8 Kerajinan Kulit Jagung yang Nggak Kaleng-Kaleng dan Bisa Dijual Mahal

Kerajinan kulit jagung

Bagian yang dimanfaatkan dari tumbuhan jagung biasanya hanyalah buahnya saja. Kulit jagung yang sudah diambil buahnya, biasanya hanya akan menjadi pakan ternak atau dibuang dan menjadi limbah organik. Padahal, bagian kulit itu bisa dijadikan barang yang lebih bernilai, lo. Kamu bisa memanfaatkannya menjadi berbagai macam kerajinan kulit jagung. Kerajinan kulit jagung adalah barang yang dihasilkan dengan keterampilan tangan yang memanfaatkan bahan  kulit jagung.

Advertisement

Proses pembuatan kerajinan ini memang membutuhkan kreativitas dan imajinasi, sehingga kerajinan kulit jagung termasuk karya seni yang tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga nilai ekonomi yang tinggi. Kerajinan kulit jagung sebagian besar berasal dari daerah pertanian yang menjadikan jagung sebagai komoditas utamanya. Di Indonesia, tanaman ini tumbuh hampir di seluruh wilayah, sehingga setiap orang pun bisa membuat macam-macam kerajinan ini. Apa saja macam-macam kerajinan dari kulit jagung ini?

1. Pertama, kulit jagung dipadukan dengan kaleng bekas bisa menjadi tempat pensil yang cantik

Tempat pensil kulit jagung | Credit: failfaire.org

Kerajinan kulit jagung tempat pensil bisa dipadukan dengan kaleng bekas di bagian dalamnya. Ketika membuat kerajinan kulit jagung ini, kamu dapat menggunakan lem untuk merekatkan kulit. Lalu, kamu membutuhkan kaleng dan benang sebagai hiasannya. Pertama-tama, bersihkan kaleng bekas sampai kering, kemudian tempelkan kulit jagung menutupi kaleng. Sebagai hiasan, lilitkan benang mengelilingi kaleng. Untuk menambah unik tampilannya, tempelkan aksesori sesuai keinginanmu, lalu tempat pensil kulit jagung pun sudah jadi.

2. Bunga untuk hiasan di rumah bisa dibuat dengan menggunakan kulit jagung, bentuk bunganya bisa bermacam-macam lo

Bunga dari kulit jagung | Credit: elevenia.co.id

Kulit jagung yang memiliki guratan dan tekstur yang kasar membuatnya cocok dijadikan bunga hiasan di rumah. Kamu bisa membentuknya menjadi bunga apa saja, seperti bunga mawar atau bunga tulip. Untuk membuatnya, kita hanya memerlukan alat-alat yang biasanya sudah ada di rumah, seperti gunting, kawat. Untuk mengkreasikannya menjadi lebih cantik, tambahkan aksesori dan kreativitas kalian di dalamnya.

Advertisement

3. Kulit jagung juga bisa disulap menjadi tas tenteng yang cantik. Kalau dijual mahal nih!

Tas kulit jagung | Credit: www.amazon.com

Tas  tidak hanya bisa dibuat dengan kain saja, tetapi juga kulit jagung. Teknik yang digunakan juga bisa beragam, seperti teknik anyam. Bahan dan alat yang digunakan selain kulit jagung adalah kain perca, cat pernis, benang, jarum, dan gunting. Pertama-tama, kamu perlu mencuci kulit jagung sampai bersih kemudian dikeringkan. Selanjutnya, bentuk kulit jagung menjadi gulungan lalu celupkan pada pewarna. Terakhir, rangkai dengan benang dan tempelkan pada permukaan tas yang terbuat dari kain perca atau kardus.

4. Untuk membuat vas bunga yang antimainstream, vas bunga kulit jagung ini bisa kamu buat

Vas bunga dari kulit jagung | Credit: youtube.com

Kalau sudah membuat bunga, kerajinan kulit jagung yang mudah selanjutnya adalah vas bunga. Sama seperti membuat tempat pensil, kita juga bisa memanfaatkan kaleng bekas atau vas polos untuk bagian dalamnya dan melapisinya bagian luarnya dengan kulit jagung. Jika kamu ingin membuat bentuk yang lebih besar, kamu juga bisa membuat kotak sampah dari kulit jagung dengan cara yang sama seperti pembuatan vas bunga ini.

5. Boneka kulit jagung bisa dibuat bervariasi dengan mudah. Nggak perlu banyak alat kok

Boneka kulit jagung | Credit: failfaire.org

Boneka dari kulit jagung bisa kita buat dengan mudah di rumah. Berbeda dengan kerajinan lainnya yang membutuhkan berbagai peralatan, boneka kulit jagung tidak membutuhkan banyak alat. Namun, jangan dibayangkan boneka yang akan kita buat berukuran besar, lo. Boneka dari kulit jagung biasanya berukuran kecil dan sering dijadikan hiasan saja. Untuk membuatnya lebih cantik, jangan lupa tambahkan aksesori lainnya.

Advertisement

6. Kipas dari kulit jagung akan terlihat unik dan menarik. Beda dari kipas tangan lainnya

Kipas dari kulit jagung | Credit: sharingconten.com

Kipas tangan kini mungkin tak banyak digunakan lagi sebagai pengusir gerah. Namun, kipas tangan sekarang tetap banyak diminati menjadi barang yang tidak hanya bernilai fungsional, tetapi juga nilai seni karena bentuknya yang unik. Biasanya, kipas kulit jagung ini dijadikan sebagai suvenir pernikahan. Cara membuat kipas dari kulit jagung cukup mudah, pertama kita perlu membuat kerangka kipas terlebih dahulu. Kemudian, kita tinggal meletakkan kulit jagung yang sudah dikeringkan pada kerangka kipas.

7. Bingkai foto dari kulit jagung cocok menjadi hiasan di dinding rumahmu

Bingkai foto kulit jagung | Credit: blog.elevenia.co.id

Kerajinan bingkai dari kulit jagung bisa menjadi hiasan dinding yang cantik dan unik. Tak hanya sebagai hiasan dinding, bingkai ini juga bisa kita berikan sebagai hadiah untuk orang tersayang. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto ini sama seperti kerajinan kulit jagung lainnya, hanya saja ditambahkan dengan kertas karton. Cara membuatnya, kamu perlu menyiapkan kertas karton dengan pola yang diinginkan. Lalu, warnai kulit jagung dan keringkan, baru kemudian ditempelkan dengan lem.

8. Membuat tempat tisu dari kulit jagung, pasti akan berguna di rumah

Tempat tisu kulit jagung | Credit: failfaire.org

Kalau kalian ingin membuat barang yang pasti berfungsi di rumah, maka kalian bisa membuat tempat tisu cantik ini. Biasanya, kita memiliki banyak tempat tisu di rumah dengan bentuk polos saja. Nah, untuk membuatnya lebih cantik, kalian bisa menambahkan hiasan dengan kulit jagung. Untuk membuat kerajinan tempat tisu dari kulit jagung, bahan-bahan dipotong menggunakan gunting dan dibentuk sesuai keinginan kalian. Kulit jagung juga bisa digulung dan ditempelkan supaya membentuk garis-garis yang cantik.

Itu dia macam-macam kerajinan kulit jagung yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Di antara kedelapan kerajinan di atas, kamu pernah bikin yang mana?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE