8 Desain Gantungan Baju Selain Dimasukkan ke Dalam Lemari. Tampak Mata Tapi Nggak Bikin Risi

gantungan baju

Kamar kini bukan hanya digunakan untuk tidur saja, tapi untuk kuliah atau kerja jarak jauh juga. Sayangnya, ada satu hal yang rasanya selalu sukses bikin kamar jadi tak nyaman; baju yang menumpuk. Ketika baru sekali dipakai atau sudah disetrika, rasanya sayang untuk melipatnya dan memasukkan ke dalam lemari. Tapi kalau ditaruh sembarangan, kamar jadi kelihatan super berantakan. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mulai mempertimbangkan menaruh gantungan baju di salah satu sudut kamarmu.

Advertisement

Kalau jago memilih dan menatanya, dijamin kamarmu makin estetis bin kekinian. Ada banyak sekali kok pilihan gantungan baju unik yang bisa kamu temukan di toko online. Supaya nggak bingung dan bisa menyesuaikan dengan konsep kamar yang kamu inginkan, kita cek dulu yuk beberapa inspirasi gantungan baju berikut ini!

1. Bentuk standar yang paling aman untuk gantungan baju di kamar adalah yang berbentuk dua tiang, bisa juga disebut dengan gantungan baju gawang

Dua tiang/ Credit: Casa Indonesia via www.casaindonesia.com

Nama unik ini didapatkan karena bentuk gantungan yang seperti gawang dengan dua tiang di sisi kanan dan kiri serta bagian untuk menggantungkan baju di atasnya. Bentuknya yang sederhana cocok untuk kamarmu yang sempit, pun materialnya bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Ada yang dari kayu atau juga dari besi, ada yang beroda ada juga yang tidak.

2. Bar plafon merupakan sebuah gantungan baju minimalis yang akan membuat kamarmu jauh lebih ringkas karena tak menempel di lantai

Menggantung/ Credit: Etsy via www.etsy.com

Gantungan baju satu ini hanya memerlukan sebuah pipa memanjang untuk ditempel ke bagian plafon kamar dengan tali atau kabel yang kuat. Ruang penyimpanan baju yang satu ini dijamin tidak memakan tempat dan efisien. Kamu juga bisa membuatnya lebih tinggi supaya bisa menyimpan barang lain di bawahnya, misalnya sepatu.

Advertisement

3. Gantungan baju satu tiang akan cocok digunakan untuk menyimpan jaket atau baju luaran yang lain, bisa juga digunakan untuk menggantung tas dan topi

Satu tiang/ Credit: Shopee via shopee.com.my

Jika biasanya kamu hanya menggantung baju tertentu seperti jaket, gantungan yang satu ini akan cocok ditaruh di salah satu sudut kamar biar nggak melulu numpuk di balik pintu dengan gantungan baju kamar mandi yang biasa. Bentuknya yang menjulang ke atas dengan satu buah tiang saja akan membuat bajumu lebih ringkas. Tenang, karena bentuknya juga beragam, gantungan ini juga tetap enak kok di pandang.

4. Selain bisa digunakan untuk menaruh baju, gantungan semi rak yang satu ini bisa juga dipakai untuk menyimpan barang di bagian bawahnya

Ada storage-nya/ Credit: Amazon via www.amazon.com

Biasanya, gantungan yang satu ini dibuat lebih tinggi karena di bawahnya ada ruangan untuk menyimpan barang termasuk baju yang dilipat. Jumlah storage-nya juga variatif, bisa satu atau dua susun. Daripada menyimpannya di beberapa tempat berbeda dan tersebar, gantungan ini akan membuat kamarmu jauh lebih ringkas.

5. Gantungan baju kayu akan meningkatkan level estetis di kamarmu lo, apalagi kalau dekorasi lainnya mendukung

Gantungan kayu/ Credit: Mocka via www.mocka.com.au

Gantungan baju stainless mungkin efektif membuat baju terlihat lebih ringkas, tapi bahan kayu membuatnya terlihat lebih indah dan memberikan sentuhan alami nan menyegarkan di kamar. Buktinya, mungkin kamu sering melihat gantungan baju untuk jualan dengan jenis ini di foto olshop di Instagram. Kamu bisa memadukannya dengan dekorasi kayu yang lain seperti di bagian cermin atau meja. Warna dengan earth tone di sekeliling juga akan serasi dengan gantungan kayu ini.

Advertisement

6. Dinding pegboard ternyata tak hanya bisa digunakan untuk menggantung aksesori saja, tapi bisa juga untuk menggantung baju

Pegboard/ Credit: Ofakind via www.ofakind.com

Untukmu yang masih asing dengan istilah dinding pegboard, jadi dinding ini merupakan papan yang memiliki banyak lubang di sisinya untuk ditempeli gantungan. Kamu bisa menggunakan pipa besi maupun kayu untuk menaruh hanger dan bajumu. Nilai plus lainnya adalah kamu bisa mengganti-ganti tata letak gantungan baju tempel dinding ini ketika bosan atau memadukan dengan hiasan dinding lainnya.

7. Curve hanger yang memiliki bentuk unik juga berfungsi sebagai gantungan dekoratif. Ditaruh di bagian kamar manapun tak akan mengganggu pemandanganmu

Curve hanger/ Credit: Design Boom via www.designboom.com

Sesuai namanya, gantungan ini memiliki bentuk yang melengkung yang membuatnya makin terlihat indah. Walau terlihat ringkas, namun gantungan baju dinding ini bisa juga lo digunakan untuk menaruh topi, tas, bahkan hal kecil seperti kunci. Makanya biasanya curve hanger juga cocok ditaruh di dekat pintu.

8. Jika kamu menginginkan sebuah gantungan yang sesuai konsep kamarmu tapi tak bisa mencari di toko manapun, kamu bisa membuatnya sendiri kok!

DIY/ Credit: 99.co via www.99.co

Kamu bisa menggunakan barang-barang seperti kayu, pipa yang tak terpakai, atau bahkan tangga bekas untuk membuat sebuah gantungan baju. Tinggal menggantungkan beberapa benda tersebut ke plafon atau menempelkannya jadi sebuah gantungan baju tembok yang cantik, semua bisa kamu lakukan asal terampil.

Nah, itu dia beberapa gantungan baju yang bisa kamu taruh di kamarmu supaya lebih estetis. Selain konsep minimalis atau back to nature, kamu juga bisa kok menggunakan gantungan baju karakter lucu jika ingin membuat kamar sekaligus jadi area yang menyenangkan. Bahannya pun bisa disesuaikan, alih-alih memilih gantungan besi tembok, kamu bisa menggantinya menjadi gantungan plastik dengan warna pastel.

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE