Supaya Nggak Salah Pilih, Ini 9 Jenis Kabel Listrik di Rumah Beserta Fungsinya

jenis kabel listrik

Tak bisa dimungkiri, listrik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi setiap orang di rumahnya masing-masing. Tanpa listrik, otomatis SoHip tidak bisa menjalani beragam aktivitas, seperti menonton TV, mencuci baju, menyetrika, dan lain-lain. Terlebih, jika kamu sedang menjalani work from home atau WFH. Meski semua orang sudah memanfaatkan listrik, sebagian besar masih belum tahu kalau kabel listrik mempunyai beragam jenis beserta fungsi yang berbeda-beda.

Advertisement

SoHip sendiri sudah tahu belum apa-apa saja jenis kabel listrik? Jika sudah paham jenis-jenisnya, ini akan membantumu untuk memilih jenis kabel saat melakukan instalasi kelistrikan. Jadi, nggak bakal salah lagi, nih, saat memilih kabel sehingga menciptakan kenyamanan dan keamanan dalam pengoperasiannya. Nah, di bawah ini Hipwee Tips akan memberikan 9 jenis kabel yang perlu kamu ketahui beserta fungsinya masing-masing. Penasaran? Yuk, simak dengan baik-baik!

1. Kabel listrik NYA

jenis kabel listrik

kabel nya | Credit by dekoruma.com

Jenis kabel listrik pertama yang perlu kamu ketahui adalah kabel NYA. Secara umum, kabel NYA mudah sekali ditemukan karena memang berfungsi untuk instalasi rumah tangga, seperti instalasi lampu atau stop kontak. Ukurannya sendiri terbilang cukup kecil, yaitu sekitar 1,5 mm2 hingga 2,5 mm2. Di sisi lain, tekstur dari kabel ini juga sangat tipis sehingga mudah robek dan tidak tahan air. Meski begitu, kamu bisa mengakalinya dengan memasang pipa PVC tambahan.

2. Kabel listrik NYM

kabel nym | Credit by pusatantipetir.com

Berbeda dengan kabel listrik NYA, kabel NYM justru terbilang cukup tebal. Bagaimana tidak, kabel ini terdiri dari dua sampai empat inti dan dilengkapi isolasi PVC sebanyak dua lapis. Jenis kabel listrik yang satu ini biasanya digunakan untuk intalasi rumah. Secara garis besar, kabel NYM biasanya digunakan di lingkungan kering atau basah, tetapi tidak boleh ditanam.

Advertisement

3. Kabel listrik NYY

jenis kabel listrik

kabel nyy | Credit by powecableonline.com

Sama seperti halnya kabel NYM, kabel NYY juga terdiri dari dua sampai empat inti. Kendati demikian, jenis kabel listrik yang satu ini dilengkapi dengan material tembaga yang diisolasi dengan PVC. Jenis kabel listrik yang satu ini aman untuk ditanam di dalam tanah. Secara umum, kabel NYY bisa dibilang tahan terhadap air. Akan tetapi, sebaiknya kamu tetap melapisinya dengan pipa tambahan.

4. Kabel listrik NYAF

kabel nyaf | Credit by cabel-kabel.com

Kabel listrik NYAF dinilai jadi salah satu kabel yang memiliki fleksibilitas tinggi. Tidak hanya itu saja, jenis kabel ini juga dilengkapi dengan penghantar tembaga berisolasi PVC. Jika di rumah SoHip membutuhkan kabel yang harus dipasang di area belokan tajam, sebaiknya gunakan kabel NYAF.

5. Kabel listrik NYBY

jenis kabel listrik

kabel nyby | Credit by jytopcable.com

Kamu membutuhkan instalasi listrik di dalam tanah? Salah satu jenis kabel listrik yang sangat direkomendasikan adalah NYBY/NYRGbY/NYFGbY. Kabel yang satu ini sangat cocok ditempatkan untuk ruangan bawah tanah. Kendati demikian, untuk pemasangan jenis kabel ini sebaiknya harus dibatasi kedalaman tanahnya, yaitu sekitar 0,8 meter di dalam tanah.

Advertisement

6. Kabel listrik NYMHYO

kabel nymhyo | Credit by Tokopedia.com

Pada dasarnya, kabel ini terdiri dari dua inti serabut. Dalam penggunaannya, kabel NYMHYO biasanya digunakan untuk peralatan elektronik yang memerlukan arus rendah atau memiliki arus listrik sekitar kurang dari 900 watt.

7. Kabel listrik BC

kabel bc | Credit by kramerav.com

Secara garis besar, jenis kabel listrik yang satu ini biasanya digunakan untuk penangkal petir. Kabel BC mempunyai ukuran sekitar 6-500 mm2 dengan tegangan 500 V.

8. Kabel ACSR

kabel acsr | Credit by hdcablegroup.com

Perlu jenis kabel untuk saluran transmisi bertegangan tinggi? Jika iya, maka jawabannya adalah kabel ACSR. Kabel ini berfungsi sebagai kawat penghantar. Teksturnya terdiri dari aluminium berinti kawat baja.

9. Kabel NYYHY

jenis kabel listrik

kabel nyyhy | Credit by jembo.co.id

Sama seperti kabel NYAF, kabel NYYHY juga mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Sebab, kabel ini tidak mudah patah. Biasanya, jenis kabel listrik yang satu ini mempunyai ciri khas, yaitu berwarna putih dan kabel listrik berwarna hitam. Untuk penggunaannya, biasanya kabel ini dipakai buat alat rumah tangga yang mempunyai arus listrik di bawah 900 watt.

Itu dia 9 jenis kabel listrik yang perlu kamu ketahui beserta fungsi-fungsinya. Meski kedengarannya sepele, tetapi penting, lo, untuk mempelajarinya satu per satu agar tidak salah pilih untuk kebutuhan rumah tangga ke depannya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE