7 Jenis Kulkas yang Harus Kamu Kenali Sebelum Membeli, Sesuaikan Kebutuhan Biar Nggak Rugi

kulkas

Kulkas adalah salah satu barang yang bagi sebagian orang wajib untuk dimiliki karena hampir selalu digunakan sehari-hari. Bayangkan saja, bahan makanan yang sudah layu atau bahkan basi dalam satu dua hari bisa bertahan hingga beberapa hari lebih lama di dalam kotak yang satu ini. Sayangnya, mungkin banyak yang ketika sudah sampai di toko elektronik saat akan membeli malah dibikin bingung karena ada terlalu banyaknya pilihan, dalam hati mungkin kamu berkata “Lah, kirain cuma ada kulkas 1 pintu dan 2 pintu saja. Kok jadi ada banyak begini jenisnya?”

Advertisement

Tenang, supaya nggak mati gaya, kamu bisa mengintip kulkas yang paling cocok untuk disesuaikan dengan kebutuhan melalui sontekan jenis-jenis kulkas terbaik 2020 berikut ini. Yuk, simak penjelasannya sampai habis, sambil diingat-ingat ya!

1. Top freezer menjadi salah satu kulkas yang mungkin paling umum ditemui, sesuai namanya posisi freezer berada di atas

top freezer/ Credit: gl0ck on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Kulkas top freezer merupakan kulkas standar yang biasanya terdiri dari dua kompartemen, bagian atasnya adalah freezer untuk membuat es dan menyimpan makanan beku sedangkan bagian bawahnya merupakan fridge yang terdiri dari beragam nampan dan rak untuk menyimpan berbagai bahan makanan dan minuman. Ukurannya cukup beragam sehingga selain disesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan, bisa kamu sesuaikan juga dengan luas ruangan untuk menaruhnya.

2. Kebalikan dengan top freezer, kulkas bottom freezer memiliki tempat penyimpanan es di bagian bawah

bottom freezer/ Credit: WarlokA on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Kulkas yang satu ini akan cocok untukmu yang mempertimbangkan akses yang lebih mudah untuk melihat dan menjangkau bahan makanan yang diletakkan di bagian pendingin, bukan di bagian pembeku. Pasalnya, ukuran raknya akan lebih sesuai dengan tinggi badan sehingga kamu tak perlu menunduk untuk mengambil bahan makanan atau minuman. Makanya, jika kamu tak begitu sering menggunakan freezer, maka kulkas ini sepertinya didesain khusus untukmu.

Advertisement

3. Jika kamu penganut gaya hidup minimalis dan tak membutuhkan pembeku, maka jenis freezer-less bisa dipilih

tanpa freezer/ Credit: odua on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Sesuai dengan namanya kulkas ini nggak dilengkapi dengan freezer sehingga hanya terdiri dari satu pintu. Bagian dalamnya hanya ada beberapa rak untuk menyimpan buah-buahan, sayur, dan makanan lainnya. Layaknya kulkas standar lainnya, bagian pintu kulkas ini dilengkapi dengan tempat menyimpan botol atau kotak minuman. Walau mungkin dirasa kurang lengkap, namun masih banyak orang yang memilih kulkas  1 pintu ini karena hemat listrik dan harga belinya lebih terjangkau.

4. Selama ini mungkin kita lebih familier dengan sebutan kulkas 2 pintu untuk menyebut jenis yang satu ini, ternyata namanya side by side refrigerator

dua pintu/ Credit: ekostov on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Sesuai namanya, kulkas ini memiliki dua pintu berdampingan yang membuatnya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih banyak. Tak hanya modelnya yang lebih mewah, namun kulkas ini menerapkan berbagai fitur modern seperti water and ice dispenser dan alarm pintu. Bersamaan dengan berbagai kelebihan tersebut datang pula kekurangan yang harus dibayar seperti lebih boros listrik dan makan tempat. Tak hanya itu, harga kulkas 2 pintu biasanya juga cenderung lebih mahal.

5. Jika kamu tinggal di apartemen sempit atau kos, maka kulkas mini akan menjadi pilihan yang cocok dan efektif

kulkas mini/ Credit: belchonock on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Ketika kamu menginap di hotel mungkin kamu akan menemukan mini bar dengan kulkas kecil ini. Kamu juga bisa lo menerapkannya jika tempat tinggal berukuran minimalis atau sekadar ingin menaruh kulkas lain di luar dapur untuk menyimpan snack dan minuman. Kapasitasnya biasanya hanya sekitar 100 liter namun daya listrik yang dibutuhkan pun biasanya juga kecil. Harga kulkas mini biasanya juga lebih terjangkau daripada yang berukuran besar.

6. Saat kamu berencana membangun rumah, mungkin kamu juga bisa mempertimbangkan jenis kulkas built-in supaya nggak makan tempat

built in/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Kulkas built-in akan membuat ruanganmu lebih rapi karena tergabung langsung dengan kabinet yang ada di dapur, sehingga biasanya kulkas ini sudah didesain sejak membuat rumah. Sayangnya kapasitasnya terbatas dan nggak bisa dipindahkan kemana pun sesuai dengan keinginan. Dibandingkan dengan yang lainnya, kulkas built-in ternyata juga memiliki harga yang cukup mahal karena menggunakan sistem kustomisasi.

7. Kulkas jenis showcase biasanya sering digunakan untuk berjualan minuman, modelnya yang transparan membuat pembeli lebih mudah memilih

showcase/ Credit: SimpleFoto on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Kamu mungkin sering melihat pendingin showcase yang juga sering disebut dengan display cooler ini di supermarket atau warung-warung. Pendingin jenis ini biasanya digunakan untuk menaruh botol-botol atau kotak minuman hingga yoghurt dengan sejajar sehingga pembeli bisa dengan mudah melihat dan memilihnya dari luar. Akan tetapi, kamu juga bisa menaruhnya di dapur rumah jika ingin menikmati kelebihan dari model yang transparan tersebut. PR-nya hanya satu, kamu harus lebih sering membersihkan bagian kacanya supaya tetap kinclong.

Nah, sekarang kamu sudah bisa mulai mempertimbangkan nih kira-kira mana kulkas terbaik dan paling cocok dengan kebutuhanmu. Jangan lupa juga ya cek harga kulkas 2020 sesuai dengan mereknya karena bisa jadi dengan model yang sama, kulkas Samsung akan berbeda harga dengan kulkas LG. Walau pintunya sama-sama dua, kulkas Sharp bisa jadi berbeda dengan kulkas Aqua. Pun, jika ingin membeli kulkas bekas, kamu juga harus lebih teliti, walau lebih murah percuma saja jika dipakai sebentar langsung rusak kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE