8 PR Wajib bagi Anak Rantau Agar Kos atau Kontrakannya Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik

Tips mudik anak kos

Lebaran tinggal menghitung hari. Dalam minggu ini atau pun di beberapa hari ke depan, kamu yang berencana mudik tentu sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang bakal diangkut ke kampung halaman. Selain menyiapkan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, hal penting yang perlu diperhatikan juga adalah keamanan hunian yang bakal ditinggal mudik.

Advertisement

Khususnya bagi kamu para perantau yang tinggal di kos maupun kontrakan, lakukan beberapa hal berikut sebelum mudik agar kos atau kontrakanmu tetap aman selama ditinggal pulang.

1. Paling pertama adalah mengamankan segala macam barang berharga yang ada di kos atau kontrakanmu

simpan barang berharga ke dalam lemari via jalantikus.com

Kumpulkan semua barang yang termasuk berharga bagimu seperti laptop, gadget, perhiasan, simpanan uang, atau bahkan surat-surat penting dan foto-fotomu. Lalu simpanlah ke dalam lemari atau ruang penyimpanan lainnya. Jangan lupa dikunci dan bawalah bersamamu serta. Tapi kalau misalnya kamu khawatir meninggalkan barang berharga di kamar kos atau kontrakan, bawa pulang sekalian aja deh mendingan.

2. Simpan juga kendaraan pribadimu di tempat yang aman, kecuali kalau kamu bawa pulang juga

simpan baik-baik via blognyamitra.wordpress.com

Kalau kamu mudik menggunakan angkutan umum, maka kamu perlu memikirkan di mana kamu akan menyimpan kendaraan pribadimu sementara ditinggal pulang. Baiknya titipkan ke tempat yang aman dan terpercaya, misalnya di kantor yang selalu terjaga oleh satpam, di rumah teman, atau cukup dititipkan di ibu kos saja.

Advertisement
3. Matikan aliran listrik, kompor, atau barang-barang rawan bahaya lainnya agar nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan

matikan semua aliran listrik via meramuda.com

Pastikan kamu sudah mematikan aliran listrik, kompor, atau barang-barang lainnya yang berisiko. Pokoknya cabut semua benda yang terhubung dengan listrik. Ini penting dan harus banget kamu cek berulang-ulang agar kamar kos atau kontrakanmu bebas dari bahaya.

4. Pastikan juga kamu sudah mengosongkan bak atau ember di kamar mandi serta menutup keran air sekencang mungkin

mengosongkan bak mandi via m.lakeybanget.com

Mengosongkan bak, ember, atau benda apa pun yang bisa menampung air di dalamnya berguna untuk mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk. Jangan lupa juga untuk menutup keran air sekencang mungkin hingga nggak ada lagi air yang menetes. Hal ini dimaksudkan agar kamar mandimu tetap kering meski ditinggal dalam waktu yang lama.

5. Nggak hanya barang berharga yang disimpan, tapi benda-benda yang gampang berdebu juga

simpan benda yang gampang berdebu via m.lakeybanget.com

Kamar kos atau kontrakan yang ditinggal lama tentu bakal jadi sarang debu atau pun hewan-hewan kotor lainnya. Nah, untuk mengantisipasinya, masukkan segala benda yang gampang berdebu seperti boneka, bantal, hiasan dinding atau gorden ke dalam plastik. Baiknya bersihkan atau cuci terlebih dulu.

Advertisement

6. Bersihkan seluruh kamar hingga bersih, termasuk tempat tidur dan segala printilannya

bersihkan keseluruhan via rumahshaleh.com

Sebelum membersihkan seluruh ruangan kamar, terlebih dahulu kamu urus tempat tidurmu. Lepas sprei, sarung bantal, dan sarung guling, lalu cuci atau tinggalkan di laundry-an sebelum kamu mudik. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir bersarangnya kecoak, laba-laba, kutu, atau nyamuk di dalam kamarmu.

Setelah semua selesai, barulah kamu rapikan dan bersihkan ruangan kamar, termasuk membuang sampah atau benda-benda yang nggak diperlukan. Jadi, saat kembali lagi, kamu nggak perlu terlalu repot bersih-bersihnya karena sudah bersih sejak ditinggal mudik.

7. Kunci semua lemari, jendela, dan pintu. Sekiranya kamu butuh kunci ganda, tambahkan aja

kunci semua akses masuk via www.dekoruma.com

Kadang ada beberapa tempat penyimpanan yang perlu kunci ganda seperti brankas misalnya, maka penuhi aja. Pastikan semua jendela dan pintu yang menjadi akses keluar masuk sudah kamu tutup dan kunci semua, ya!

8. Terakhir, minta tolonglah kepada tetangga sekitar untuk mengawasi kos atau kontrakan yang kamu tinggal mudik

minta bantuan tetangga via m.kemenpora.go.id

Nggak ada salahnya kamu meminta tolong ibu kos, tetangga, atau pun warga sekitar untuk ikut mengawasi keamanan kos maupun kontrakanmu. Tapi ingat, mintalah pengawasan dari orang-orang yang tepercaya dan bisa mempertanggungjawabkan kalau ada apa-apa selama kamu mudik.

Nah, kalau hal-hal di atas sudah kamu lakukan semua, niscaya kos maupun kontrakanmu bakal tetap aman terkendali sementara ditinggal mudik dalam waktu yang nggak sebentar. Selamat bersiap untuk mudik Lebaran, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE