8 Desain Kursi Teras MinimalisĀ Aneka Material. Bikin Tamu Betah Singgah dan Nggak Mau Pulang

Kursi teras

Meski bukan furnitur pokok, memiliki kursi teras nggak ada salahnya. Penggunaan kursi teras dapat menambah nilai estetis di depan rumah. Karena ditempatkan persis di depan rumah, pemilihan kursi teras yang tepat tentu akan membuat tamu betah berlama-lama singgah di rumahmu selain alasan kenyamananmu juga sebagai penghuni rumah. Keberadaannya yang cukup krusial membuat kita mesti pintar-pintar saat memilihnya. Selain mencari model yang pas, material dan ukuran kursi teras minimalis pun perlu disesuaikan. Tujuannya agar teras tetap terasa nyaman dan terkesan penuh.

Advertisement

Dari sekian banyak model kursi teras, kursi teras kayu sederhana cukup banyak digunakan. Selain awet, kursi teras kayu banyak dipilih karena modelnya beragam. Apalagi sekarang banyak pengrajin yang memadukan kayu dengan material lain supaya kursi teras yang dibuatnya jauh lebih menarik. Nah, inspirasi kursi teras dari Hipwee Tips berikut bisa dijadikan referensi. Ada juga tips atau panduan memilihnya lo!

Berikut tips memilih kursi teras minimalis yang pas untuk rumahmu, terutama jika lahannya nggak begitu besar

Salah satu tips yang wajib dilakukan yakni mengukur luas teras supaya kursinya nanti nggak makan tempat. Pakai kursi teras murah sebenarnya nggak masalah selama kualitasnya bagus, modelnya oke, dan ukurannya sesuai. Di samping itu, kamu juga perlu mempraktikkan tips berikut ini.

1. Pilih kursi teras yang materialnya kuat dan nyaman diduduki

Advertisement

nyaman digunakan | credit: Kathleen Post via id.pinterest.com

Karena diletakkan di ruang yang semi terbuka, maka material kursi teras harus benar-benar kuat dan nggak berpengaruh pada cuaca. Pilihlah kursi teras dengan finishing yang tepat biar tak mudah rusak. Selain itu, pastikan juga ukuran dan tinggi kursi sesuai dengan penghuni rumah. Pastikan tinggi kursinya pas dan kakimu nggak menggantung saat duduk di atasnya.

2. Tentukan jumlah kursi teras yang mau dipakai

Advertisement

jumlah kursi | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Untuk teras minimalis, setidaknya sediakan dua kursi dan satu meja saja. Tapi kalau ternyata nggak cukup, maka gunakan satu kursi teras yang ukurannya lebih panjang dan muat untuk diduduki dua orang.

3. Sesuaikan warna kursi dengan cat atau dekorasi teras rumah

warnanya disesuaikan | credit: Pintrest via id.pinterest.com

Agar tampak serasi, warna kursi teras mesti selaras dengan cat tembok atau pilar teras rumah. Nggak mesti harus sama warnanya, yang penting senada. Untuk teras minimalis, kamu bisa menggunakan kursi berwarna putih atau kecokelatan. Warna-warna ini akan masuk di tema teras apa pun.

4. Sesuaikan bujet

sesuai bujet | credit: Editions de lā€™Arkhan via Editions%20de%20l&

Kalau bujetmu terbatas, carilah kursi teras murah meriah yang sudah jadi atau bukan custom. Dibanding kursi teras custom, biasanya harga kursi teras yang sudah jadi jauh lebih murah. Nah, karena bujetmu terbatas, sepertinya agak sulit untuk membeli kursi teras jati atau kursi teras rotan, altenatif lain yakni memilih kursi teras plastik saja. Sekalipun plastik, bukan berarti modelnya bisa dipilih sembarangan. Baiknya tetap sesuaikan dengan tema teras dan dekorasi lainnya.

Model meja kursi teras minimalis sebenarnya cukup beragam, tapi tak semua cocok ditempatkan di teras rumah yang lahannya sempit

Berikut beberapa inspirasi model kursi teras yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi teras rumahmu. Sekalipun kecil dan minimalis, pakai kursi teras berwarna terang itu nggak dosa kok.

1. Kursi teras besi bergaya vintage

kursi teras besi | credit: My Frugal Home via www.myfrugalhome.com

Karena dibuat dengan penyangga full besi, kursi teras ini bisa lebih awet dan kuat. Demi kenyamanan, dua dudukannya dibuat dengan busa yang dilapisi kulit sintetis. Untuk mempercantik tampilannya, kamu bisa menambahkan bantal cushion bermotif lucu dan tambahkan dekorasi lain seperti ornamen kecil.

2. Kursi teras kayu unik dengan warna cerah

kursi teras kayu | credit: hgtv via www.hgtv.com

Sekalipun minimalis, kursi teras nggak mesti berwarna netral lo! Sesekali coba deh gunakan kursi teras kayu yang sudah dicat dengan warna cerah seperti ini. Selain bikin teras kelihatan lebih menarik, mood juga bisa meningkat. Supaya lebih nyaman lagi, tambahkan bantal kecil atau selimut wol jika kamu ingin menghabiskan sore sambil duduk-duduk di kursi teras ini. Hiasi juga area sekelilingnya dengan bunga-bunga cantik supaya lebih betah.

3. Kursi teras kayu minimalis

kursi teras kayu minimalis | credit: icmtset via www.icmtset.com

Bagi para penyuka teras bergaya tradisional, kursi teras minimalis dari material kayu ini akan disukai mereka. Biarkan warna kayu apa adanya, supaya kelihatan lebih natural dan netral. Pastikan kayu yang dipilih tahan di segala cuaca dan awet dipakai dalam jangka waktu lama karena mesti diletakkan di area semi terbuka. Pemilihan material yang kurang tepat akan membuat kursi jadi mudah lapuk, dimakan rayap, atau berjamur.

4. Kursi teras panjang model gantung

kursi terang panjang | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Kursi teras panjang model gantung bisa ditempatkan pada teras berukuran besar maupun kecil asal ukurannya sesuai. Seperti tips yang sudah disebutkan di atas, kursi teras panjang mestinya muat dipakai untuk dua orang. Untuk menambah kenyamanan, kamu bisa menaruh bantalan busa lembut dan bantal-bantal kecil di atasnya. Nggak cuma buat duduk-duduk saja, model kursi teras seperti ini juga akan membuatmu lebih nyaman saat dipakai membaca sambil tiduran.

5. Kursi teras rotan model sangkar

kursi teras rotan | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Selain unik, kursi teras berbentuk sangkar burung dengan sandaran belakang ini sudah pasti nyaman digunakan. Karena materialnya rotan dan warnanya pun netral, suasana teras akan terasa makin homey dan menenangkan. Selain menambahkan bantalan dan selimut sebagai dekorasi, kamu pun bisa menaruh beberapa pot tanaman hias di sekeliling kursi teras ini.

6. Kursi teras corak garis hitam putih

kursi teras hitam putih | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Kursi teras kayu bisa dipadukan dengan bantalan empuk yang corak garis berwarna hitam putih. Tempatkan dua kursi di tengah teras lalu taruh satu meja di antaranya. Jika dirasa masih ada ruang, kamu bisa menambahkan satu kursi teras rotan dengan bantalan yang sama. Tak masalah jika motif kursi bertabrakan dengan keramik atau warna dinding. Selama penempatannya pas dan dekorasi lainnya mendukung, area teras tetap kelihatan menarik kok.

7. Kursi goyang untuk teras

pakai kursi goyang | credit: Remodelaholic via id.pinterest.com

Masih punya kursi goyang peninggalan kakek nenekmu? Daripada cuma didiemin di gudang dan malah rusak, mending ubah saja jadi kursi teras yang nyentrik. Bisa dicat ulang dengan warna terang atau cukup dipernis supaya warna kayunya lebih menonjol. Selain bikin teras kelihatan estetis, kursi goyang juga nyaman digunakan lo!

8. Kursi teras besi makrame

kursi teras makrame | credit: Pinterest via www.pinterest.ch

Kerajinan makrame juga bisa dijadikan dekorasi pada kursi terasmu lo! Dengan rangka besi yang kokoh, makrame buatanmu akan jauh lebih kuat dan nyaman digunakan. Jika biasanya makrame hanya dibuat dengan wol putih, kali ini kamu bisa membuatnya dengan warna yang lebih terang dan bentuk hiasannya yang jauh lebih menarik. Biar desainnya anak muda banget gitu~

Tak hanya dengan memesan atau beli di pengrajin kayu maupun pandai besi, kursi teras juga bisa kamu dapatkan di toko-toko perkakas kok. Salah satunya yakni kursi teras Informa yang harganya cukup terjangkau dan desainnya pun bisa masuk ke tema teras apa pun. Cenderung minimalis dan mudah dipadukan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE