Rincian Kalori Kentang Rebus untuk Pengganti Nasi Putih. Cepat Kenyang!

Kalori kentang rebus

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang memang penting, tetapi kita juga perlu memperhatikan jumlah kalori yang kita konsumsi sehari-hari lo. Pasalnya, asupan kalori inilah yang kerap menjadi penyumbang kenaikan berat badan. Kamu bisa menghitung total kebutuhan kalorimu berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan.

Advertisement

Setelah itu, kamu bisa mulai mengecek jumlah kalori dari masing-masing sumber makanan seperti nasi putih dan kentang yang dikenal sebagai sumber karbohidrat. Kira-kira berapa ya jumlah kalori kentang rebus dan seperti apa perbandingannya dengan nasi putih? Nah, daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan berikut ini!

Rincian kalori yang terdapat di dalam kentang rebus

Kalori kentang rebus | Photo by Mateusz Feliksik from Pexels

Melansir dari laman Fat Secret Indonesia, dalam 100 gram kentang rebus mengandung 87 kalori, dalam satu mangkuk kentang rebus mengandung 140 kalori, serta dalam satu porsi kentang rebus yang setara dengan 205 gram mengandung 178 kalori. Rincian kandungan nutrisi dalam 100 gram kentang rebus yang memiliki 87 kalori ini terdiri dari 1% lemak, 91% karbohidrat, dan 8% protein. Hal ini membuktikan bahwa kentang rebus dapat menjadi sumber karbohidrat yang sehat dan rendah lemak.

Perbedaan jumlah kalori yang terdapat pada kentang dan nasi putih

Perbandingan kalori kentang dan nasi putih | Photo by Pille R. Priske/Clark Douglas on Unsplash

Melansir dari laman Hello Sehat, dalam 100 gram nasi putih mengandung 130 kalori, sedangkan seperti dalam 100 gram kentang mengandung 87 kalori. Hal ini membuktikan bahwa mengonsumsi nasi putih dan kentang dalam jumlah yang sama akan memberikan total kalori yang berbeda, lo. Nasi putih mengandung jumlah kalori yang lebih tinggi daripada kentang.

Advertisement

Melihat dari jumlah kalori dan perbandingannya dengan nasi putih, kentang dapat menjadi salah satu sumber karbohidrat yang rendah kalori untuk orang yang sedang menjalani program diet. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, kamu perlu mengurangi asupan kalori secara bertahap mulai dari 500-1000 kali dalam satu minggu dan mengonsumsi kentang bisa menjadi solusi untuk mengurangi asupan kalori.

Kentang rebus memiliki jumlah kandungan karbohidrat yang lebih rendah daripada nasi putih

Kandungan karbohidrat pada kentang | Photo by Andrey Konstantinov on Unsplash

Karbohidrat seringkali dianggap sebagai penyebab melonjaknya berat badan seseorang. Sebenarnya hal ini nggak sepenuhnya salah, terlebih jika karbohidrat dikonsumsi secara berlebihan, misalnya mengonsumsi mi instan dengan nasi putih. Kombinasi dua makanan ini memang enak, tapi jumlah kalori yang kita konsumsi jadi lebih tinggi karena keduanya sama-sama mengandung karbohidrat.

Advertisement

Meski begitu, bukan berarti kita sama sekali nggak membutuhkannya lo, tubuh kita harus tetap diberi asupan karbohidrat untuk diolah menjadi energi. Para ahli menyarankan 45–65 persen dari total kalori per hari berasal dari karbohidrat.

Kamu bisa mencukupi kebutuhan ini dengan mengonsumsi kentang karena terdiri dari 66–90% karbohidrat yang lebih rendah daripada nasi putih. Dalam 100 gram kentang mengandung 21,08 gram karbohidrat, sedangkan dalam 100 gram nasi mengandung 28,73 gram karbohidrat.

Kandungan protein dalam kentang rebus cenderung paling rendah, tapi kualitasnya paling tinggi

Kandungan protein pada kentang | Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Melansir dari laman Alodokter, protein berfungsi untuk memproduksi zat kimiawi tubuh seperti hormon dan enzim. Selain itu, protein juga diperlukan untuk proses pembentukan otot, tulang, sel darah, rambut dan kulit. Kandungan protein pada kentang memang tergolong rendah, bahkan paling rendah daripada tanaman pangan lainnya, seperti jagung dan gandum.

Dalam 100 gram kentang rebus hanya terdapat 1,87 gram protein atau sekitar 8 persen protein saja. Meski begitu, kentang memiliki kualitas protein tinggi yang berasal dari patatin.

Sedangkan kandungan seratnya lebih tinggi, sehingga cocok jadi pengganti nasi putih

Kandungan serat pada kentang | Photo by Peter Schad on Unsplash

Sebenarnya serat nggak berpengaruh terhadap proses pembakaran lemak di dalam tubuh, tetapi serat dapat membantu kita merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Serat akan bekerja sebagai pembersih saluran pencernaan dan merangsang reseptor ke otak untuk memberi tahu bahwa kita sudah dalam kondisi kenyang. Sehingga ketika kita kenyang, kita akan cenderung berhenti makan sehingga berat badan bisa lebih terjaga.

Kentang juga memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada nasi yaitu sekitar 2,2 gram, sedangkan nasi putih mengandung sekitar 0,4 gram serat. Serat pada kentang lebih banyak terdapat di bagian kulit dan termasuk salah satu jenis serat yang bisa menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus besar. Kamu bisa mendinginkan sebentar kentang yang telah direbus, karena kandungan seratnya lebih tinggi daripada mengonsumsi kentang yang masih panas.

Terakhir, kamu bisa mengolah kentang menjadi makanan sehat melalui beberapa cara

Cara mengolah kentang } Photo by Gilberto Olimpio on Unsplash

Kentang memiliki banyak kandungan nutrisi terutama pada bagian kulitnya, sehingga kita juga harus tetap memperhatikan cara pengolahannya agar mendapatkan manfaat yang optimal. Kamu bisa mengolah kentang dengan cara merebus, mengukus, dan juga memanggang agar nutrisinya tetap terjaga. Sebaliknya, mengolah kentang untuk dijadikan keripik kentang justru akan membuat jumlah asupan kalori kita bertambah karena menggunakan minyak untuk pengolahannya.

Nah, itu dia rincian kalori kentang rebus yang ternyata lebih rendah daripada nasi putih. Bagi kamu yang sedang atau ingin menjalani program penurunan berat badan, kentang bisa jadi pilihan alternatif untuk asupan sumber karbohidrat yang rendah lemak.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE