Di era di mana (hampir) segalanya butuh yang serba cepat dan praktis, kegiatan masak memasak dan membuat kue semakin dipermudah dengan kehadiran alat-alat canggih. Tapi buat kamu yang koleksi alatĀ baking-nya belum komplit, nggak perlu khawatir karena ada banyak juga kue-kue enak yang bisa kamu buat di rumah tanpa alat-alat yang canggih atau ribet.

Buat kamu yang suka bikin kue tapi belum punya oven, dengan bermodalkan panci teflon pun kamu bisa kok mengkreasikan resep-resep enak dan mudah di rumah. Berikut Hipwee Tips telah merangkum resep-resep kue enak yang bisa kamu buat di rumah dengan hanya memanfaatkan teflon. Dicoba yuk!

1. Resep pizza teflon anti gagal. Bahannya mudah, cuma bermodal teflon hasilnya nggak kalah lezat sama buatan restoran cepat saji

Memanjakan mata dan perut banget nih! via www.qraved.com

Advertisement

Kalau di luar negeri pizza dianggap makanan berat pengganti nasi dan lauk, nah berhubung di Indonesia warganya kebanyakan merasa nggak makan kalau belum ketemu nasi maka di artikel ini pizza tetap akan dimasukkan ke kategori kue šŸ˜›

Kalau kamu pikir untuk membuat pizza yang enak ala restoran itu susah dan butuh alat yang ribet, maka kamu wajib cobain resep pizza dengan hanya bermodalkan teflon ini. Hasilnya nggak beda jauh kok kayak pizza yang biasa dijual di restoran cepat saji! Yuk kreasikan sendiri di rumah~

Bahan-bahan pizza teflon anti gagal :

Advertisement
  • 250 gr tepung protein tinggi
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sachet susu bubuk full cream diseduh dengan air dingin biasa
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sdm mentega
  • garam secukupnya
  • air hangat secukupnya

Cara membuat pizza teflon anti gagal :

  • Buatlah biang ragi, dengan cara mencampurkan 2 sdm terigu dengan ragi instan di mangkok. Cairkan dengan air hangat lalu tunggu 5-10 menit sampai air terlihat agak berbusa dan mengembang
  • Di wadah lain yang lebih besar, siapkan tepung terigu, susu yang sudah diseduh, telur dan mentega
  • Tambahkan biang ragi yang sudah mengembang ke wadah berisi bahan-bahan di poin kedua
  • Campur semua bahan, uleni dengan tangan sampai kalis. Sediakan sedikit tepung tambahan kalau bahan terasa kurang padat
  • Tutupi adonan dengan lap basah lalu diamkan selama sekitar 30 menit di suhu ruang
  • Kempeskan adonan membentuk roti pizza yang bundar atau persegi sesuai selera, tipiskan dan tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu
  • Berikan saus tomat dan taburkanĀ topping sesuai selera
  • Tata di atas teflon, masak dengan api kecil sampai matang. Sajikan dengan cocolan saus tomat dan mayones. Nyam, lezat!

Kalau masih bingung, kamu bisa cek juga referensi membuat pizza dengan teflon melalui tutorial video ini. Semoga sukses ya!

2. Terang bulan atau martabak manis adalah menu cemilan yang lezat dan selalu sukses bikin ngiler. Kamu pun bisa membuat sendiri di rumah dengan hanya mengandalkan teflon!

Terang bulan selalu bikin ngiler! via blog.reservasi.com

Sekilas kalau kamu lihat di tempat abang-abang jualan, kue terang bulan terlihat sebagai makanan yang butuh alat khusus untuk membuatnya ya? Padahal nih kamu bisa kok membuat terang bulan sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan seadanya, yang penting punya blender dan teflon. Coba bikin yuk!

Bahan-bahan membuat terang bulan atau martabak manis teflon anti gagal :

  • Air hangat secukupnya
  • 20 gr mentega
  • 1 sdt ragi
  • 500 gram tepung
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 120 gr gula
  • 20 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 buah telur ayam
  • Bahan-bahanĀ topping sesuai selera

Cara membuat terang bulan atau martabak manis teflon anti gagal bisa kamu lihat di video milik Kokiku Tv ini ya~

3. Buat kamu para pencinta keju, jangan lewatkan resep kastangel teflon ini ya. Bahannya juga nggak begitu sulit, kok!

Duh, bikin ngiler banget ya via www.bukalapak.com

BuatĀ cheese lover, kue kering kastangel adalah salah satu sajian kue yang nggak mungkin dilewatkan. Buat kamu yang ingin membuatnya tapi nggak punya oven, resep kastangel teflon anti gagal ini bisa kamu coba! Bahan dan cara membuatnya relatif mudah, dijamin kamu pun bisa membuatnya.

Bahan-bahan kastangel teflon anti gagal :

  • 5 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdm tepung maizena
  • 2 sdm susu kental manis
  • 45 gram keju parut atau 1/4 keju cheddar blog
  • 75 gr mentega margarin

Cara membuat kue kering kastangel teflon anti gagal :

  • Campurkan semua bahan menjadi satu, uleni sampai kalis
  • Setelah kalis, pipihkan dan bentuk dengan cetakan. Jangan terlalu tebal biar cepat matang
  • Panaskan dulu teflon dengan sangan atau alas di atasnya, gunakan api yang sangat kecil agar nggak cepat gosong
  • Susun adonan kue yang sudah dicetak di atas alas atau sangan, olesi adonan dengan margarin dan taburan keju parut
  • Tutup rapat kurang lebih 45 menit sampai matang.
  • Setelah matang, angkat dan dingin lalu susun di toples. Siap disajikan.

4. Kue kering ulat bulu yang lagi kekinian ini bikin geli sekaligus penasaran karena bentuknya yang lucu. Kue ini juga bisa kamu buat dengan teflon, lho

Geli nggak sih lihatnya? Tapi unik dan lucu~ via www.instagram.com

Kue kering satu ini cukup banyak digemari kalangan pemakai Instagram beberapa lalu karena bentuknya lucu dan menarik. Nah, kue ini ternyata juga bisa lho kamu dengan menggunakan teflon. Yuk cobain resepnya!

Bahan-bahan membuat kue kering ulat bulu teflon anti gagal :

  • 125 grĀ butter
  • 80 gr atau 2Ā sachetĀ susu kental manis
  • 200 gr tepung maizena
  • Pasta pandan atau pewarna hijau secukupnya
  • Choco ChipsĀ ukuran kecil untuk bagian mata
  • Sisir baru untuk membuat tekstur kulit ulat

Cara membuat kue kering ulat bulu teflon anti gagal :

  • Campurkan butter dan susu kental manis hingga rata
  • Tambahkan tepung maizena, aduk kembali hingga tercampur sempurna dan kalis
  • Tambahkan 2-3 tetes pasta pandan atau pewarna hijau. Campur hingga warna rata
  • Ambil sebagian adonan, bentuk adonan menjadi bentuk ulat
  • Geserkan ke sisir baru dan bersih utk membentuk garis-garis seperti ulat
  • Masak di atas teflon dengan api sangat kecil. Teflon nggak perlu dioleskan mentega. Tutup teflon saat memasak
  • Angkat jika sudah matang, sajikan

Gimana? Kira-kira kamu tertarik mencoba membuat yang mana dulu nih? Semoga artikel kali ini bermanfaat ya! Selamat mencoba di rumah~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya