6 Trik Hadapi Kesepian dengan Tangguh di Masa Pandemi. Karena Hidup ‘Sendiri’ itu Butuh Skill

Kesepian selama social distancing

Lonjakan kasus Covid-19 yang belum membaik membuat kita mesti lebih lama menerapkan social distancing. Secara tak sadar, ternyata hal ini bisa memicu kecemasan yang nggak terlihat pada sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang merantau dan hidup sendirian tanpa teman, keluarga, dan sanak saudara. Nggak bisa dimungkiri, masa-masa sulit seperti ini akan membuat mereka lebih mudah merasa kesepian. Padahal, perasaan ini bisa memengaruhi kesehatan karena menurunkan imunitas.

Advertisement

Sebelum benar-benar terlarut dalam kesedihan, coba lakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi rasa kesepian yang tengah menderamu. Memang tak mudah, tapi setidaknya bisa kamu coba agar hati dan pikiran lebih lega.

1. Agar tak jadi overthinking, terimalah rasa kesepian yang tengah kamu rasakan

terima rasa sepimu via www.mirror.co.uk

Tapi nggak lantas kamu mesti mencari pelarian lo! Hal ini justru malah memicu adrenalinmu dan bikin kamu kesal seketika. Lebih baik, tenangkan diri dan jaga emosi. Kalau beneran nggak tahan, cobalah menghubungi keluarga atau teman dekat.

2. Ciptakan rutinitas baru dan usahakan untuk terus melakukannya

bikin rutinitas baru via www.uschamber.com

Sebuah rutinitas ternyata bisa bantu kelola emosi lo! Mungkin kamu akan sedikit kaget di awal-awal, tapi lambat laun bakal terbiasa kok. Patuhi jadwal antara pekerjaan dan aktivitas rumah tangga, sehingga jam istirahatmu tak terganggu dan stres dapat terkontrol. 

Advertisement

3. Usahakan untuk tetap menggerakkan tubuh selama di rumah aja

ikut yoga online via news.harvard.edu

Tak melakukan apapun justru membuat pikiran makin berkecamuk lo! Makanya, biar nggak terasa sepi, coba lakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya, dengan mengikuti kelas yoga online atau jalan-jalan di sekitar area rumah.

4. Sempatkan untuk mengobrol dengan keluarga atau teman dekat melalui telepon

telepon keluarga via www.popsugar.com

Supaya rasa sepi lebih bisa diredam, mending hubungi keluarga atau teman dekat lewat video call saja. Sebab, meski tak langsung melakukan tatap muka, melihat wajah seseorang yang disayangi bisa membuat pikiran dan hati jauh lebih tenang. Jadi, kamu pun nggak akan merasa kesepian lagi. 

5. Saat benar-benar merasa sendiri, ingatlah bahwa ini hanya sementara dan akan segera berlalu

ini akan segera berakhir via www.thehealthy.com

Biar tak begitu sedih, ingatlah tujuanmu melakukan social distancing ini demi kebaikan kita semua. Tak perlu khawatir, kalau kamu bisa menahannya sebentar lagi, kondisi ini akan segera pulih. Makanya, ketimbang stres dan sedih, coba deh lakukan kegiatan menyenangkan selama di rumah, berkebun misalnya.

Advertisement

6. Kalau kamu benar-benar tak tahan, silakan berbincang dengan terapis

ikuti terapi online via www.gmc-uk.org

Meski tak bisa keluar rumah, kamu bisa kok berbincang dengan terapi melalui media daring. Nggak usah nunggu parah, segera hubungi terapis jika kamu mulai merasa tak nyaman. Biasanya, mereka akan memberimu solusi dan menyarankanmu untuk melakukan beberapa hal bahkan memberikan emotional healing yang menenangkan.

Praktik social distancing terkadang menimbulkan ketakutan dan perasaan cemas, terutama bagi orang-orang yang hidupnya sendiri. Tapi kuatlah, dan sugesti diri agar kamu bisa melaluinya hingga akhir. Yuk, kita sama-sama berjuang, supaya pandemi ini segera berakhir! Semangat ya kalian!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE