Banyak yang Percaya Bahwa Jus Jambu Bisa Sembuhkan Demam Berdarah. Ini Penjelasan Lengkapnya

Jus Jambu

Selama masa pandemi ini, wabah demam berdarah kembali menyerang beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan hingga Juli lalu, Kemenkes mencatat hampir 71 ribu jiwa terserang penyakit demam berdarah, mengutip laman CNN. Berbicara mengenai demam berdarah, salah satu hal yang kerap disangkutpautkan ialah jus jambu. Banyak yang percaya kalau jus jambu bisa menaikkan trombosit pada penderita demam berdarah. Saking sudah mendarah dagingnya isu ini, tak sedikit yang percaya kalau jus jambu benar-benar bisa menyembuhkan demam berdarah.

Advertisement

Melansir dari banyak sumber, berikut Hipwee Tips coba kulik seperti apa keefektifan jus jambu biji untuk meredakan penyakit demam berdarah. Jika memang betul manjur, bagaimana cara kerja serta kombinasi jus jambu biji merah yang dianjurkan? Berikut ulasan lengkapnya.

Beberapa penderita demam berdarah sering dianjurkan minum jus jambu untuk menaikkan HB. Apa benar jus jambu bisa menyembuhkan demam berdarah?

Benarkan efektif untuk menyembuhkan demam berdarah? | credit: Wolipop via wolipop.detik.com

dr. Resthie Rachmanta Putri dalam laman KlikDokter menyebut bahwa jus jambu ternyata tak dapat membunuh virus dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah secara langsung. Menurutnya, jus jambu hanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada penderita demam berdarah berkat kandungan vitamin C-nya. Tapi bukan berarti jus jambu ialah satu-satunya senjata untuk sembuh dari demam berdarah.

Pasien demam berdarah tetap mesti mengonsumsi banyak cairan serta istirahat total supaya kondisi tubuhnya kembali pulih. Aturan ini pun berlaku pada jus jambu untuk tipes, ya! Intinya, jus jambu bukanlah untuk menyembuhkan demam berdarah maupun tifus, tapi lebih ke meningkatkan sistem imun untuk bantu proses pemulihannya saja.

Meski manfaat jus jambu merah bukan untuk menyembuhkan demam berdarah secara langsung, minuman ini punya peran pada proses penyembuhan pasien demam berdarah maupun tifus

manfaat sebenarnya jambu biji | credit: Pinterest via www.pinterest.ru

Dalam jus jambu terdapat kandungan vitamin C cukup tinggi yang  dapat dapat memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru. Secara nggak langsung, hal ini bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit demam berdarah maupun tifus — meski bukan bukan satu-satunya cara. Apalagi dalam jus jambu biji putih juga memiliki kandungan quercentin yang dapat difungsikan sebagai zat antiperadangan, antialergi, dan antioksidan yang ampuh untuk mencegah pembentukan enzim mRNA atau enzim yang membuat virus dengue semakin kuat dan menyebar dalam tubuh pasien demam berdarah atau DBD, melansir laman Hello Sehat.

Pada pasien DBD, jumlah kepingan darah juga perlu ditingkatkan. Untuk itu, kamu dapat meminum jus jambu sesuai aturan karena kandungan kalsium serta mineral di dalamnya mampu memperbaiki jaringan sekitar pembuluh darah yang rusak atau mengalami gangguan akibat virus dengue ini.

Berikut teks prosedur cara membuat jus jambu biji untuk pasien demam berdarah. Ternyata sedikit berbeda dengan cara membuat jus jambu untuk dijual

Advertisement

cara buat jus jambu | credit: Uma Kitchen via www.umakitchen.com

Cara membuat jus jambu untuk demam berdarah tak bisa sembarangan. Kudu diperhatikan betul tingkat kematangan dan rasa jambunya agar aman dikonsumsi. Terutama jika penderita demam berdarah juga memiliki asam lambung. Berikut panduan membuat jus jambu untuk asam lambung bagi pasien demam berdarah.

Cuci bersih tiga jambu biji matang. Blender sampai halus tapi nggak perlu pakai gula ataupun susu. Kemudian saring sampai jus terpisah dari biji-bijinya. Usahakan tak ada biji yang termakan agar cepat diserap organ pencernaan.

Selain dijadikan jus, jambu biji juga dapat dimakan langsung bersama kulitnya tapi kudu dicuci lebih dulu. Atau, kalau mau instan, bisa minum jus jambu kemasan seperti jus jambu Buavita. Tapi jangan berlebihan karena kandungan gulanya cukup tinggi.

Aturan minum jus maupun ekstrak jambu biji untuk penderita demam berdarah pun nggak boleh asal-asalan. Kudu sesuai anjuran agar tak menyebabkan keluhan penyakit lainnya

aturan minum jus jambu | credit: dwiputrirats via www.istockphoto.com

Jus jambu bisa diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari untuk meningkatkan imunitas, melansir laman Dokter Sehat. Selain jus jambu, kamu pun boleh minum rebusan air daun jambu biji untuk meningkatkan trombosit. Menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji ini bisa meningkatkan trombosit hingga 100.000/mm³ dalam periode sekitar 16 jam, melansir laman Kompas. Aturan minumnya ekstraknya sama dengan jus jambunya, ya!

Untuk meredakan demam berdarah, sebenarnya minum jus jambu merah campur susu boleh-boleh saja. Tapi jangan diminum tepat setelah atau sebelum minum obat karena susu bisa menetralkan efek obatnya. Selain bisa meningkatkan sistem imun saat mengalami demam berdarah, jus jambu untuk diare pun cukup bisa diandalkan lo. Belum lagi manfaat jus jambu untuk ibu hamil yang ampuh menjaga staminanya agar nggak gampang sakit. Ampuh banget, kan? Semoga menjawab rasa penasaranmu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE