7 Rekomendasi Kandang Ayam Kayu Kreatif Anti Bau. Tempat Tidur dan Pakannya Nggak Jadi Satu

Kandang ayam

Saat ini, kegiatan beternak ayam menjadi salah satu usaha yang banyak dilakukan orang untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Sudah banyak orang di luar sana yang sukses setelah memutuskan untuk beternak ayam, tak sedikit pula yang kebingungan saat akan memulainya. Salah satu permasalahan yang kerap terjadi adalah bagaimana cara membuat kandang ayam. Secara kandang ayam itu selalu rentan dengan lingkungan yang lembap dan berbau tak enak karena kotorannya.

Advertisement

Oleh sebab itu, kita perlu memutar otak untuk membuat kandang ayam kreatif dan tentunya anti bau. Nggak melulu harus menggunakan bahan-bahan dengan harga yang mahal, hanya dengan kayu aja kita udah bisa bikin kandang ayam impian. Cara membangun kandang ayamnya pun juga nggak susah, low budget, cocok untuk ayam umbaran, dan tentunya tetap usefull meski bentuknya hanya sederhana dan minimalis. Nah, buat kamu yang sedang berencana untuk membuat kandang ayam murah berbahan kayu, simak ulasan di bawah ini biar dapat referensi, ya!

1. Kandang ayam model dome perpaduan antara kayu dan strimin

Kandang ayam kayu / Credit: Chicken cage via Decoredo via decoredo.com

Buatmu yang khawatir kayunya bakal lapuk jika terkena hujan dan panas atau barangkali tak punya cukup waktu untuk melakukan perawatan, model kandang ayam yang satu ini cocok diterapkan. Kandang ayam dome perpaduan antara kayu dan strimin tergolong mudah dalam pembuatannya dan yang jelas tak memerlukan biaya banyak. Ketahanannya jangan diragukan lagi~

2. Pengin yang lebih minimalis? Tenang, kamu bisa membuat kandang ayam simpel dengan model yang satu ini

Kandang ayam kayu minimalis / Credit: Chicken coop via Ubilio via www.ubilio.com

Jika lahanmu tak terlalu besar, kamu bisa mengaplikasikan model kandang ayam yang satu ini. Hampir sama seperti sebelumnya, bahan utama yang dibutuhkan cuma kayu dan juga strimin. Meskipun minimalis, kesan utama yang didapatkan adalah kandang ayam modern. Selain itu, membersihkan kotorannya pun juga gampang karena pintu utama dapat dibuka dan ditutup dengan maksimal.

Advertisement

3. Untuk jumlah peliharaan yang lebih banyak, kamu bisa membuat kandang ayam besar seperti ini. Cocok banget buat ayam umbaran, jadi ayam-ayammu tetap leluasa bergerak

Kandang ayam umbaran / Credit: How to Build a Chicken Coop via Danafashiontrends via danafashiontrends.us

Memelihara ayam dalam jumlah banyak di dekat rumah? Kenapa tidak! Kamu bisa menggunakan model kandang ayam besar yang satu ini. Bentuknya cukup dibuat meninggi dan sedikit lebih luas dibandingkan dengan kandang ayam minimalis. Model kandang ayam besar yang satu ini cocok banget jika kamu menginginkan model kandang untuk ayam umbaran. Cakep, kan?

4. Meski berada di luar, kamu bisa menjaga kehangatan kandang ayam minimalismu dengan gaya bertingkat

Kandang ayam tingkat / Credit: Chicken coop design via Gardenloversclub via blog.gardenloversclub.com

Kandang ayam yang satu ini cocok buat kamu yang ingin memelihara ayam petelur dengan space yang sedikit. Kandang ayam cukup dibuat menjadi dua bagian: yang pertama untuk umbaran, sedangkan yang kedua adalah bagian tingkatnya. Gunanya untuk tempat tidur si ayam, apalagi jika malam hari dan musim penghujan. Dengan begini, kelembapannya akan terjaga ketika mereka bertelur.

5. Kandang ayam tingkat minimalis dengan model close house. Menghemat tempat dan efektif banget pokoknya

Kandang ayam close house / Credit: Chicken Coop via Chickencoopcompany via www.chickencoopcompany.com

Nah, kalau kandang ayam yang satu ini meskipun kelihatannya besar, namun bisa dibilang minimalis juga. Memiliki dua tingkat, bagian bawahnya tetap bisa digunakan sebagai umbaran. Sedangkan pada bagian atas bisa digunakan sebagai tempat tidur dan ruang penyimpanan makanan. Cara membangun kandang ayam yang satu ini juga nggak terlalu susah dan nggak makan banyak tempat.

Advertisement

6. Jika punya ongkos lebih, coba deh bikin model kandang ayam yang full kayu seperti ini

Kandang ayam full kayu / Credit: Chicken coop construction via barntoolnbox via www.barntoolbox.com

Masih merasa kurang cocok jika digabung dengan strimin dan bahan selain kayu? Kamu juga bisa kok membuat kandang ayam full kayu dengan model seperti ini. Namun, biaya perawatannya jelas sedikit lebih mahal. Tapi jangan khawatir, pembuatan kandang ayam yang satu ini simpel dan praktis kok. Jangan lupa beri kaki pada bagian bawahnya agar alas kayu tidak langsung bersentuhan dengan tanah, ya!

7. Kandang ayam kayu minimalis dengan roda. Praktis untuk dipindah ke manapun kamu mau~

Kandang kayu fleksibel / Credit: Chicken coops via Sunhillbarns via www.sunhillbarns.com

Bosan sama model kandang ayam yang begitu-begitu saja? Coba bikin model yang satu ini deh. Tipenya hampir sama dengan yang sebelumnya kok, bedanya ada pada rodanya aja. Dengan tambahan roda seperti ini, kandang ayam minimalis tersebut bisa kamu pindahkan kapan pun dan di manapun. Praktis, fleksibel, dan ramah lingkungan pula, kurang apa lagi coba?

Demikian tadi adalah beberapa model kandang ayam minimalis anti bau yang bisa kamu terapkan di rumahmu atau pekaranganmu sendiri. Nggak butuh banyak biaya, nggak memakan banyak tempat, cara membuatnya pun juga nggak susah. Pokoknya siap untuk rencana beternak ayam kecil-kecilan, deh!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE