Cukup 3 Bahan, ini Dia Resep Kue Sagon Kelapa Renyah

Kue sagon adalah makanan asli Indonesia yang mulai jarang ditemui, karena berkurang jumlah pembuatnya. Jajanan tradisional ini mempunyai cita rasa yang manis dan gurih yang khas. Terbuat dengan tiga bahan dasar, yaitu gula, tepung ketan, dan kelapa menghasilkan rasa kue sagon kelapa yang unik. 

Advertisement

Tak heran jika sekali gigitan pasti membuat ketagihan.

Resep Kue Sagon Kelapa

kue sagon kelapa

kue sagon kelapa via cookpad

Kue sagon berasal dari daerah Yogyakarta, meski hampir punah namun cita rasanya terus melekat. Untuk mengurangi rasa kangen, kamu bisa coba membuatnya sendiri. 

Bahan:

  • 500 gr tepung beras ketan 
  • 250 gr gula pasir
  • 2 butir kelapa parut 
Advertisement

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama saat membuat kue sagon adalah menyangrai kelapa parut selama 10 menit sehingga kadar air berkurang. Kemudian matikan kompor dan tunggu hingga uap menghilang. 
  2. Selanjutnya, campur semua bahan dalam satu wadah, aduk sampai tercampur rata. Selanjutnya masukan ke dalam cetakan hingga adonan habis. 
  3. Kemudian, oven adonan sagon dengan api yang cenderung kecil selama 20 menit. Angkat dan keluarkan dari oven setelah sagon berwarna kuning keemasan. 
Advertisement

Tips Membuat Sagon Kelapa 

Berikut tips yang perlu Kamu perhatikan saat membuat camilan jadul ini, antara lain:

  • Pada saat mencetak adonan, usahakan kamu tekan sampai padat agar tingkat kematangan dapat rata
  • Simpan di dalam toples kedap udara agar tetap renyah
  • Untuk mendapatkan sensasi yang berbeda, kamu bisa menyantap sagon kelapa bersamaan dengan yogurt. 

Jenis Sagon Kelapa

Sagon kering

Seiring dengan perkembangan zaman, jajanan sagon pun mengikuti tren. Ada sebagian yang memproduksi sagon kering sehingga lebih tahan lama dan cocok untuk oleh-oleh. 

Sagon Bakar Jawa

Bagi pecinta kue tradisional, menikmati sagon kelapa bakar dapat mengembalikan memori ke masa-masa nostalgia. Sagon bakar cocok dihidangkan saat bersantai dan menikmati teh hangat. 

Sagon Basah

Ada beberapa daerah yang membuat kue sagon kelapa tanpa dipanggang atau dibakar. Sayangnya, ini membuat kue sagonnya kurang dapat bertahan lama. Sagon basah hanya dapat bertahan selama 2 hari saja, sehingga kurang cocok untuk oleh-oleh khas. 

Demikianlah resep kue sagon kelapa yang mudah cara membuatnya. Kue jadul ini memang paling pas kamu nikmati sebagai teman menonton drama Korea. Selamat mencoba!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE