk main HP, dan pergilah tidur agar hati bisa bekerja maksimal.

7. Paru-paru akan melakukan detoksifikasi pada pukul 03.00 hingga 05.00

paru-paru bekerja maksimal via www.iotevolutionworld.com

Kalau di jam ini kamu sering batuk-batuk atau bersin, berarti ada masalah dengan paru-parumu. Lakukan olah nafas dan hindari asap rokok agar energi dalam paru-paru tetap kuat. Pukul 15.00 hingga 17.00 kamu dianjurkan untuk istirahat karena paru-paru mulai melemah.

8. Nah, kalau usus besar biasanya bekerja keras pada pukul 05.00 hingga 07.00

jamnya usus besar via www.medicalnewstoday.com

BAB secara teratur di jam-jam ini bisa membuat perut dan lambung makin sehat. Akibatnya, tubuh pun jadi siap menerima asupan makanan lainnya.

Nggak cuma dijadikan acuan, harusnya setelah tahu jam kerja organ tubuh ini, kamu pun jadi lebih bisa mengantur ritme aktivitasmu sehari-hari. Kalau jam-jam ini kamu abaikan, jangan kaget jika sewaktu-waktu kamu mendapati tubuhmu mengeluh, misalnya seperti mengantuk di siang hari saat bekerja. Usahakan juga untuk nggak begadang, supaya kesehatan organ tetap seimbang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE