7 Penyebab Jerawat di Dahi dan Solusi Menghilangkannya. Nggak Selalu Gara-gara Pencernaanmu

Jerawat di dahi

Jerawat memang menjadi masalah kulit yang seringkali dikeluhkan dan bisa terjadi pada siapa saja, perempuan ataupun laki-laki. Meskipun bentuknya hanya benjolan kecil, tapi nggak jarang jerawat ini buat pemiliknya jadi resah dan berujung nggak percaya diri. Apalagi jika muncul di posisi yang mudah terlihat dan sulit untuk dihilangkan, seperti jerawat di dahi.

Advertisement

Saat itu terjadi, mungkin kamu yang mengalami akan merasa stres. Padahal tanpa kamu sadari, pikiran yang tertekan justru bisa jadi pemicu jerawat datang lagi dan lagi. Lantas kamu bertanya-tanya sebenarnya apa sih penyebab jerawat di dahi, banyak yang bilang jerawat di dahi artinya ada gangguan pada sistem pencernaan karena timbunan lemak. Pernyataan itu benar nggak ya? Yuk, kali ini Hipwee Tips akan membagikan penyebab dan cara mengatasi jerawat di dahi, supaya kamu nggak bingung-bingung lagi.

1. Ketidakseimbangan hormon jadi salah satu penyebab munculnya jerawat di dahi dan nggak hanya muncul pada saat pubertas saja, usia lanjut juga bisa kena!

jerawat di dahi I Photo by Sugarscape via sugarscape.cdnds.net

Biasanya jerawat hormonal akan muncul rutin saat kamu mengalami menstruasi atau setelahnya. Banyak yang percaya kalau jerawat di dahi tanda hamil pada perempuan, benar nggak sih? Sebenarnya hormon progesteron itu memang sudah ada dari sebelum hamil, namun kadarnya akan mengalami peningkatan saat masa kehamilan, jadi nggak jarang ibu  hamil banyak yang mengeluh dengan jerawat di wajah.

Ada beberapa cara untuk mengatasi jerawat ini, yakni dengan menghindari junk food hingga mengonsumsi probiotik yang mengandung bakteri baik untuk membantu tubuh menyerap nutrisi.

Advertisement

2. Jerawat di dahi disebabkan oleh kebiasaan yang kamu sering lakukan tapi nggak disadari, yup, sering menyentuh wajah dalam keadaan kotor

ilustrasi menyentuh wajah I Photo by http://cos.h-cdn.co/ via cos.h-cdn.co

Menyentuh kulit terutama di bagian wajah dengan tangan kotor adalah kebiasaan yang sering menjadi penyebab timbulnya jerawat. Pasalnya, bakteri dan kotoran yang melekat di tangan dapat menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori, akibatnya kulit jadi lebih rentan timbul jerawat. Sebelum menyentuh wajah pastikan jari-jari tangan dalam keadaan yang bersih, baik dengan mencuci tangan atau memakai hand sanitizer.

3. Kamu yang sering mengeluh ada jerawat di dahi atas, kemungkinan  karena produk perawatan rambut yang dipakai mengandung bahan kimia seperti petroleum

ilustrasi penggunaan skincare I Photo by chezbeate via pixabay.com

Ternyata produk sampo, kondisioner, gel, atau minyak rambut yang biasa kamu pakai bisa menyebabkan jerawat lo. Terutama untuk pemilik kulit sensitif dan berminyak. Baiknya hindari produk rambut yang mengandung bahan kimia seperti petroleum, silikon, paraben, phthalates dan formaldehyde yang bisa memicu masalah jerawat pada dahi. Pilihlah perawatan rambut yang mempunyai kandungan bahan alami, seperti minyak kelapa, zaitun atau minyak alpukat.

4. Jerawat di dahi karena stres atau tekanan yang berlebihan menjadi faktor timbulnya berulang kali di tempat yang sama

ilustrasi hati yang bahagia I Photo by Pexels via pixabay.com

Jerawat di dahi biasanya menandakan kondisi kulit yang berminyak disertai efek stres. Ketika merasa tertekan, jerawat akan lebih mudah untuk tumbuh. Area wajah yang dikenal T-zone seringkali menjadi tempat munculnya jerawat karena stres. Kondisi mental yang bahagia bisa memberikan efek relaksasi pada wajah supaya penyebab jerawat di dahi bisa teratasi.

Advertisement

5. Ternyata jenis obat tertentu bisa jadi penyebab jerawat di dahi, maka kenali dulu efek samping dari perawatan medis yang kamu jalani

konsumsi obat-obatan tertentu memicu jerawat di dahi I Photo by Pexels via pixabay.com

Jangan terburu-buru mengambil tindakan saat melihat jerawat di dahi kanan atau kiri kamu. Bisa jadi, penyebabnya karena kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Perlu diketahui, beberapa jenis obat memiliki efek samping berupa kemunculan jerawat seperti steroid, antikonvulsan, barbiturat, atau lithium.

Untuk mengurangi jerawat di dahi terasa gatal, kamu bisa mengompres dengan air hangat menggunakan handuk atau kain bersih sebanyak tiga kali sehari. Langkah ini bisa meredakan rasa nyeri dan gatal pada jerawat, jadi kamu pun nggak perlu menyentuhnya dengan tangan lagi.

6. Rambut yang kotor juga jadi salah satu penyebabnya, apalagi bagimu yang punya gaya rambut berponi

rambut kotor pemicu jerawat di dahi I Photo by StockSnap via pixabay.com

Nggak ada yang salah dengan rambut berponi, tapi memang lebih berpotensi menimbulkan jerawat karena bersentuhan langsung dengan dahi. Untuk itu, dibutuhkan perawatan ekstra agar terhindar dari debu serta ragi yang jatuh dari kulit kepala dan terperangkap di pori-pori sepanjang garis rambut ketika keringat berlebih.

Banyak yang merasa kalau jerawat di dahi bikin sakit kepala, apalagi saat bersinggungan langsung dengan sisir, hijab, atau benda-benda lainnya. Untuk itu, sebisa mungkin hindari penyebabnya, seperti mengikat rambut atau gunakan penjepit guna menahan poni agar nggak jatuh ke dahi.

7. Terakhir yang sudah jadi rahasia umum, yakni jerawat di dahi bisa muncul karena makeup yang nggak dibersihkan dengan sempurna

makeup bisa menjadi penyebab jerawat di dahi I Photo by Sky Mane via pixabay.com

Penting bagi kamu untuk benar-benar menghapus makeup sebelum tidur atau setelah beraktivitas. Pastikan kamu melakukan double cleansing agar kotoran terangkat dan nggak menyebabkan pori-pori kulit jadi tersumbat. Selain itu, manfaat mencuci wajah juga bisa mengontrol kelebihan minyak dan sel kulit mati.

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab jerawat di dahi, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

  • Menggunakan antibiotik untuk menyembuhkan jerawat batu di dahi

Antibiotik bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan bakteri pemicu jerawat batu. Antibiotik ini nggak dapat mengurangi produksi sebum dan kulit mati. Untuk itu diperlukan skincare untuk jerawat di dahi yang mengandung asam glikolat. Biasanya dokter akan menuliskan resep yang sesuai dengan jenis kulit dan tingkat keparahan.

  • Gunakan lidah buaya, madu, atau kunyit untuk mengatasi jerawat pasir atau bruntusan di dahi

bahan alami untuk mengatasi jerawat I Photo by Kerdkanno via pixabay.com

Jerawat pasir memiliki ukuran yang lebih kecil dari jerawat batu, ujung jerawat biasanya berwarna putih serta berisi nanah, terkadang membuat area sekitarnya jadi memerah. Untuk perawatan, sebenarnya bisa menggunakan bahan alami namun harus digunakan secara telaten dan teratur. Bahan-bahan seperti yoghurt, putih telur, tomat, lidah buaya, kunyit hingga jeruk nipis bisa jadi pilihan. Di samping kaya antioksidan, bahan tadi juga mengandung B2 dan vitamin yang membantu mengatasi masalah jerawat.

  • Jika jerawat di dahi menyebabkan sakit kepala, bisa jadi kamu mengidap acne vulgaris. Gunakan krim berisikan miniporyl untuk penyembuhannya

Sebenarnya dokter dan para ahli belum memberikan ilmu yang pasti apakah jerawat bisa menyebabkan sakit kepala kecuali jika dibarengi dengan pikiran tertekan atau kurangnya istirahat karena sering begadang. Namun, jika kamu mengidap acne vulgaris atau jerawat yang tampak seperti bisul terkadang bisa berupa ruam, bukan nggak mungkin tersentuh sedikit dengan kulit akan terasa sangat sakit.

Kalau sudah begitu, pilihlah produk yang mengandung miniporyl serta benzoyl peroksida sebagai krim oles untuk meredakan peradangan pada jerawat.

  • Kalau seluruh perawatan alami sudah kamu coba, nggak ada salahnya untuk mendapatkan penanganan langsung dari dokter kulit

perawatan di dokter kulit I Photo by Spabielenda via pixabay.com

Jangan menyerah untuk menghilangkan jerawat di dahi, dengan teknologi yang terus berkembang saat ini banyak sekali klinik kecantikan yang sudah menyediakan fasilitas perawatan khusus untuk pasien berjerawat, seperti terapi sinar dan chemical peeling. Namun, untuk jenis jerawat yang besar dan jerawat baru, mungkin perlu dilakukan tindakan drainase atau mengeluarkan isi jerawat melalui prosedur medis. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba.

Nah, beberapa solusi di atas bisa jadi pengingat kamu hal-hal apa yang perlu dihindari supaya nggak timbul jerawat di dahi, semoga solusinya dapat bermanfaat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE