“Ya ampun, kamu nge-gym? Bukannya gym itu tempat serem ya?”

“Hah, serem gimana?”

Sebenarnya gym alias pusat kebugaran itu adalah tempat yang biasa-biasa saja: nggak serem (memangnya kuburan?) atau penuh orang-orang yang hanya peduli soal pembentukan badan. Gym pada intinya adalah tempat untuk olahraga. Bukan  hanya untuk angkat beban berat saja, kamu juga bisa mendaftar aerobik, zumba, pilates, yoga, body language, body combat, dan lain-lain. Bahkan di beberapa gym kamu juga bisa renang, tenis, atau squash.

Tapi kenyataannya tetap banyak orang – terutama kamu para cewek – yang masih ragu untuk pergi ke gym. Padahal sebenarnya, nge-gym itu kebiasaan sehat yang bisa memberimu banyak manfaat!

Pergilah ke gym dengan niat menjaga kesehatan. Jangan khawatir kamu akan berotot atau terlihat “menyeramkan”

Gym via 98five.com

Pertama, hanya karena kamu pergi ke gym, belum tentu badanmu akan langsung berotot

Kedua, cewek-cewek berotot itu sebenarnya nggak menyeramkan! Justru mereka pantas dapat decak kagum karena membentuk badan seperti itu nggak gampang!

Advertisement

Gym memang identik dengan dumbbell, barbell, dan alat-alat fitness lainnya yang membentuk badan. Tapi tenanglah, rutin menggunakan alat-alat itu di gym tidak akan membuat badanmu tiba-tiba jadi seperti Ade Rai kok. Cewek tidak memiliki hormon seperti cowok untuk itu, sehingga kalaupun kamu mau membentuk otot ala Ade Rai, kamu harus mau menjalani program latihan yang serius serta diet ketat. Kalau cuma nge-gym 2-3 kali seminggu, 30-60 menit per sesinya, kamu sih nggak akan

Jangan takut digodain juga. Justru cowok di gym lebih respek pada perempuan dibanding cowok-cowok yang sering suit-suitin kamu di jalan

Justru jogging di jalan bikin kamu lebih rentan catcall via www.nicerbse.com

“Suit-suittt, Mbaknya lari malem-malem? Nggak dingin, Mbak?”

(cerita klasik kalau kamu cewek yang hobi jogging: disuit-suitin cowok-cowok di jalan)

Ini nih yang paling sering diomongin cewek-cewek sebagai alasan nggak mau daftar gym: takut digodain cowok-cowok! Padahal mayoritas cowok gym lebih respek terhadap perempuan yang sedang olahraga di sekitar mereka. Paling nggak, kamu nggak akan digodain atau kena catcalls sama cowok-cowok/mas-mas kurang kerjaan yang nongkrong di jalan.

Nggak tahu gimana cara pakai alat gym? Gampang, ajak saja teman kamu yang sudah lebih pengalaman!

Nggak usah takut bingung pakai alatnya via favim.com

Kesulitan lain yang sering bikin kamu ragu pergi ke gym adalah kamu nggak tahu cara mengoperasikan alatnya. Kamu merasa terintimidasi dan paling bodoh sendiri. Tapi sebenarnya kamu nggak usah merasa seperti ini. Ajak saja teman kamu yang sudah lebih pengalaman untuk pergi nge-gym bareng kamu. Selain diajarin makai alat dan tahu fungsi-fungsinya, kamu jadi ada temannya juga ‘kan? Kamu bahkan bisa bertanya secara random pada mereka yang sedang latihan di sampingmu. Biasanya, mereka justru sangat terbuka untuk membantu. Pilihan terakhir, kamu bisa meminta PT (personal trainer) secara gratis untuk memberimu latihan pertama di gym. Tuh, nggak ribet ‘kan?

Ah, tapi bukannya olahraga di gym itu gitu-gitu aja? Salah banget! Justru dengan banyaknya opsi latihan di gym, latihanmu akan jauh dari membosankan

Bisa zumba juga di gym! via ww.blog.biocarelabs.com

Yakin olahraga di gym itu membosankan? Udah coba semua alatnya belum? Semua bagian tubuh bisa kamu latih dengan berbagai macam alat yang ada di gym, lho! Mulai dari bahu, trisep, bisep, sayap, dada, kaki, betis… Kamu bisa kombinasikan latihan per bagian tubuh ini dengan kardio (treadmill, sepeda, atau aerobik) setiap harinya. Misalnya Senin kamu melatih bahu, Selasa melatih sayap, Rabu dada, Kamis kaki, Jumat trisep-bisep, lalu Sabtu-Minggunya istirahat deh. Dijamin ga monoton deh! Adanya juga kamu bakalan ketagihan! 😀

Tapi nanti kalau break sebentar, badannya melar lagi ‘kan? Eh, siapa bilang…

Setiap manusia yang nggak menjaga badannya akan mendapatkan banyak masalah: entah sakit, kelebihan atau kekurangan berat badan, bahkan masalah psikologis. Ini tak peduli apakah sebelumnya kamu aktif nge-gym atau nggak.

Break sebentar dari gym, selama itu nggak sampai satu bulan lebih, nggak akan bikin badanmu melar. Kamu juga tetap bisa istirahat beberapa hari dari gym saat sedang sakit. Kamu pun bisa melakukan cheating day, alias satu hari di mana kamu makan gorengan atau minuman penuh gula :p

Pada akhirnya, gym adalah sarana untuk menjaga kesehatan. Jangan malu buat nge-gym, justru kamu harus malu kalau malas-malasan!

Inti dari kamu melakukan segala aktivitas di gym adalah untuk hidup sehat. Penyanyi Andien, misalnya, pergi ke gym untuk tujuan ini. Sebelumnya Andien sempat divonis sakit kanker payudara, dan daripada penyakit itu kembali lagi, Andien pun segera mengganti pola hidupnya dengan makan makanan sehat dan rajin nge-gym.

Jadi, coba deh pikirkan lagi apakah alasanmu untuk malu/enggan pergi ke gym itu termasuk logis. Justru seperti yang dipaparkan di atas, gym adalah salah satu tempat yang bisa bikin hidup kita lebih berkualitas. Yuk daftar gym sekarang! 🙂