8 Kegunaan Minyak Tawon yang Legendaris Sejak Dulu. Jadi Andalan Sekalipun Baunya Kayak Jamu

Kegunaan minyak tawon

Minyak tawon disebut sebagai obat `sakti` nusantara lantaran menjadi solusi beragam masalah kesehatan. Kamu mungkin bertanya, “minyak tawon untuk apa?”. Kebanyakan orang hanya tahu kegunaan minyak tawon untuk luka atau minyak tawon untuk bengkak. Pun beberapa orang tahu manfaat minyak tawon untuk luka bakar. Padahal nggak cuma tiga manfaat tersebut, minyak tawon asli mempunyai segudang kegunaan lo.

Advertisement

Minyak tawon adalah minyak gosok yang dibuat Lia A Liet pada 6 Desember 1912 di Makassar. Makanya orang menyebut minyak tawon Makassar. Termasuk obat populer di Indonesia, sejauh ini minyak tawon nggak memiliki efek samping. Sekilas tampak meragukan, tapi minyak tawon mempunyai banyak khasiat yang nggak terduga. Penasaran apa saja kegunaan minyak tawon? Langsung cek aja di bawah ini, ya. Cus~

1. Mengandung sifat antiperadangan, minyak tawon ampuh mengurangi gatal dan  bentol akibat gigitan serangga

gigitan serangga | photo by Hans Braxmeier via pixabay.com

Menurutmu, minyak tawon terbuat dari apa? Banyak orang mengira minyak gosok ini terbuat dari tawon atau lebah. Padahal minyak tawon mengandung minyak kayu putih, kunyit, minyak kelapa, minyak serai, cengkih, lada, dan bawang merah. Kandungan minyak serai dan esktrak kunyit berfungsi mengatasi peradangan kulit. Senyawa circumin dalam kunyit dapat mengurangi rasa nyeri dan gatal akibat gigitan serangga seperti nyamuk.

Cukup oleskan saja minyak tawon di bagian kulit yang tergigit serangga. Kegunaan minyak tawon untuk gatal ini cukup ampuh. Nantinya bentol dan gatal bakal hilang.

Advertisement

2. Daripada minum obat sakit kepala, oleskan saja minyak tawon sebagai pertolongan pertama

sakit kepala | photo by Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Selain manfaat minyak tawon untuk benjolan, minyak ini dapat diaplikasikan untuk sakit kepala. Ketimbang mengkonsumsi obat, ada baiknya gunakan dulu minyak tawon sebagai pertolongan pertama. Oleskan minyak tawon di bagian samping kepala secara perlahan sembari dipijat. Sama halnya dengan sakit kepala, kegunaan minyak tawon untuk sakit gigi juga banyak dipercaya.

Meskipun efek samping minyak tawon belum ada tapi nggak ada penelitian yang menyebutkan manfaat penelitian untuk wajah. Ada baiknya hindari penggunaan minyak tawon untuk area wajah karena rentan menimbulkan masalah kesehatan, kendati ada juga kegunaan minyak tawon untuk wajah. Jadi sebatas pengobatan luka luar, jangan mengoleskan minyak tawon untuk luka bernanah karena kegunaan minyak tawon untuk luka terbuka nggak direkomendasikan. Pasalnya minyak tawon tidak dianjurkan untuk pengobatan luka dalam atau luka yang terbuka.

3. Mempunyai aroma khas yang bersifat aromaterapi, minyak tawon dapat melegakan pernapasan

pernapasan lancar | photo by Alexandr Podvalny via www.pexels.com

Kandungan rempah dalam minyak tawon menghasilkan aroma cajuput oil (minyak kayu putih) yang bersifat aromaterapi. Dipadukan dengan aroma rempah lain seperti minyak serai dan kunyit, minyak tawon semakin optimal melancarkan sirkulasi udara di hidung. Efek lain cajuput oil adalah menghangatkan tubuh. Sehingga minyak tawon cocok banget untuk menghalau dingin di musim hujan.

Advertisement

4. Nyeri otot dan sendi akan terobati dengan membalurkan minyak tawon

nyeri otot dan sendi | photo by Karolina Grabowska via www.pexels.com

Minyak kayu putih dalam minyak tawon memiliki senyawa aktif bernama cineole. Dengan senyawa itu, masalah nyeri sendi dan otot bakal teratasi. Sebuah studi yang dipublikasikan jurnal Evidence Based Complement Alternative Medical, cineole berpengaruh terhadap sistem saraf pusat karena meningkatkan hormon serotonin. Hormon tersebut memberikan efek tenang dan senang. Akibatnya rasa nyeri pun berkurang.

5. Kandungan bawang merah dalam minyak tawon berkhasiat melancarkan sirkulasi darah

sirkulasi darah | credit: Deposit Photo via depositphotos.com

Efek vasodilatasi dari bawang merah menyebabkan minyak tawon mampu melancarkan peredaran darah. Nggak heran kalau salah satu kegunaan minyak tawon untuk minyak kerokan juga kegunaan minyak tawon untuk bengkak. Ketika minyak tawon digosokkan ke kulit, sirkulasi darah dalam tubuh makin lancar. Rasa hangat yang ditumbulkan pun efektif mengatasi masuk angin.

 6. Kalau sakit perut atau diare, jangan buru-buru minum obat. Coba oleskan minyak tawon dulu

sakit perut | photo by Sora Shimazaki via www.pexels.com

Nggak banyak orang yang tahu, minyak tawon ternyata efektif mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut dan diare. Kalau biasanya kamu minum obat ketika sakit perut, coba oleskan minyak tawon dulu. Caranya, oleskan minyak tawon di bagian perut secara perlahan. Kemudian kandungan minyak tawon akan bekerja sesuai khasiatnya.

7. Memiliki bau menyengat yang nggak disukai nyamuk, minyak tawon dapat mencegah gigitan nyamuk di kulitmu

gigitan nyamuk | credit: photo by Ravi Kant via www.pexels.com

Kini mengusir nyamuk makin mudah. Hanya dengan mengoleskan minyak tawon pada tubuh, dijamin nyamuk akan menjauh. Bau menyengat yang dimiliki minyak tawon menjadi pemicunya. Nyamuk cenderung anti dengan aroma tajam. Kamu bisa beraktivitas tanpa khawatir digigit nyamuk sekarang.

8. Menjadi minyak pijat, minyak tawon adalah solusi untuk tubuh pegal-pegal

pijat dengan minyak kayu putih | photo by Anete Lusina via www.pexels.com

Kerap dijadikan minyak pijat, minyak tawon diandalkan dalam pemijatan. Minyak tersebut berfungsi sebagai pelumas tangan agar nggak kaku saat memijat. Penggunaannya pun sangat mudah, cuma dioleskan di atas kulit orang yang dipijat saja. Kandungan minyak tawon juga bermanfaat untuk meringankan segala nyeri otot dan sendi. Usai dipijat dengan minyak tawon, tubuh pun kembali bugar.

Minyak tawon bisa digunakan siapa pun tapi ada beberapa catatan. Minyak tawon untuk bayi memang nggak masalah. Namun minyak tawon tutup putih nggak disarankan untuk bayi karena rasa panasnya dapat merusak kulit. Satu lagi, nggak ada manfaat minyak tawon untuk alat vital. Jadi jangan sekali-kali mengoleskan ke organ tersebut, ya. Saat membeli pun, perhatikan ukuran minyak tawon mulai dari minyak tawon CC, minyak tawon DD, minyak tawon EE, sampai minyak tawon FF.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE