Jodoh bagi sebagian orang menjadi persoalan yang sangat serius dan sensitif, apalagi untuk ditanyakan. Sering nggak sih kalian denger pertanyaan-pertanyaan seperti, โ€œMana jodohnya kok nggak dibawa?โ€, apalagi saat kumpul lebaran dengan keluarga besar. Bagi kita yang dirasa udah cukup umur, pasti mau nggak mau akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan itu juga. Ngeselin sih, tapi mau gimana lagi.

Nah, ngomongin lebaran nih, kalian juga pasti nggak asing dong ya sama tradisi mudik ke kampung halaman, terlebih bagi kalian yang sedang merantau. Lo, apa hubungannya dengan jodoh? Begini, kalian percaya kan kalau jodoh itu dapat bertemu di mana aja? Nggak menutup kemungkinan juga kalian dapat ketemu jodoh di perjalanan mudik. Wah gimana tuh? Simak caranya yuk, siapa tahu kalian mau mempraktikkannya.

1. Biar peluang ketemu jodohnya makin banyak, baiknya menggunakan moda transportasi umum jalur darat yang relatif lebih lama. Capek nggak apa-apa, demi jodoh!

Mudik dengan kereta via ekonomi.bisnis.com

Advertisement

Hindari menggunakan pesawat terbang untuk transportasi selama mudik ya, guys. Karena dengan pesawat terbang otomatis akan memangkas waktu dan mempercepat durasi kita di perjalanan, kecuali kalau kalian memang bepergian yang jaraknya jauh banget, jangan malah milih menggunakan kapal laut.

Kalian bisa menggunakan bus antarkota antarprovinsi ataupun kereta api, dengan pertimbangan nanti kalian akan banyak bertemu orang, semakin banyak bertemu orang, semakin besar kemungkinan bertemu jodoh, hehe.

2. Bawa makanan dan minuman yang dilebihkan biar bisa berbagi jika bertemu calon jodoh. Jika bertemu lo, ya!

Bawa bekal saat mudik via www.tripadvisor.co.id

Tips kedua adalah dengan membawa makanan dan minuman alias bekal perjalanan yang segaja dilebihkan. Tujuannya ya nanti jika kalian bertemu dengan orang baru di perjalanan, kalian bisa tuh berbagi bekal kalian. Jangan malah kalian yang minta, mau mencari jodoh kok nggak modal~

Advertisement

Kalau kalian ternyata nggak duduk berdekatan dengan calon jodoh, jangan nyerah dulu. Kalian bisa mencarinya saat berada di rest area. Di situlah kalian bisa melancarkan modus berbagi makanan. Tapi kalau memang nggak ada teman perjalanan yang seumuran alias kalian mudik bareng penumpang lansia atau orang berkeluarga, ya sudah nasib kalian sih.

3. Siapkan kuota internet yang cukup di perjalanan agar kalau sewaktu-waktu diperlukan, kalian nggak terlihat kudet

Jangan lupa siapkan Hp dan kuota internet via travelingyuk.com

Cara ini bakalan manjur apalagi jika kalian satu tempat duduk dengan calon jodoh. Kalian bisa sewaktu-waktu browsing untuk cari pembahasan selama perjalanan, dan tentunya biar nggak kalian kelihatan kurang pengetahuan. Kan nggak lucu tuh kalau misalnya kalian ditanya bagaimana perkembangan konflik Timur Tengah, atau krisis air di Afrika, atau mungkin kenapa Syahrini suka sahur sambil tidur, dan kalian nggak tahu jawabannya. Misalnya aja, ya kan?

4. Hindari kebiasaan dengerin musik pakai earphone, kalau kalian nggak mau dianggap cuek

Jangan begini ya, apalagi kalau dekat si calon jodoh via japanesestation.com

Mendengarkan musik saat perjalanan jauh itu memang jadi pelepas rasa penat, tapi beda ceritanya kalau kalian sedang berusaha mendekatkan diri pada jodoh. Alih-alih membuang rasa bosan, kalian malah akan dicap sebagai orang yang cuek dan nggak mau tahu tentang orang di sampingnya. Jangan buang-buang kesempatan ketemu jodoh deh! orang kok sukanya mempersulit diri sendiri lo.

5. Ikuti bahasan yang sedang diobrolkan, pokoknya kalian harus serba tahu, itulah gunanya kuota internet tadi

Ciptakan obrolan yang menarik via www.52-insights.com

Berusaha tahu tentang topik yang sedang dibrolkan di perjalanan juga penting lo ternyata. Misalnya nih, si calon jodoh lagi berapi-api membahas konser BTS yang lagi hits banget, ya kalian harus tahu tentang itu juga. Kalau nggak tahu? ya buruan browsing. Jangan malah kalian alihkan dengan membahas band Wali misalnya, atau Sonata. Jangan!

6. Kalau udah saatnya berpisah, jangan lupa kenalan dulu dan tukar kontak, jangan malah didiemin aja ๐Ÿ™

Ucapkan salam perpisahan dan jangan lupa tukar kontak via www.shutterstock.com

Ini biasanya yang sering kelupaan, udah capek-capek ngobrol sepanjang perjalanan, eh ternyata pas mau pisahan kalian malah tertidur dan nggak tahu kalau si calon jodoh udah turun duluan. Pokoknya jangan ditiru yang model-model menyusahkan diri sendiri seperti itu.

Kalian harus sigap, jangan lupa kenalan dulu, tukar kontak, dan di mana si calon jodoh akan turun. Tapi tanyanya yang wajar aja, jangan kaya wartawan, yang ada kalian dikira mau berbuat yang nggak-nggak.

Nah, itu tadi cara #UpdateDiri yang bisa kalian praktikkan selama mudik dengan transportasi umum untuk bertemu calon jodoh. Selamat mencoba ya, kalau belum berhasil jangan menyerah, hidup itu seperti Chiki. Kadang dapat hadiah karet gelang, kadang dapat undian umroh. Dan ingat, jodoh itu diperjuangkan, oke?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya