Menunaikan salat di sepertiga malam adalah ibadah yang sangat ingin dilaksanakan oleh banyak umat muslim. Salah satunya mungkin kamu. Hanya saja rasa malas menjadi godaan terberat yang bikin kamu batal untuk melaksanakannya. Pada akhirnya melaksanakan salat tahajud hanya sebatas niat. Walaupun kamu udah sempat pasang alarm tepat pukul 03.00 pagi sebagai pengingat.

Karenanya Hipwee mencoba untuk merangkum kebaikan yang kamu dapatkan jika menunaikan salat Tahajud. Sehingga ketika kamu ingat kebaikan salat Tahajud ini, kamu jadi semangat untuk benar-benar menunaikannya. Tidak menjadi sebatas niat lagi.

1. Sangat baik untuk kesehatanmu. Salah satunya dapat melancarkan aliran darah di tubuh.

Salat tahajud

Salat tahajud baik untuk aliran darah. via www.muslimahcorner.com

Advertisement

Ketika kamu salat Tahajud secara otomatis kamu pun menggerakkan seluruh otot yang membuat badan segar dan seluruh aliran darah terasa lancar. Kamu layak tahu kalau pada dini hari udara di atmosfer masih segar. Kamu yang terbangun pada saat itu untuk bertahajud mempunyai kesempatan untuk menghirup oksigen segar yang akan hilang ketika matahari terbit. Jadi, Menunaikan salat Tahajud tak hanya menambah keimanan, tetapi juga baik untuk kesehatan.

2. Banyak dari kamu yang memilih untuk berkeluh kesah di sepertiga malam. Hal ini karena memang salat Tahajud membuat hatimu semakin teduh dan tenang.

Berkeluh kesah pada sepertiga malam.

Berkeluh kesah di sepertiga malam. via anehpisan.com

Banyak dari kita yang memilih untuk berkeluh kesah pada Allah SWT di sepertiga malam. Suasana hening nan syahdu di dini hari membuat ibadahmu lebih khusyu. Mengadu kepadaNya selepas salat Tahajud dirasa paling khusyu. Karena memang salat Tahajud membuat hatimu semakin teduh dan tenang. Walaupun kamu sedang tidak ada masalah, rutin melaksanakan Tahajud juga baik dalam menjaga ketenangan hati.

3. Salat sunah di sepertiga malam adalah media untuk me-recharge iman. Menghapus dosa dan menjauhkan kita dari perbuatan dosa.

Salat Tahajud juga

Salat Tahajud juga bisa jadi media untuk me-recharge iman. via www.pinterest.com

Terkadang tanpa sadar kita mengalami pasang surut iman. Kesibukan di pekerjaan atau perkuliahan membuat kita lalai dari mengingatNya, seperti misalnya sering meninggalkan salat wajib. Jika demikian, kamu bisa me-recharge imanmu dengan salat Tahajud. Karena salat sunah yang ditunaikan sepertiga malam ini dapat menghapus dosa dan mencegahmu dari perbuatan dosa. Salat wajib yang terkadang kamu lalaikan menjadi kembali kamu jalankan. Lho, salat wajib saja dilalaikan, bagaimana menunaikan salat Tahajud yang bangunnya butuh perjuangan?! Karena pada dasarnya tidak ada kata sulit dan terlambat untuk menjemput hidayah. Untuk memperbaiki kualitas iman.

4. Tahajud adalah waktu yang tepat untukmu bermunajat. Sampaikan cita-citamu padaNya dalam doa di sepertiga malam.

Berdoa tentang cita-citamu padaNya di sepertiga malam.

Berdoa tentang cita-citamu padaNya di sepertiga malam. via naqiyaaiko.blogspot.jp

Advertisement

Allah SWT berfirman kepada para MalaikatNya, “Apa yang mendorong hambaKu melakukan ini?” Mereka menjawab, “Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu.” Allah berfirman, “Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.” (HR Ahmad).

Keinginan untuk mendapat IPK bagus, mendapat beasiswa ke luar negeri, dilancarkan skripsinya, lulus sidang skripsi dengan nilai baik, semua itu bisa kamu sampaikan padaNya di sepertiga malam. Walau belum tentu semua dikabulkan, tetapi Allah SWT pasti akan menjawab doa-doamu. Jawabannya ada tiga: ya, tidak, atau tidak untuk saat ini. Kalaupun tidak Allah kabulkan, itu semata untuk kebaikanmu. Karena Allah memberi apa yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan. Kalau suatu ketika kamu sudah salat Tahajud dan berdoa agar dapat beasiswa dan kamu gagal, yakinlah Allah sudah menyiapkan yang terbaik. Bahwa janji Allah itu nyata.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu yang mudah atau sedang sakit, salat Tahajud dapat meringankan rasa nyeri. Yuk, sering-sering untuk ditunaikan.

Salat sunah di sepertiga malam baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga.

Salat sunah di sepertiga malam baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga. via salafiyunpad.wordpress.com

Penelitian sudah membuktikan bahwa salat Tahajud mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Bahkan kamu yang sedang mengidap penyakit berat sekalipun, bisa membiasakan diri untuk rutin menunaikan salat Tahajud. Karena salat Tahajud dapat mengurangi rasa nyeri. Dikatakan pula bahwa shalat tahajud meningkatkan respon positif yang sangat efektif dalam anastesi pra bedah.

6. Salat Tahajud membuat produktivitas kerjamu meningkat. Karena kamu sudah berhasil melawan rasa malas untuk bangun di sepertiga malam.

Malas kaya gini nggak akan ada lagi.

Malas kaya gini nggak akan ada lagi. via links.laughingsquid.com

Setan membuat ikatan pada tengkuk salah seorang di antara kalian ketika tidur dengan tiga ikatan dan setiap kali memasang ikatan dia berkata: `Malam masih panjang, maka tidurlah.’ Jika orang tadi bangun lalu berzikir kepada Allah SWT, maka terlepas satu ikatan, jika dia berwudhu, maka terlepas satu ikatan yang lainnya, dan jika dia melaksanakan shalat, maka terlepas semua ikatannya.
Pada akhirnya, dia akan menjadi segar dengan jiwa yang bersih. Jika tidak, dia akan bangun dengan jiwa yang kotor yang diliputi rasa malas. (HR Bukhari).

Salat Tahajud bisa meningkatkan produktivitasmu. Hal tersebut dikarenakan kamu sudah berhasil melawan rasa malas. Kamu sudah berhasil menahan godaan untuk tidak tidur lagi. Melainkan segera mengambil wudhu dan salat Tahajud. Jika salat Tahajud rutin kamu tunaikan maka kamu pun terbiasa untuk melawan rasa malas dalam kehidupan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, hidupmu pun menjadi lebih produktif.

7. Pertolongan Tuhan selalu ada untukmu yang rutin menunaikan salat Tahajud. Terlebih untukmu yang tengah berada dalam kesulitan.

Perbanyak tahajud jika kamu sedang dalam masalah.

Perbanyak tahajud jika kamu sedang dalam masalah. via favim.com

Kamu yang tengah dirundung masalah, baik keluarga, ekonomi, sampai yang sedang berjuang melawan penyakit, bisa meminta pertolongan Allah dengan bertahajud. Karena pertolongan Allah selalu ada untukmu yang rutin menunaikan salat Tahajud.

8. Bahwa sesungguhnya salat Tahajud mampu melembutkan hatimu yang keras.

Tahajud untuk melembutkan hati.

Tahajud untuk melembutkan hati. via blog.abatasa.co.id

Karena itu, bersegeralah untuk menunaikan shalat Tahajud dan raih manfaatnya (balasannya) (QS As-Sajdah [32]: 17)

Salah satu kebaikan yang bisa kamu dapat dari menunaikan salat di sepertiga malam adalah semakin membuat hatimu lembut. Kamu yang masih berat untuk bersedekah, malas untuk membaca Al Quran, atau ibadah lainnya, bisa diobati dengan rutin salat Tahajud. Tapi, bukankah berat menunaikan salat Tahajud ketika hati tengah keras dan keimanan sedang menurun? Kembali ke pasal satu, tidak ada kata sulit atau berat untuk menjemput hidayahNya.

Delapan kebaikan salat Tahajud sudah coba Hipwee rangkum buat kamu. Semoga bisa membuatmu semakin semangat untuk bangun di sepertiga malam dan menunaikan salat Tahajud. Semoga bermanfaat 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya