4 Langkah Membersihkan Bunga Es yang Membandel dalam Freezer. Bu, Jangan Dipelihara dong, ah~

Menghilangkan bunga es

Dalam keseharian, tentu ada hal-hal sepele yang terkadang bikin kesal dan mengacaukan mood. Salah satunya adalah keberadaan bunga es alias kumpulan es beku membandel yang ada di dalam freezer kulkas. Terlebih ketika ingin mengambil sesuatu dalam freezer dan mau nggak mau membutuhkan sedikit perjuangan karena terhalang oleh bunga es tadi.

Advertisement

Ternyata untuk menangani bunga es yang menyebalkan ini nggak terlalu susah lo. Coba praktikkan beberapa trik yang telah Hipwee Tips kumpulkan berikut.

1. Jangan lupa untuk mencabut colokan kabel kulkas sebelum membersihkan bagian dalamnya

cabut colokan kulkas via delikkalbar.com

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah melepas kabel kulkas untuk mematikan sambungan listrik yang masih mengalir di dalam kulkas agar kamu tak tersengat. Selain itu, dengan melepas kabel listrik dari stop kontak, hawa dingin yang ada di dalam kulkas akan berangsur-angsur berkurang sehingga mempermudah untuk membersihkan bunga es di dalamnya.

2. Selanjutnya, keluarkan semua isi yang ada di dalam kulkas tanpa terkecuali

Mengeluarkan isi kulkas via hellosehat.com

Keluarkan semua isi dalam kulkas mulai dari sayuran, makanan, hingga botol-botol minuman tanpa terkecuali. Selain untuk mempermudah proses pembersihan bunga es, mengeluarkan isi kulkas adalah langkah tepat yang juga sebaiknya rutin dilakukan agar bagian dalam kulkas nggak menimbulkan bau yang kurang sedap.

Advertisement

3. Bagian yang terpenting, saatnya untuk mencairkan bunga es dengan langkah jitu ini

Masukkan air panas ke dalam kulkas via www.womenshealthmag.com

Dalam kondisi kulkas yang tak dialiri oleh listrik, segera masukkan air hangat ke dalamnya. Ingat ya, harus dalam kondisi kabel listrik masih tercabut. Karena jika tidak, pengatur suhunya malah jadi rusak. Letakkan beberapa air hangat yang ditempatkan pada wadah di setiap bagian kulkas, terlebih pada bagian freezer. Selama proses ini berlangsung, tetap buka pintu kulkasnya, ya!

4. Sebagai pencegahan, usahakan agar pintu kulkas selalu tertutup rapat setelah dibersihkan dan siap untuk digunakan kembali

Memastikan pintu kulkas tertutup rapat via www.pricebook.co.id

Jika bunga es yang berada di kulkas sudah dibersihkan, kini saatnya untuk melakukan pencegahan agar tak terjadi lagi hal serupa. Caranya, kamu hanya perlu memastikan agar pintu kulkas tertutup rapat agar tak terjadi pengembunan yang dapat menimbulkan munculnya bunga es. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan suhu yang terlalu dingin juga, ya!

Nah, itu tadi beberapa langkah simpel untuk menghilangkan bunga es yang ada pada kulkas. Mudah banget ya ternyata?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE