Prospek Lulusan Jurusan Psikologi, Bisa Kerja di Bidang Apa Saja, ya?

Ada beberapa bidang yang bisa kamu pilih sesuai passion, bisa masuk formasi CPNS juga!

Ketika memilih jurusan atau program pendidikan alias prodi, tentu harus mengetahui prospek kerjanya supaya bisa menentukan rencana karier dengan baik. Salah satu jurusan yang ramai peminat dan memiliki prospek kerja yang cukup luas adalah psikologi. Jurusan yang secara umum mempelajari ilmu terapan tentang perilaku, fungsi dan proses mental ini memang banyak diperlukan oleh berbagai bidang.

Advertisement

Selain itu, dalam proses belajar kamu juga akan diberi kesempatan untuk memilih konsentrasi bidang yang kamu minati misalnya psikologi klinis, pendidikan, perkembangan, industri dan organisasi, serta sosial. Maka nggak heran jika prospek kerja lulusan psikologi pun cukup luas. Kira-kira jurusan psikologi bisa kerja apa saja, ya? Yuk, simak ulasan prospek kerja jurusan psikologi berikut!

Prospek kerja jurusan psikologi klinis lulusan S1 dan S2 yang banyak dibutuhkan saat ini

Jurusan psikologi kerja apa

Psikolog sedang memberikan intervensi | Credit by Pressmaster on Depositphoto

Psikologi klinis merupakan salah satu bidang psikologi yang cukup umum dan menjadi dasar di bidang-bidang lainnya, terutama psikologi perkembangan. Di sini lebih banyak dibutuhkan kemampuan penanganan klinis seperti intervensi hingga penegakan diagnosis. Berikut prospek kerja psikologi klinis:

1. Psikolog

Jika berminat menjadi psikolog, minimal kamu harus menempuh pendidikan hingga S2 psikologi klinis. Seorang psikolog bisa melakukan intervensi, menegakkan diagnosis dan menentukan tindakan untuk klien atau pasien. Saat ini, di Indonesia masih membutuhkan banyak psikolog baik anak maupun dewasa untuk mewujudkan salah satu program pemerintah, di mana satu puskesmas harus memiliki satu psikolog praktik.

Advertisement

2. Terapis kesehatan mental

Prospek kerja sebagai seorang terapis saat ini banyak dibutuhkan oleh rumah sakit hingga biro layanan psikologi. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh lulusan S1 dan S2 psikologi klinis. Dalam menjalankan tugasnya, seorang terapis akan menangani klien yang mengalami gangguan mental berdasarkan diagnosis dari psikolog dan psikiater.

3. Konselor

Sekilas konselor ini mirip psikolog, karena harus bisa melakukan intervensi melalui konsultasi. Namun, konselor bisa dilakukan oleh lulusan S1 psikologi, karena dalam melakukan tugasnya nggak perlu sampai penegakan diagnosis. Konselor biasanya ditempatkan pada sesi konseling, bisa bekerja di biro psikologi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan juga konsultan.

Advertisement

4. Staf biro psikologi

Sebagai staf, pekerjaan ini bisa dilakukan oleh lulusan S1 psikologi. Dalam tugasnya, staf biro psikologi biasanya bertugas membantu proses intervensi misalnya memberikan psikotes baik itu tes kecerdasan, maupun kepribadian.

Baca konten menarik seputar kondisi emosi seseorang: Kenali 54 Jenis Emosi Serta Tanda di Baliknya. Makin Paham Suasana Hati~

Prospek kerja jurusan psikologi pendidikan lulusan S1 dan S2 yang sedang banyak dibutuhkan

Jurusan psikologi kerja apa

Dosen | Credit by Syda_Produstions on Depositphoto

Di bidang pendidikan, psikologi memiliki peran yang cukup signifikan dalam ranah terapan hingga pengembangan kebijakan. Nggak hanya tenaga pengajar, psikologi juga dibutuhkan dalam berbagai penelitian di bidang pendidikan. Berikut prospek kerja jurusan psikologi pendidikan:

1. Dosen psikologi

Supaya bisa menjadi dosen psikologi, kamu harus menempuh pendidikan minimal hingga S2 psikologi, baik itu konsentrasi di klinis maupun pendidikan pada khususnya. Selain mengajar, seorang dosen juga harus menghasilkan karya-karya ilmiah melalui penelitian.

2. Guru Bimbingan Konseling  (BK) di sekolah

Sebenarnya, guru BK sebenarnya berasal dari jurusan yang lebih spesifik, yakni Pendidikan BK. Namun, bagi seorang lulusan psikologi S1, juga bisa bekerja sebagai guru BK yang bertugas mendidik siswa dari segi mental, pengembangan diri, serta perkembangan anak.

3. Penentu kebijakan pendidikan

Sebenarnya pekerjaan ini bisa berasal dari jurusan yang lebih spesifik. Namun, seorang lulusan psikologi dengan konsentrasi pendidikan juga bisa bergabung dalam penentu kebijakan, misalnya saja dalam menentukan kurikulum.

4. Peneliti dan penulis jurnal ilmiah

Jika senang dengan inovasi dan penelitian, menjadi seorang peneliti dan penulis jurnal ilmiah psikologi adalah pekerjaan paling tepat. Menjadi seorang peneliti di bidang psikologi bisa berasal dari lulusan S1 maupun S2. Selain melakukan penelitian, kamu juga bisa mengembangkan ilmu supaya lebih bermanfaat.

Prospek kerja jurusan Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) yang saat ini banyak dibutuhkan

Jurusan psikologi kerja apa

Bekerja di perusahaan | Credit by Krakenimages on Depositphoto

Jika berminat berkarier di perusahaan, PIO adalah bidang paling tepat. Di sini, lulusan psikologi dibutuhkan untuk membantu mengelola sumber daya manusia supaya efektif, efisien dan lebih sejahtera. Berikut beberapa prospek kerja kuliah psikologi industri:

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE