4 Jenis Daun Bawang yang Ukuran, Rasa, dan Kegunaannya Beda-beda

Udah pernah dengar kucai? Itu salah satu jenis daun bawang juga lo!

kucai biasanya dimasukkan menjelang akhir proses memasak. Kandungan nutrisi di dalamnya bisa mencegah osteoporosis, mengobati masalah pencernaan, hingga meningkatkan imunitas tubuh.

4. Keempat, daun lokio punya ciri khas bonggol mungil berwarna putih di ujungnya

Daun lokio mempunyai bonggol putih di ujungnya | Credit: Pxhere

Lokio biasa disebut daun bawang cung atau daun bawang dayak di Indonesia. Nama Batak digunakan karena lokio sering digunakan dalam makanan khas batak, salah satunya adalah arsik. Bentuk daun bawang dayak ini memiliki bonggol mungil berwarna putih. Daunnya tumbuh memanjang dan berukuran kecil, tak jauh beda dengan kucai. Tanaman ini tersedia sepanjang tahun dengan bunga runcing berwarna merah muda keunguan.

Dari segi rasa, lokio sedikit lebih ringan dan tidak menyengat dibandingkan kucai. Kalau diperhatikan, bentuk rasa daun bawang lokio ini merupakan perpaduan dari bawang bombai dan bawang putih, tetapi tidak terlalu kuat. Biasanya, lokio digunakan sebagai hiasan atau penambah warna masakan. Tanaman ini mengandung banyak vitamin A, C, kalium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan.

Itulah keempat jenis daun bawang yang seringkali kita temukan di pasaran. Sekarang, sudah tau cara membedakan empat jenis daun bawang di atas, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE