Mungkin karena kloset duduk dianggap lebih maju dan lebih modern, kloset jongkok kini mulai tersingkir eksistensinya. Di mall, hotel, kantor, sampai sekolahan dan kost, semua orang kini lebih memilih memasang kloset duduk.

Padahal kloset jongkok sebenarnya punya manfaat yang nggak dimiliki kloset duduk. Walaupun kalah dari segi gengsi, kamu yang punya kloset jongkok di rumah bisa berbangga — secara medis, kloset jongkok memberi lebih banyak keuntungan untuk kesehatanmu.

Sebenarnya, posisi berjongkok adalah posisi yang lebih alami untuk buang air besar.

Lebih optimal dengan jongkok

Lebih optimal dengan jongkok via panjimas.com

Advertisement

Di dalam anus, terdapat kanal yang dikunci oleh otot puborectalis. Nah, kuncian ini akan makin mengencang dan membuat kanal tersebut bengkok jika kamu buang air besar dengan posisi duduk. Akibatnya kamu akan menghabiskan waktu pribadimu di toilet dengan kondisi kurang nyaman.

Sebaliknya ketika kamu buang air dengan berjongkok. Dalam posisi ini, otot puborectalis tidak akan menegang dan membengkok secara tidak alami. Dengan kata lain, posisi jongkok memberikan kenyamanan dan rasa rileks yang lebih untuk buang air besar.

Dengan berjonkok, kamu menghabiskan lebih sedikit energi untuk mengejan

Otomatis, kamu gak perlu mengejan terlalu keras

Otomatis, kamu gak perlu mengejan terlalu keras via news.ralali.com

Apabila jalur pembuanganmu lancar, maka kamu tidak perlu mengejan terlalu keras. Pembuanganmu akan bekerja dengan sendirinya dan menyelesaikan hajatmu dengan sempurna. Ini adalah hal positif, karena mengejan terlalu keras akan membuat anusmu tidak nyaman setelah BAB.

Dengan menggunakan kloset duduk, kamu bisa lebih terhindar dari penyakit wasir

Wasir? Enggak mau ah

Wasir? Enggak mau ah via www.informasiherbal.com

Advertisement

Nah, apabila kamu terlalu sering mengejan dengan keras ketika BAB, maka akan timbul rasa sakit di bagian anusmu. Ini mungkin saja adalah ciri-ciri kamu menderita wasir atau hemorrhoid.

Wasir adalah peradangan pada pembuluh vena di rektum atau anus, suatu penyakit yang lebih banyak terjadi di Barat (yang menggunakan kloset duduk) daripada di Timur (yang masih mengandalkan kloset jongkok).

Apabila tidak segera ditangani, wasir bisa mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Ia bisa membengkak, semakin sakit, dan mungkin akan memerlukan tindakan operasi. Menggunakan kloset jongkok sehari-hari dapat menghindarkanmu dari penyakit ini.

Yang terakhir, kloset jongkok lebih mendukung kehidupan yang sibuk. Ia mencegahmu untuk berlama-lama di toilet

Saking lamanya ngeden, kamu sempet makan dan main laptop

Saking lamanya ngeden, kamu sempet makan dan main laptop via www.loveyourgut.com

Karena hanya sedikit tenaga yang dibutuhkan untuk mengejan, maka kamupun akan membutuhkan waktu lebih sedikit untuk menyelesaikan “urusan”-mu di dalam toilet. Tentunya akan membantu bila kamu adalah orang yang sibuk, orang militer yang dituntut serba cepat, atau sedang ngantuk berat akibat terbangun karena kebelet di tengah malam.

Lagian, siapa juga sih yang betah dan kuat jongkok lama-lama di toilet?

Walaupun dianggap tradisional, ternyata kloset jongkok masih menyimpan banyak manfaat yang sifatnya positif bagi kesehatanmu. Apabila di suatu kesempatan kamu mendapati dua jenis kloset ini, alangkah lebih bijak bila kamu memilih kloset jongkok diatas kloset duduk.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya