6 Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Biasanya Terjadi Sehabis Mati Listrik

Kulkas tidak dingin

Hampir setiap keluarga kini memiliki kulkas di rumah mereka. Namun sebagai perangkat elektronik pada umumnya, kulkas pun sering mengalami masalah. Biasanya, kalau sudah lama nggak dipakai, kulkas jadi tidak dingin lagi atau kulkas dingin tapi tidak beku. Padahal untuk membuat makanan tetap awet, suhu kulkas seharusnya berada di empat derajat Celcius.

Advertisement

Sebenarnya apa sih yang membuat kulkas tidak dingin lagi? Kalau mau tahu penyebabnya, simak ulasan Hipwee Tips berikut, ya!

1. Menyimpan makanan yang terlalu panas dalam kulkas bisa membuat suhunya jadi nggak dingin

kulkas tidak dingin

menaruh makanan panas | credit: lightpoet/DepositPhotos

Mesin kulkas akan bekerja ekstra jika kamu menempatkan benda panas di dalamnya. Lama-kelamaan ini akan membuat kinerja kulkas jadi drop. Bahkan kulkas baru sekalipun, kalau sering-sering kamu ‘perlakukan’ seperti ini juga bakal tidak tahan lama. Baiknya, dinginkan dulu benda atau makanan sebelum kamu masukkan ke kulkas, ya!

2. Suhu kulkas yang nggak dingin juga bisa disebabkan karena kerusakan stop kontak

kulkas tidak dingin

stop kontak yang rusak | credit: AndreyPopov

Untuk mengecek kulkas tidak dingin setelah mati lampu, kamu bisa mencoba menyambungkan peralatan elektronik lain ke stop kontak. Jika bisa berfungsi dengan baik, berarti kabel kulkaslah yang mengalami masalah. Maka dari itu, mengecek kondisi kulkas setelah mati lampu juga jadi hal yang sangat penting. Pastikan kulkasmu sudah berfungsi normal setelah mati lampu.

Advertisement

3. Jangan sering membuka tutup pintu kulkas, sebab bisa membuat karet longgar dan suhu jadi nggak dingin

kulkas tidak dingin karena pintu terbuka

sering buka tutup | credit: IgorVetushko/DepositPhotos

Banyak orang mungkin sudah tahu kalau membuka pintu kulkas terlalu lama bisa berisiko membuat kulkas tidak dingin. Nah, tapi yang belum banyak disadari adalah kebanyakan buka-tutup pintu kulkas (walaupun hanya sebentar) juga memiliki risiko serupa.

Permasalahannya, kulkas tidak dingin karena pintu terbuka bukan satu-satunya alasan, tapi cek juga kondisi karet pengaman yang mengelilingi pintu. Kalau nggak bisa ditutup dengan rapat, udara dalam kulkas dan keluar dan berinteraksi bebas dengan udara dari luar. Nah, pantes saja suhu kulkas jadi naik dan nggak dingin lagi.

4. Banyaknya bunga es juga jadi penyebab suhu kulkas tidak dingin setelah defrost, padahal membersihkan bunga es ini juga penting

kulkas dingin tapi tidak beku

bunga esnya banyak | credit: commons wikimedia

Banyaknya bunga es bisa menutupi lubang angin yang mengatur suhu dalam kulkas. Baiknya jika bunga es mulai muncul, segera bersih dan cairkan dengan menembakkan kipas angin.

Advertisement

5. Jangan lupa cek freon jika suhu di kulkas mulai nggak dingin

kulkas bagian bawah tidak dingin

freon habis | credit: AndreyPopov/DepositPhotos

Salah satu penyebabnya bisa karena freon yang habis atau bocor. Masalah ini bisa kamu cek dengan memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill. Seharusnya bagian ini akan terasa panas, namun jika ternyata setelah disentuh dingin, kamu perlu mengisinya lagi.

6. Jika hal di atas nggak terjadi, coba cek di kompresor kulkasnya!

kulkas tidak dingin kompresor panas

cek kompresor | credit: Ambrophoto/DepositPhotos

Kompresor ibarat jantung yang membuat seluruh komponen kulkas bekerja lebih baik. Kalau ini melemah, suhu jadi memanas dan kulkas pun ikut bau. Kulkas tidak dingin karena kompresor yang panas pun nggak terhindarkan lagi. Baiknya, segera panggil jasa servis jika hal ini sudah terjadi.

Itu tadi beberapa penyebab yang membuat suhu kulkas tidak dingin lagi. Nah, kalau sudah tahu penyebabnya jadi bisa di segera diatasi, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE