4 Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa. Lebih Banyak Kelebihannya!

perbedaan ban tubeless dan ban biasa

Agar tetap aman saat dipakai berkendara, menjaga performa motor merupakan salah satu hal yang mesti dilakukan. Selain mesin, penggunaan ban juga patut jadi pertimbangan. Apalagi kalau kamu sering berkendara jauh dengan kecepatan penuh. Alih-alih memakai ban biasa pada umumnya, kamu disarankan untuk beralih menggunakan ban tubeless, jenis ban yang nggak pakai ban dalam sehingga punya beberapa keunggulan.

Advertisement

Emang apa sih perbedaan ban tubeless dan ban biasa pada motor? Lalu apa enaknya pakai ban tubeless? Simak ulasan Hipwee Tips berikut!

1. Daya tahan ban tubeless jauh lebih kuat dibandingkan ban biasa

perbedaan ban tubeless dan ban biasa motor

ban tubeless lebih kuat | credit: commons wikimedia

Bedanya ban tubeless dan ban biasa yang pertama ada pada daya tahan ban tubeless yang lebih kuat. Hal ini disebabkan berkat adanya daya adhesif lem power yang lebih tinggi dibandingkan dengan kohesif karetnya. Jadi nggak ada ceritanya ban tubeless dipasang ban dalam. Meski nggak menggunakan ban dalam, namun penggunaan lem power tanpa ada bagian yang tercopot ini bisa membuat ban jadi lebih kuat.

Ban tubeless juga menggunakan inner yang bisa merekatkan bagian ban dengan velg, jadi kamu nggak perlu khawatir bakal terlepas. Perbedaan fisik ban tubeless dan ban biasa bisa terlihat dalam hal ini.

Advertisement

2. Ban tubeless juga lebih mudah menahan bocor

perbedaan ban tubeless dan ban biasa mobil

tidak mudah bocor | credit: weerapat/DepositPhotos

Perbedaan antara ban tubeless dan ban biasa selanjutnya adalah ban tubeless yang lebih tahan bocor. Selayaknya ban, tubeless pun tetap bisa bocor. Hanya saja saat mengalami kebocoran, ia bisa bertahan hingga kamu menemukan tambal ban terdekat, sekalipun kena paku. Kelebihan ini ada berkat partikel kuat yang melekat pada bagian ban.

3. Tubeless juga lebih baik dalam bermanuver atau saat ada perubahan cepat

bedanya ban tubeless dan ban biasa

manuver lebih oke | credit: commons wikimedia

Nah, karena bentuknya yang lebih solid dan stabil, ban jenis ini memiliki daya cengkeram yang lebih baik terhadap jalanan, sekalipun licin lo! Makanya, nggak heran jika kemudian jenis ban ini sering dipakai untuk ajang balap. Nggak bakal ragu lagi deh kalau ditanya ban tubeless vs ban biasa?

4. Keunggulan lainnya ialah jenis ban ini cocok dipakai berkendara saat hujan

Advertisement
ban tubeless vs ban biasa

lebih cocok berkendara saat hujan | credit: commons wikimedia

Sekalipun hujan lebat dan ada genangan, ban tubeless tetap bisa menunjukkan performa yang baik. Daya cengkeramnya yang kuat nggak akan membuatmu mengalami selip meski melewati jalanan basah. Penyebabnya ialah tapak ban yang lebih lebar serta relief grove yang lebih dalam dibanding ban biasa.

Meski punya beberapa keunggulan, sayangnya banyak orang yang belum tertarik memakai ban tubeless karena harganya yang lebih mahal. Padahal, kalau dipikir-pikir ya sama saja biaya perawatannya, malah lebih jarang bolak-balik tukang tambal lantaran daya tahan ban tubeless yang lebih kuat. Adapun perbedaan ban tubeless dan ban biasa pada mobil kurang lebih sama dengan penjelasan di atas. Gimana, masih belum tertarik pakai ban tubeless?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE