Namanya juga orang Indonesia. Mana bisa hidup tanpa cabe, sambal, dan kuliner pedas? Bahkan, petugas bandara di berbagai negara juga nggak kaget kalau ngelihat botol sambal saus di tas atau koper penumpang Indonesia. Di sekitar rumah atau kampusmu pun, pasti ada warung yang terkenal dengan makanan pedasnya.

Tapi, jangan berani ngaku kamu pecinta pedas sejati kalau belum pernah mencoba 7 kuliner pedas ini. Kuantitas cabenya yang “istimewa” dan rasanya yang berpadu dengan jeruk nipis, garam, atau gula sungguh memanjakan lidah. Eh, gak perlu jauh-jauh ke luar untuk menjajal kelezatan makanan-makanan di bawah ini. Di rumah, kamu juga bisa coba sendiri kok! Yuk cek resepnya!

1. Ayam Taliwang Lombok. Pedes-pedes nyoosss!

ayam taliwang Lombok

ayam taliwang Lombok via www.telusurindonesia.com

Advertisement

Yang belum pernah nyobain atau bikin Ayam Taliwang khas Lombok ini, mendingan dari sekarang nggak usah ditunda-tunda deh. Restoran yang biasanya disajikan dengan menu pelengkap Plecing Kangkung ini udah bertebaran di mana-mana. Nggak jauh berbeda ya dengan restoran masakan Padang, di mana setiap tikungan jalan pasti ada.

Nah, buat kamu yang penasaran mau masak sendiri, Hipwee punya resepnya nih. Apa aja sih bahan-bahannya? Yuk simak!

Bahan utama:

Advertisement
  • 1 ekor ayam kampung, cuci bersih, buang isinya. Belah dua, tapi jangan sampai benar-benar putus
  • 400 ml santan kelapa (1/2 butir buah kelapa)
  • 2 sdm gula merah halus yang telah disisir
  • 2 sdm perasan air jeruk limau
  • 1 sdt garam halus
  • 4 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:

  • 5 butir bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 5 butir kemiri, cuci lalu sangrai
  • 8 buah cabai merah keriting, cuci bersih kemudian bakar sebentar dengan api
  • 3 buah cabai merah besar (cabai Lombok), cuci bersih dan kemudian bakar sebentar dengan api
  • 1 ½ sendok teh terasi yang telah disangrai kering

Cara pembuatan:

  • Jangan lupa cuci bersih ayam yang sudah dibelah ya, lalu taburi dengan perasan jeruk limau dan garam. Diamkan 30 menit sampai wangi jeruknya meresap
  • Siapkan panggangan dari bara api. Panggang ayam di atasnya sampai setengah matang. Setelahnya, letakkan ayam di sebuah wadah atau mangkuk ya
  • Panaskan minyak goreng dengan wajan, lalu tumis bumbu yang kamu sudah haluskan sampai wangi dan berubah warna. Masukkan air santan, garam dan gula merah halus. Aduk sampai rata dan mendidih.
  • Masukkan ayam ke dalam wajan dengan api ukuran kecil.
  • Setelah matang dan kuah masakan tinggal sedikit, angkat ayam dan sisihkan.
  • Kamu bisa siapkan panggangan kemudian bakar ayam bolak-balik supaya tingkat kematangan ayamnya merata. Oleskan dengan sisa kuah yang sebelumnya udah kamu gunakan untuk merebus
  • Ayam Taliwangnya udah matang deh dan siap disajikan untuk 4 porsi

Yang perlu kamu perhatikan kalau mau memasak ayam taliwang ini yaitu umur ayam yang digunakan nggak boleh terlalu tua. Kira-kira, usianya 3-4 bulan lah. Dengan begitu, ayam taliwang yang kamu buat akan empuk dan enak di lidah.

Kalau menurutmu masih belum pedas, kamu bisa meningkatkan level pedasnya pada bahan dan bumbu. Selamat mencoba!

Resep diolah dari Tabloid Kuliner.

2. Coba gado-gado super pedas yuk! Siapa tahu, kamu yang maniak pedas tapi kurang suka sayuran jadi terinspirasi ;p

gado-gado super pedas

gado-gado super pedas via www.resepmasakanindonesia.me

Sayuran itu penting banget buat kamu lho. Tapi, Hipwee paham kok kalau kamu ada juga yang nggak suka sayuran. Nah, karena sayur bagus banget buat tubuh kamu, masyarakat Indonesia udah dari jaman dulu menyediakan menu-menu makanan yang bisa mengubahmu jadi gemar makan sayur. Ada gado-gado super pedas nih yang udah nungguin kamu untuk diolah. Berikut ini bahan-bahan yang udah Hipwee siapin buat kamu. Iya, kamu. *Lha?*

  • 5 buah lontong ukuran sedang
  • 50 gram kecambah
  • 50 gram kubis putih
  • 2 buah mentimun segar
  • 3 buah kentang
  • 4 butir telur ayam
  • Selada secukupnya
  • Tempe dan tahu secukupnya aja
  • 8 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 100 gram kacang tanah
  • 1000 ml santan kelapa
  • 2 sendok makan tepung beras
  • Gula merah secukupnya aja
  • Asam jawa secukupnya aja
  • Garam secukupnya aja

Cara Membuat:

  • Blender kacang tanahnya hingga halus. Pada wadah terpisah, campurkan kacang tanah yang sudah halus dengan santan kelapa. Aduk sampai kedua bahan tercampur.
  • Selanjutnya, siapkan kompor dan rebus campuran santan dan kacang tanah tadi. Aduk-aduk sampai matang.
  • Haluskan bawang putih dan cabai. Karena kamu suka pedas, perlu banget cabainya ditambahin.
  • Siapkan wajan dan langsung tumis bumbu gado-gado tadi sampai harum ya. Kalau sudah matang, masukkan tumisan bumbu ke dalam saus kacang. Kamu juga bisa tambahkan gula merah, garam, dan sedikit air asam.
  • Rebus lagi saus kacangnya dengan api berukuran kecil, aduk dan tunggu sampai matang. Saus yang matang bisa mengeluarkan sedikit minyak dan volumenya berkurang lho. Jadi, kalau kamu suka bumbu dan saus yang kental, kamu bisa menambahkan larutan dari tepung beras.
  • Saus kacangnya udah selesai? Sekarang, kamu bisa merebus sayur untuk gado-gado. Misalnya saja kentang dan kubis.
  • Jangan lupa menata lontong, tempe-tahu goreng, dan sayuran yang sudah direbus. Lalu siram isi gado-gado dengan saus kacang. Jadi, deh!

Udah 10 cabai yang digunain dan lidah kamu masih bilang: “mana rasa pedasnya?”. Yaudah kamu nggak usah bingung harus ngapain, langsung aja tambahin cabai merah keriting biar pedasnya menggugah selera makanmu!

Diolah dari Menu Resep.

3. Tempe digoreng aja enak, apalagi kalau dipenyet pakai sambal terasi?

tempet penyet sambal terasi

tempet penyet sambal terasi via dapuranda.net

Jangan ngaku orang Indonesia kalau nggak suka tempe! Tempe mau diapain aja dijamin enaknya, nggak kalah dengan daging ayam atau sapi.

Salah satu menu tempe yang wajib kamu coba adalah tempe sambal terasi. Disajikan dengan nasi hangat, hmmm~ Dengan harga tempe yang murah meriah, kamu jadi nggak sulit ketika mau memasaknya. Ini nih bahan dan bumbunya:

Bahan:

  • 300 gram tempe, dipotong 5x5x1
  • ½ cm
  • 150 ml air
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 1 sendok teh garam

Bahan Sambal:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 2 sendok teh terasi, dibakar
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh air jeruk limau

Cara membuat:

  • Untuk membuat sambalnya, goreng cabai merah, cabai rawit merah, bawang putih, dan bawang merah hingga layu.
  • Kalau udah, tempatkan semuanya di cobek lalu ulek bersama terasi, garam, dan gula pasir. Ulek sampai rata dan tambahkan air jeruk limau.
  • Kemudian, lumuri tempe dengan campuran bumbu halus dan air.
  • Setelahnya, tinggal goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan. Pakailah api yang sedang hingga matang.
  • Penyetkan tempe di atas sambal. Kalau udah, tinggal disajikan deh!

Resep ini diolah dari Sajian Sedap.

Jangan lupa ya nikmati sajian ini selagi hangat. Biar nggak cuma nasi putihnya aja yang bikin lidah kamu berasap, tempenya juga. Gak ketinggalan, sambal terasinya itu lho…

4. Yang mau cepat dan gak pakai ribet, kamu bisa bikin nasi goreng teri Medan

nasi goreng teri Medan

nasi goreng teri Medan via ikhsanresep.com

Kalau lagi bingung mau masak apa dan bahan mentah yang ada nggak cukup untuk diolah sebagai menu utama, kamu bisa pilih menu masakan yang gampang. Ada nasi goreng yang nggak pernah mengecewakan kamu di saat lapar lho. Karena menu utamanya adalah nasi, jadi jangan lupa sediakan nasi putih dan beberapa bahan pelengkap sederhana lainnya.

Misalnya aja telur ayam, sawi, sosis, dan nggak ketinggalan teri Medan. Supaya rasa nasi gorengnya nanti ada pedas dan asin-asin gurih. Siapa yang nggak mau?

Bahan:

  • 4 piring nasi putih yang nggak pulen
  • 4 butir telur ayam, buat mata sapi
  • 50 gram teri Medan, cuci bersih, tiriskan

Bumbu halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1 butir kemiri
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • Minyak goreng untuk menumis

Pelengkap:

  • Kerupuk udang
  • Acar

Cara Membuat:

  • Tumis teri Medan sampai kering. Kalau sudah, sisihkan.
  • Panaskan sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu halus sampai wangi. Lalu masukkan nasi putih dan aduk sampai merata. Jangan lupa tambahkan minyak wijen dan kecap manis. Lalu aduk kembali sampai nasi benar-benar panas.
  • Masukkan teri Medan goreng dan aduk sebentar. Kamu angkat dan sajikan dengan telur mata sapi, kerupuk udang dan acar.

Resep ini diolah dari Baca Resep Dulu.

Kamu harus banget gunakan nasi yang pera (nggak pulen) ya, supaya nanti saat diaduk di wajan nggak lengket. Dengan begitu, bahan dan bumbu nasi goreng teri Medanmu bisa tercampur dengan sempurna. Kalau kamu tetap ingin menggunakan nasi pulen, silakan aja — tapi jangan lupa, gunakan lebih sedikit air supaya nasi tidak lengket.

5. Kamu penggemar sate? Berarti kamu wajib nyobain sate lilit ayam khas Bali!

sate lilit ayam khas Bali

sate lilit ayam khas Bali via resephariini.com

Kuliner satu ini terkenal banget rasa lezatnya dan keunikan tampilannya. Bahan utama sate lilit sendiri nggak melulu harus ayam lho, tapi bisa juga daging sapi, udang, ikan, bahkan tahu. Kali ini Hipwee akan kasi tahu apa-apa aja yang diperlukan untuk membuat sate lilit ayam dan nggak ketinggalan juga sambal matah, teman setianya sate lilit ini. Yuk simak!

Bahan-bahan Sate Lilit Ayam:

  • Daging ayam giling 300 gram
  • 6 sdm kelapa parut muda
  • 1 sdt garam
  • Serai 12 batang (untuk tangkai sate lilit). Potong sedikit saja pangkal dan ujungnya sampai masing-masing berukuran 17cm. Cuci bersih, lalu tiriskan supaya kering.

Bumbu Halus Sate Lilit Ayam:

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah 3 buah
  • Kencur 1 ruas
  • Jahe 1 ruas
  • Lengkuas 1 ruas
  • Kunyit 1 ruas
  • Kemiri sangrai 3 butir
  • Merica butiran ½ sendok teh
  • Ketumbar sangrai ½ sendok teh
  • Serai 1 batang (diambil bagian putihnya)

Sedangkan kalau kamu mau buat sambal matah, jangan digoreng atau direbus dulu. Karena sambal matah ini memang terbuat dari bahan-bahan mentah. Kurang apa nikmatnya?

Bahan sambal matah

  • Cabai rawit hijau 15 butir
  • Cabai rawit merah atau rawit setan 5 butir
  • Bawang merah 5 butir
  • Terasi 1 sachet (ukuran kecil)
  • Garam ½ sendok teh
  • Jeruk nipis 1 buah (peras lalu ambil airnya)
  • Minyak goreng 1 sendok makan

Cara Membuat Sate Lilit Ayam:

  1. Pertama-tama, haluskan bumbunya. Untuk gampangnya sih bisa gunain blender dengan sedikit air (benar-benar sedikit ya airnya).
  2. Di mangkuk ukuran sedang, campur daging ayam giling, kelapa parut dan bumbu halus serta garam. Aduk sampai merata.
  3. Siapkan pan datar, berikan sedikit minyak, dan panaskan. Kamu bisa cicipi rasanya dengan mengambil sedikit adonan, lalu masak sebentar sampai matang.
  4. Ambil sekepal adonan, kepalkan pada serai supaya datar. Kamu bisa taruh di pan datar dan lakukan sampai seluruh adonan semua habis.
  5. Masak dan bolak-balik sampai seluruh sisi sate lilit matang. Kemudian angkat  dan sisihkan.

Cara Membuat Sambal Matah:

  1. Kamu iris bawang merah dan cabai, lalu campur di dalam mangkuk dan remas-remas menggunakan tangan. Supaya tanganmu nggak kepanasan, kamu bisa gunain sarung tangan plastik.
  2. Goreng terasinya sambil dihancurkan. Kalau udah hancur, kamu bisa langsung tuangkan terasi berikut minyaknya ke dalam mangkuk yang berisi bawang dan cabai tadi ya.
  3. Tambahkan garam dan air jeruk nipis, kemudian silahkan aduk sampai rata.
  4. Sudah siap deh, silahkan disajikan dan dinikmati.

Resep ini diolah dari Resep Hari Ini.

Karena udah sering makannya sate ayam dan kambing, memang nggak ada salahnya kamu sesekali mencoba sate lilit ayam khas Bali ini. Kamu juga bisa variasiin menu utamanya mau memakai apa. Dijamin suka dan nggak bakal bosen deh! Belum lagi rasa pedasnya yang membuat kamu semakin nagih untuk makan lagi makan lagi.

6. Yang pedas-pedas nggak melulu lauk, tapi juga cemilan kayak seblak basah asli Bandung nih!

seblak basah Bandung

seblak basah Bandung via www.vemale.com

Kuliner khas Bandung ini murah meriah banget. Bahan dan bumbunya yang mudah ditemui dan bikinnya yang nggak repot, membuat fans seblak basah jadi membludak. Nggak cuma itu aja, seblak ini juga termasuk kuliner unik karena bahan utama kerupuk mentah yang biasanya digoreng dengan minyak, malahan direbus dalam air mendidih.

Setelah direbus, kerupuk ini ditumis dengan bahan pelengkap, misalnya telur dan sayuran. Seblak basah disajikan dengan sedikit kuah, jadi nggak terasa kering dan gurih seperti kalau kamu makan kerupuk biasanya ya. Berikut ini Hipwee rangkum resep-resepnya:

Bahan:

  • 200 gram kerupuk aci kuning mentah
  • 3 butir telur ayam
  • 5 butir bakso sapi (iris tipis)
  • 2 batang sosis sapi (iris tipis)
  • 1 batang bawang daun polong (iris halus)
  • Garam secukupnya
  • Sedikit gula pasir
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 15 buah cabe rawit merah
  • 2 sendok teh air asam jawa
  • 1 buah tomat merah

Cara Membuat Seblak Basah :

  1. Kamu perlu merebus kerupuk dalam air yang mendidih sampai lunak, kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Rendam kerupuk ke dalam air yang dingin sebentar saja. Lalu angkat dan tiriskan.
  3. Bumbu-bumbunya ditumis dan haluskan hingga wangi.
  4. Tuang setengah gelas air, lalu masukkan kerupuk yang udah direbus tadi. Aduk sampai merata.
  5. Masak terus hingga kuah lumayan menyusut. Masukkan telur kocok, bakso, sosis dan irisan bawang daun polong.
  6. Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa, aduk rata dan siap disajikan.

Resep ini diolah dari Resep Nasional.

Nah, dari 6 kuliner Indonesia yang udah bikin kamu ngiler, langsung aja praktikkan ya. Instruksinya cukup mudah diikuti, ‘kan? Jangan lupa juga berbagi ke orang di sekitarmu, siapa tau setelahnya kamu dapat order ;p.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya