Ingin senantiasa tampil cantik dan awet muda? Bukan semata perkara warisan DNA orangtua atau hanya jaga pola makan saja, menerapkan penggunaan produk skincare yang baik dan benar juga perlu jadi sorotan, agar cantikmu bukan hanya sekadar editan. Dengan paham teknik dan penggabungan produk yang tepat, percaya deh usaha nggak akan mengkhianati hasil. Ya nggak usah berharap yang muluk-muluk dulu, minimal di awal-awal pemakaian nggak ada cerita kulit jadi iritasi gara-gara salah skincare.

Nah, di antara sekian banyak produk skincare yang sedang beredar dan hits di berbagai media sosial ada beberapa produk yang kandungannya nggak boleh seenaknya digabung-gabungkan pemakaiannya. Soalnya ada beberapa produk yang justru bakal bereaksi negatif jika digabungkan, contohnya nih retinol nggak bisa digabungkan dengan produk yang mengandung ascorbic acid. Biar nggak salah langkah, simak baik-baik ulasan Hipwee kali ini ya!

1. Agar kulit nggak sampai iritasi, ingat jangan pernah menggunakan produk dengan kandungan retinol secara bersamaan dengan exfoliating acids atau ascorbic acid

Hayo, jangan suka pakai skincare tanpa tahu kandungannya ya via www.rd.com

Advertisement

Retinol sebagai komposisi kerap ditulis sebagai retinol, retinyl acetate, retinyl palmitate, all-trans retinoic acid, tretinoin atau hydroxypinacolone retinoate. Sedangkan exfoliating acids yang umumnya digunakan dalam produk adalah salicylic acid, glycolic acid dan lactic acid. Nah, sedangkan ascorbic acid atau vitamin C juga kerap dicantumkan sebagai L-ascorbic acid. Nah, ketiganya sama-sama punya kemampuan meregenarasi kulit, mengeksfoliasi dan mencerahkan, sehingga kalau digabung pemakaiannya sekaligus akan rentan membuat kulit wajah iritasi, perih, kemerahan, bahkan sampai mengelupas. Ugh!

2. Sehits apapun produk skincare idamanmu, kalau kandungannya niacinamide sebaiknya jangan dipakai berbarengan dengan exfoliating acid dan vitamin C

Iya, produk mengandung Niacinamide memang lagi naik daun~ via www.adorebeauty.com.au

Menggunakan produk dengan kandungan niacinamide berbarengan dengan vitamin C atau L-Ascorbic Acid sama saja ‘menginvasi’ kulitmu secara berlebihan. Keduanya nggak akan bisa bekerja secara efektif karena kedua senyawa ini dapat ‘melekat’ satu sama lain dan saling menonaktifkan kinerja keduanya. Nah, ascorbic acid dan exfoliating acid akan menjadikan level pH kulit lebih rendah, yang lantas akan memancing niacinamide untuk bereaksi dan berkonversi menjadi niacin yang rentan membuat kulit jadi iritasi kemerahan. Jadi, biarkan si niacinamide bekerja sendiri tanpa ‘tambahan’ vitamin C dan AHA atau BHA ya, Gengs!

3. Retinol dan exfoliating acids sangat sensitif dengan sinar matahari. Jangan sampai deh kedua kandungan ini ‘tercampur’ dengan paparan sinar matahari!

Please, jangan malas pakai sunscreen ya! via www.sheknows.com

Retinol dan exfoliating acids seperti AHA atau BHA cukup kuat untuk meregenarasi sel-sel kulitmu. Dalam keadaan yang sangat sensitif tersebut, hindari deh kontak langsung kulitmu dengan sinar matahari kalau nggak mau sampai perih dan iritasi! Kuncinya adalah menggunakan produk-produk dengan kandungan retinol dan exfoliating acids hanya pada malam hari. Jangan lupa di pagi dan siang hari gunakan sunscreen yang cukup untuk memproteksi kulit dan seimbangkan dengan produk pelembap yang baik agar kulitmu nggak jadi kering dan mengelupas!

4. Jangan pernah mencampur produk dengan aroma kencang dengan sesama produk yang juga beraroma kuat

Pilih yang aromanya lembut atau tanpa aroma tambahan sama sekali via www.skincare.com

Advertisement

Usahakan untuk menyeimbangkan penggunaan produk yang sudah mengandung pewangi (walau dilabeli alami) dengan produk lain yang aromanya sama kuatnya. Terlebih untuk yang kulitnya sensitif, pewangi sintetis maupun alami sama-sama punya kans mengiritasi kulit lho. Lebih baik minimalisir produk dengan wangi-wangian yang kuat. Ya, cukup parfum kamu aja deh yang nyentrong, nggak perlu sampai kulit wajah juga~

5. Nah, agar perawatan wajah lebih maksimal, lakukan perawatan gabungan yang bisa menghasilkan efek kombo yang maksimal

Mari berharap kulit kita bisa semulus Miranda Kerr. Optimis dulu~ via www.beauticate.com

Nah, setelah tahu produk apa saja yang NGGAK boleh digabung pemakaiannya, sederet perawatan ini justru wajib kamu lakukan setiap hari agar kulit kamu jadi lebih sehat dan cerah maksimal. Apa saja langkah-langkahnya?

  • Gunakan produk dengan kandungan vitamin C dan E secara berbarengan karena keduanya punya fungsi yang bersinergi. Ibarat pasangan, keduanya cucmey banget!
  • Gunakan produk berbeda untuk pagi dan malam hari. Untuk pagi, gunakan produk yang ringan dan melembapkan, misalnya mengandung hyaluronic acid, panthenol, allantoin atau colloidal oatmeal  sedangkan di malam hari kamu bisa gunakan yang lebih berat dan mengandung anti aging seperti retinol misalnya.
  • Gunakan face oil terkhusus yang cukup berat hanya pada malam hari, agar kerjanya bisa lebih maksimal.
  • Gunakan sunblock atau sunscreen SETIAP hari khususnya di pagi dan siang hari. Sungguh, kalau kamu sayang kulitmu langkah ini haram dilewati.
  • Lakukan eksfoliasi kulit 1-2 kali seminggu agar kulit dapat beregenarasi  dan produk skincare kamu bekerja dengan baik.
  • Trial and error itu pasti, jadi kalau sudah nemu produk yang cocok di kulitmu, jangan mudah tergoda dengan rayuan BA atau ulasan vlogger A atau B tentang produk skincare terbaru andalannya.

Nah, sisanya hanya tinggal ketelatenan kamu dalam menggunakan produk skincare. Produk yang baik akan bekerja dengan proses, bukan simsalabim satu malam langsung jadi putih kinclong luar biasa. Justru produk super instan semacam itu patut dicurigai. Namun bukan berarti produk yang baik itu reaksinya harus ditunggu berminggu-minggu juga ya, intinya sih kamu akan merasa kulitmu akan lebih kalem, lembap dan nyaman kalau sudah ketemu produk yang cocok. Persis kayak nemu jodoh juga, hehe!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya