Demi Wujudkan Resolusi 2020: Hidup Sehat, 6 Kebiasaan Pagi Hari ini Jangan Sampai Terlewat

Kebiasaan pagi yang bikin sehat

Awal tahun selalu dipenuhi dengan harapan-harapan dan resolusi baru. Di antara banyaknya resolusi yang dibuat, biasanya beberapa orang menuliskan keinginan untuk hidup lebih sehat. Tapi, nggak sedikit dari mereka yang gagal.

Advertisement

Nah, padahal sebenarnya kamu nggak perlu ngoyo untuk bisa mewujudkannya. Sebab, melalui beberapa kebiasaan baik yang dilakukan di pagi hari berikut kamu bisa kok mendapatkan hidup yang lebih sehat dan berkualitas.

1. Pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum mengonsumsi sesuatu, minumlah dua gelas air putih

minum air setelah bangun tidur via jpninfo.com

Selain menghidrasi, air putih juga berfungsi membuang racun dalam tubuh. Kamu bisa memberi jeda 15 menit antara gelas pertama dan kedua, asalkan belum memulai aktivitas. Minum air hangat lebih bagus lagi.

2. Bukalah jendela, dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam kamarmu

buka jendela kamar via www.karenkingston.com

Sinar matahari di pagi hari memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk tulang. Memang sekarang kamu belum bisa merasakan efeknya, tapi nanti ketika mulai menua, kamu akan terhindar dari pengeroposan tulang. Bagus lagi kalau berjemur, 10 menit saja cukup kok.

Advertisement

3. Sempatkan untuk melakukan olahraga kecil sekitar 10 hingga 15 menit

naik turun tangga via recuperatery.com

Nggak perlu neko-neko, jalan-jalan di sekitar rumah dengan kaki telanjang atau naik turun tangga saja sudah cukup kok. Mau yang lebih praktis? Sapu rumah dan mengepel lantai juga boleh kok.

4.  Sangat disarankan untuk menimbang berat badan pagi sebelum makan

timbang berat badan via www.healthline.com

Kalau perkembangan berat badanmu setiap hari bisa terpantau dengan baik, kamu jadi bisa mengatur porsi makan dan asupan gizi yang sesuai. Daripada nanti keblabasan terus malah jadi timbunan lemak kan kamu sendiri yang repot?

5. Jangan lupa sarapan dengan makanan yang mengandung protein tinggi, ya!

makan protein via www.thekitchn.com

Nggak harus selalu mewah, bikin saja omelet dari telur untuk sarapan. Jika bosan dengan telur, makan oatmeal atau yogurt juga bisa lo! Protein bisa bikin perutmu kenyang lebih lama.

Advertisement

6. Penting nih, sisihkan waktu senyap sebelum mulai beraktivitas

bengong sebentar via www.gramunion.com

Ya, senyap itu nggak memikirkan apapun alias bengong. Tujuannya untuk membuat otak lebih siap sebelum dipakai kerja nanti. Tapi jangan terlalu lama, 10 menit saja sudah cukup.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan resolusi hidup sehat. Kalau semudah ini, masa sih harus gagal lagi hidup sehat di tahun ini? Yuk, semangat dan lebih berkomitmen!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE