7 Benda yang Dibutuhkan Anak Kos Selama Bulan Puasa. Alamat Nggak Bisa Mudik, Mesti Jaga-jaga

Kebutuhan anak kos selama Ramadan

Bagi anak kos, puasa itu tak pernah mudah. Apalagi, sekarang akses ke luar kos untuk cari makan juga dibatasi. Jadi, mau nggak mau ya mesti membiasakan diri untuk masak atau menyediakan stok makanan sendiri.

Advertisement

Sebenarnya, kalau kamu punya beberapa benda di bawah ini, puasa sebulan nggak akan terasa menyiksa meski harus di kosan sendiri. Coba request ke teman, kakak, saudara, ayah atau ibumu untuk membantumu mengirimi beberapa kebutuhan yang diperlukan selama menjalani puasa berikut ini.

1. Untuk persediaan sahur dan berbuka, kamu bisa sedia frozen food untuk stok lauk 

sedia frozen food via www.tokopedia.com

Macamnya banyak kok, bisa kornet, nugget, atau bahkan siomay yang dibekukan. Nah di sini, kamu bisa membeli semua produk frozen food lengkap dengan harga miring lo!

2. Stok sembako juga nggak boleh sampai kehabisan lo!

stok sembako via shopee.co.id

Sekarang nggak harus ke luar kos buat belanja sembako. Sudah banyak online shop atau toko kelontong yang menjajakan sembako jualannya melalui online. Salah satu contohnya, di sini.

Advertisement

3. Agar stamina tetap terjaga, vitamin juga mesti kamu sediakan di laci, biar nggak gampang sakit~

beli vitamin juga via www.diarysivika.com

Vitamin yang dibeli mesti kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter via online untuk menanyakan rekomendasi vitamin yang cocok. Kalau sudah dapat jawaban, nanti kamu bisa beli di sini.

4. Ramadan bakal makin lengkap kalau kamu sudah menyediakan kurma sebagai menu takjilnya

kurma buat takjil via www.tokopedia.com

Kurma ini ada banyak ragam jenisnya. Harganya pun bervariasi, ada yang 30 ribu bahkan ada yang 200 ribu-an juga. Nah, di sini kamu bisa mendapatkan kurma murah dengan kualitas yang oke lo! Variannya banyak, bisa kamu pilih sesuai seleramu.

4. Biar ibadah makin khusyuk, ayolah cowok-cowok sediakan sarung buat salat!

dikado sarung saja via www.tokopedia.com

Sarung ini juga bisa dijadikan pemberian kalau orang terdekatmu kebetulan lagi berulang tahun di bulan Ramadan. Belinya nggak harus yang mahal, yang penting adem pas dipakai. Daripada mesti cari ke toko, mending beli online saja di sini.

Advertisement

5. Rice cooker-nya jangan sampai ketinggalan, ya. Daripada bolak-balik beli nasi di warung, masak nasi sendiri malah lebih banyak iritnya

sedia rice cooker via www.tokopedia.com

Nah, berhubung kamu tinggal sendiri, cukup beli rice cooker ukuran kecil saja. Di sini, ada rice cooker yang nggak sampai 200 ribu harganya.

6. Kalau kosmu sempit, beli teko listrik jauh lebih praktis daripada dispenser

praktis teko elektrik via www.tokopedia.com

Dengan teko elektrik ini, kamu bisa memasak air atau bahkan membuat mi instan. Tapi, baiknya gunakan yang berbahan stainless untuk meminimalisir risiko kesehatan. Pun harus sesuai anjuran supaya teko nggak cepat rusak. Nggak perlu pusing cari, di sini ada kok teko listrik murah.

7. Untuk mempermudah aktivitas masakmu, sediakan panci elektrik multifungsi kayak gini

panci ajaib via www.bukalapak.com

Benda ajaib ini fungsinya banyak lo! Nggak cuma buat merebus makanan, kegiatan memasak seperti mengukus atau menggoreng pun bisa dilakukan dengan panci kecil ini. Ternyata harga panci ini juga relatif murah. Di sini, kamu bisa dapat harga di bawah 200 ribu.

Meski mau nggak mau harus hidup sendiri di rantau saat bulan puasa, kamu tetap harus survive lo. Setidaknya, miliki tiga dari benda di atas, terutama yang sifatnya untuk kebutuhan makan, supaya kamu nggak begitu kesulitan menjalani puasa sendirian. Yuk, semangat puasanya!

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE