Kalau kamu adalah penggemar masakan Jepang, pasti sudah nggak asing lagi dengan ramen. Yup, makanan berkuah ini umumnya berisikan mi, sayuran, potongan daging, dan telur yang disiram dengan kaldu yang gurih. Tapi, tahukah kamu, selain gurih, ramen juga memiliki beberapa jenis kuah dengan rasa yang berbeda?

Biar pegetahuanmu tentang ramen lebih kaya, Hipwee Tips akan membagikan ulasan mengenai macam-macam jenis kuah ramen. Semoga bisa jadi panduanmu saat berkuliner nanti, ya!

1. Sebagai kuah autentik khas Jepang, jenis kuah shio memiliki rasa yang lebih asin daripada kuah lainnya

shio ramen via www.seriouseats.com

Advertisement

Rasa asin ini berasal dari campuran garam laut kasar yang dibuat langsung di Jepang! Kuah ini memiliki ciri warna yang jernih dan agak kecokelatan. Untuk penyajiannya, biasanya kuah akan dipadukan dengan beragam jenis topping lezat seperti potongan daging ayam, daun bawang, dan lembaran nori.

2. Kebanyakan penggemar ramen di Indonesia, lebih memilih kuah miso karena rasanya yang gurih dan manis

miso ramen via www.foodandwine.com

Kuah miso ini terbuat dari fermentasi rebusan kedelai yang dicampur dengan beras dan garam. Biasanya ditambahkan jamur koji-kin untuk membantu proses fermentasi bumbu misonya. Selain dipakai untuk kuah rame, miso pun banyak digunakan untuk membuat masakan Jepang lain seperti sukiyaki.

3. Jepang juga memiliki kuah kari khas yang memiliki tekstur kental dan berwarna cokelat

curry ramen via sharedappetite.com

Kuah kari ini biasanya memiliki rasa rempah yang kuat. Untuk menambah kelezatan, biasanya ramen kare ini ditambahkan dengan topping telur rebus dan irisan sayur.

4. Selain shio, Jepang juga punya kuah shoyu yang memiliki rasa asin cenderung gurih

shoyu ramen via www.reddit.com

Advertisement

Tingkat keasinan kuah shoyu ini berbeda dengan shio, ya! Jika shio dibuat dengan garam Jepang, kauh shoyu ini terbuat dari campuran kaldu dan kecap asin. Kuah ini memiliki warna jernih serta rasa yang ringan ketika disantap. Untuk menambah kelezatan, biasanya masyarakat Jepang menambahkan wijen ke dalam kuahnya.

5. Jepang juga memiliki kuah tonkotsu yang terbuat dari rebusan tulang dan lemak babi

tonkotsu ramen via www.nipponizakaya.co.uk

Kedua bahan ini jika direbus akan menghasilkan kaldu yang kental, gurih, dan berwarna pekat. Supaya makin nikmat, kamu bisa menambahkan irisan cabai, daging, dan sayur segar. Nah, buatmu yang nggak makan babi, hindari menu yang satu ini, ya!

Selain varian isinya, ternyata Jepang punya banyak kuah ramen yang lezat, ya! Jadi bisa memilih kuah mana yang rasanya pas di lidah, kan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya