Cara Membuat Aneka Kerajinan dari Sabun Batang. Lebih Bermanfaat, kan?

Kerajinan dari sabun

Memanfaatkan sabun batangan ternyata nggak hanya digunakan untuk mencuci tangan atau mandi saja lo. Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyulap sabun batangan supaya memiliki nilai lebih. Salah satunya adalah membuat kerajinan dari sabun. Selain cukup mudah dibuat, alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan dari sabun pun cukup sederhana.

Advertisement

Sabun batangan yang memiliki tekstur padat tapi mudah lunak ini bisa kamu kreasikan menjadi aneka bentuk kerajinan. Fungsinya pun beragam, bisa untuk pajangan, pengharum ruangan, bahkan bisa untuk mendaur ulang sabun-sabun yang sudah kecil dan nggak terpakai lagi. Kamu bisa membuat kerajinan dari sabun dengan menggunakan beberapa teknik. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak informasi berikut!

1. Membuat kerajinan dari sabun batangan dengan teknik parut untuk membuat bentuk bunga bertangkai yang bisa kamu taruh di vas

kerajinan dari sabun bentuk daun

Teknik parut | Credit by S.P. Flickr

Cara membuat kerajinan dari sabun menggunakan teknik ini bisa kamu gunakan untuk membuat bentuk bunga bertangkai yang nantinya bisa diletakkan di dalam vas. Kerajinan dari sabun bentuk daun ini cukup mudah dibuat, kamu hanya perlu sabun aneka warna untuk bunga dan sabun warna hijau untuk daun. Selain itu, kamu juga perlu tepung tapioka atau tepung maizena.

Cara membuat:

Advertisement
  1. Parut sabun menggunakan parutan keju hingga menjadi serpihan kecil. Pisahkan sabun berdasarkan warna.
  2. Campurkan hasil parutan sabun dengan tepung tapioka atau tepung maizena. Buat perbandingan 2:3 bagian antara tepung dan sabun. Kemudian uleni adonan menggunakan tangan hingga mudah dibentuk. Jika terlalu keras, bisa ditambahkan sedikit air.
  3. Bentuk adonan menjadi helaian mahkota bunga dan daun. Bentuknya sesuai selera dan keterampilan, ya.
  4. Siapkan lidi yang kuat atau sumpit, lalu rangkai kelopak bunga dan daun pada salah satu ujung. Lapisi sisa lidi dengan adonan yang belum dibentuk untuk membuat batang.
  5. Rangkai tangkai-tangkai bunga di dalam vas.

Kerajinan dari sabun ini bisa dibuat menggunakan sabun Harmoni atau sabun Lifebuoy yang warnanya mencolok supaya menghasilkan warna bunga yang terang dan nggak kusam. Pembuatan kerajinan dari sabun menggunakan teknik ini memang biasanya menghasilkan warna bunga yang agak kusam, karena campuran tepung. Selain memilih warna sabun yang mencolok, kamu juga bisa menambah pewarna khusus sabun supaya hasilnya makin cantik.

2. Buatmu yang suka bentuk lucu-lucu dan ingin lebih praktis, silakan coba cara membuat kerajinan dari sabun dengan teknik cetak

Advertisement
cara membuat kerajinan dari sabun dengan teknik cetak

Mencetak sabun | Credit by Wikihow

Pembuatan kerajinan dari sabun menggunakan teknik cetak ini bisa dibilang paling mudah. Bahannya hanya sabun batangan biasa, atau bisa menggunakan bahan dasar sabun (base soap). Bahkan, kamu bisa membuat kerajinan dari sabun mandi bekas yang sudah nggak terpakai. Jika kamu menggunakan base soap dan sabun mandi bekas, kamu perlu bahan tambahan yakni pewarna sabun dan pewangi atau essence oil.

Cara membuat:

  1. Parut sabun menggunakan parutan keju atau cincang halus. Kemudian tambahkan sedikit air, lelehkan sabun menggunakan microwife atau lelehkan di atas api kecil menggunakan panci.
  2. Jika butuh pewarna atau pewangi tambahan, campurkan pada adonan ketika sudah diangkat dari atas api.
  3. Cetak menggunakan cetakan agar-agar, ice cube, atau cetakan apa pun sesuai selera.

Hasil cetakan sabun bisa kamu kreasikan menjadi aneka pajangan dengan tambahan berbagai aksesori, pewangi ruangan, atau sekadar mendaur ulang sabun yang sudah nggak terpakai. Mudah dan dijamin jadi lebih bermanfaat!

3. Membuat kerajinan dari sabun mandi dengan cara diukir

kerajinan dari sabun yang mudah dibuat

Mengukir sabun | Credit by adev.co.id

Kerajinan dari sabun menggunakan teknik ukir ini bisa kamu gunakan untuk membuat pajangan sekaligus pengharum ruangan. Kamu bisa membuat kerajinan dari sabun dengan teknik ini menggunakan sabun Giv, Lux, atau sabun lain yang memiliki warna pain atau warna-warna yang lembut. Tujuannya, supaya serpihan bekas ukiran nggak terlalu terlihat.

Bahan yang harus kamu siapkan hanya sabun batangan saja. Sementara alatnya, kamu bisa menggunakan cutter, silet, gunting, pemotong kuku, gunting, jarum, paku, sikat, dan tusuk gigi. Alat-alat ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pola, ya.

Cara membuat:

  1. Gambar pola yang ingin kamu buat dia atas kertas, lalu gunting dan tempel di atas sabun batang.
  2. Bentuk pola pada sabun mengikuti pola gambar pada kertas mengunakan cutter. Untuk mengukir bagian detail pola, kamu bisa menggunakan jarum, paku dan tusuk gigi untuk menyesuaikan detailnya.
  3. Supaya hasil ukiranmu nggak tertutup serpihan bekas ukir, gunakan sikat untuk membersihkannya.

Berikut contoh motif ukiran sabun yang simpel:

 kerajinan dari sabun batangan

Contoh motif ukiran yang simpel | Credit by adev.co.id

Membuat kerajinan dari sabun menggunakan teknik ukir mungkin terlihat rumit bagi sebagian orang. Namun, kamu bisa mencobanya dengan beberapa pola yang sederhana. Misalnya, bentuk bunga dengan mahkota yang simpel, atau bentuk hewan seperti ikan dan kura-kura. Supaya lebih mudah, kamu cari gambar pola yang sudah jadi tanpa menggambarnya sendiri.

Nah, itulah beberapa contoh kerajinan dari sabun yang bisa kamu coba. Selain bisa digunakan sendiri di rumah sebagai pajangan dan pengharum ruangan, kerajinan dari sabun ini juga bisa kamu jadikan ide bisnis lo. Tinggal kemas dengan cantik, bisa juga jadi suvenir dan kado. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE